Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

MENEMUKAN HUBUNGAN "ANAK DIBATA" RAS "DIBATA BAPA"

 CATATAN TAMBAHAN KHOTBAH

Minggu 17 Januari 2021 Ephiphanias II

 Warna Stola Mbentar   

 

Invocatio

Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.

 2 Timotius 2:2

Ogen

Masmur 139 : 1 – 12

Khotbah

Johanes 1 : 43- 51

Thema

" ANAK DIBATA, RAJA ISRAEL (TUHAN NANDAI KITA)

 

 

Khotbah :  Johanes 1 : 43 – 51

 

 

1:43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"

1:44   Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus.

1:45   Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."

1:46  Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"

1:47   Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!"

1:48  Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara."

1:49   Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"

1:50   Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."

1:51  Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."


Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras mejuah juah kita kerina senina ras turang ibas gelar Tuhanta Yesus Kristus.  Ibas Minggu Kenca Ephipanias sipeduaken sekalenda, 17 Januari 2021, perlu kal kita merenungkan lebih dalam jawaban dua pertanyaan sangat mendasar, sangat hakekat, sangat teologis.  

 

1.    Apakah kam meyakini sekali kam enggo ipilih Tuhan Yesus jadi anak anak si ikelengina?

2.     Ise kin Yesus si milih kam e ?

Enda me pertanyaan si harus sidat jawabnna ibas kita ndengkehken khotbah ta minggu enda.  Mari dage si nen terdauhen…

 

Fakta

 

1.    Dalam perjalanannya ke Galilea Yesus Kristus bertemu dengan Filipus.  Yesus berkata “ikutlah aku”  Lalu Filipus mengikut Yesus.

2.     Filipus kemudian berjumpa dengan Natanael  dan menyampaikan berita tentang perjumpaannya dengan Yesus Kristus "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Secara spontan Natanael merespon dengan kalimat “ "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?"

3.     Filipus lalu menjawab, mari lihat sendiri.  Natanael lalu mengikuti Filipus mendatangi Yesus Kristus. Yesus Kristus lalu mengatakan sesuatu kepada Natanael bahwa dia adalah Israel sejati dan tidak ada kepalsuan dalam dirinya.   Natael lalu bertanya terheran heran, bagaimana Yesus mengenal dirinya.  Yesus menjawab, sebelum Filipus mendatanginya Dia sudah melihatnya di bawah pohon Ara. 

4.     Takjub Natanael mendengar penjelasan Yesus Tuhan, lalu serta berkata : "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menimpali : "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Ditambahi oleh Yesus Tuhan bahwa Natanael  akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu."


 


 Makna

1.     Yesus sendiri yang memilih murid muridNya dengan cara yang sangat teologis. Dia tidak memilih sembarangan, tapi Dia memilih dengan penuh kecermatan.  Dan Dia memilih kapanpun dan dimanapun.  Saat Memilih Natanael nampaknya karena faktof Filipus yang terlebih dahulu mengenal Natanael, namun Tuhan sudah tahu dan sudah kenal siapa Natanael sebelum Natanael bertemu Filipus.


2.     Yesus Tuhan memilih semua Murid muridnya setelah Dia mengenal mereka satu persatu.  Dan Yesus memilih siapapun menjadi murid muridNYA.  Kepada semua murid muridNYA Dia menunjukkan suatu keistimewaan penglihatan dan pemahaman yang lebih tinggi.  Di dalam bacaan tadi di ayat 11 Yesus berkata Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

3.     Respon Natanael adalah standar, kepada setiap orng yang sudah berjumpa dengan Yesus Kristus.  Saat Yesus mengatakan kepada Natanael bahwa DIA sudah melihat Natanael  dibawah Pohon Ara, NATANAEL sangat takjub, dan teringat lah dia tentang semua info yang sudah pernah dia dengar selama ini.  Lalu dia berseru, "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!".  Ungkapan Natanael PERSIS sama dengan perkataan Yesus beberapa saat sebelumnya kepadanya bahwa dia adalah Israel sejati. Israel sejati selalu memanggil Yesus sebagai Guru, atau sebagai Anak Allah.  Jarang sekali Orang Israel menyebut Yesus adalah Tuhan.  Murid pertama kelak yang menyebut Yesus Tuhan adalah Thomas, setelah Yesus memperlihatkan bekas paku di tanganNYA kepada Thomas.

 

4.     Yesus adalah Anak Allah, bukan Anak Biologis namun makna Anak disini adalah yang berasal atau bersumber dari sesuatu.  Yesus Anak Allah adalah mengandung makna YESUS BERASAL DARI ALLAH.  Selanjutnya ALLAH BAPA mengandung maksud juga ALLAH YANG , SUMBER dari segala sesuatu.  Sebab BAPA artinya adalah SUMBER

 

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Tuhan tidak memilih manusia sembarangan.  Tuhan tidak memilih kam sembarangan, TUhan tidak memilih serayanNYA sembarangan.  Semua yang DIA dipilih sudah DIA KENAL, SUDAH DIA TAHU,  SUDAH DIA LIHAT DIBAWAH “POHON ARA”

 

2.     Ketahuilah dan sadarlah bahwa kam sudah dipilih Tuhan, karena kam sudah DIA KENAL, dan sudah DIA lihat sebelumnya kam dibawah pohon apa pun kam berada, dimana pun kam.  Dia Kenal kam dengan seluruh kekuatan dan kelemahanndu.  Jadi jangan pernah malu dengan kelemahanndu dalam pelayananndu, karena memang kam dipilih dengan kelemahanndu itu.  Tapi Tuhan akan menunjukkan penglihatan penglihatan yang surgawi kepada kam. Yang Tuhan inginkan kam mau bertumbuh di dalam namaNYA.

 

3.     Satu hal yang paling penting adalah, Kama atau kita semua harus mampu mengenal dan mendeskripsikan secara personal dan Yakin, siapa kah Yesus Kristus itu.  Natanael mengatakan Rabi dan Anak Allah.  Bagi kam Siapa Yesus Kristus itu

 

 Respon (Perenungan lebih dalam ).

 

1.      APakah kah sudah yakin se yakin yakin nya bahawa kam sudah dipilih Tuhan Yesus mengikutiNYA ?   

2.      Apakah kam sudah berusaha untuk mengikut DIA secara maksimal, dengan pengorbanan yang bias kam berikan ?

3.      Apakah kam sudah merasakan dan melihat hal hal spektakuler/mujijat yang diberikan Tuhan Yesus kepada ndu ?

 

Power Statement

Tuhan Yesus yang memilih kam untuk menjadi Anak kesayanganNYA sudah sangat mengenal kam, apakah kam juga sudah sangat mengenal Yesus Tuhan itu ? Dia adalah Rabi dan Anak Allah yang menjadi Raja Israel.  

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023