Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

FITUR UMUM VIRUS (Tulisan 2)

 Diterjemahkan langsung dari Ensiklopedi Britannica

Definisi

Virus menempati posisi taksonomi khusus: virus bukan tumbuhan, hewan, atau bakteri prokariotik (organisme bersel tunggal tanpa inti yang ditentukan), dan virus  umumnya ditempatkan di kerajaan (pengelompokan) mereka sendiri. Faktanya, virus seharusnya tidak dianggap sebagai organisme, dalam arti yang paling ketat, karena mereka tidak hidup bebas — yaitu, virus tidak dapat mereproduksi dan menjalankan proses metabolisme tanpa sel inang

Semua virus sejati mengandung asam nukleat — baik DNA (asam deoksiribonukleat) atau RNA (asam ribonukleat) —dan protein. Asam nukleat memberi kode informasi genetik yang unik untuk setiap virus. Bentuk virus yang infektif, ekstraseluler (di luar sel) disebut virion. Ini mengandung setidaknya satu protein unik yang disintesis oleh gen spesifik dalam asam nukleat virus itu.

Membedah anatomi struktur virus ikosahedral, berbentuk batang, dan bakteriofag pada mikrograf elektron.     Sumber : Britannica

Pada hampir semua virus, setidaknya satu dari protein ini membentuk cangkang (disebut kapsid) di sekitar asam nukleat. Virus tertentu juga memiliki protein lain di dalam kapsid; beberapa protein ini bertindak sebagai enzim, seringkali selama sintesis asam nukleat virus.

Viroid (artinya "mirip virus") adalah organisme penyebab penyakit yang hanya mengandung asam nukleat dan tidak memiliki protein struktural. Partikel mirip virus lainnya yang disebut prion komposisinya terdiri dari protein yang dikomplekskan erat dengan molekul asam nukleat kecil. Prion sangat resisten terhadap inaktivasi dan tampaknya menyebabkan penyakit otak degeneratif pada mamalia, termasuk manusia.

Virus adalah parasit klasik; mereka bergantung pada sel inang untuk hampir semua fungsi penunjang kehidupan mereka. Tidak seperti organisme sejati, virus tidak dapat mensintesis protein, karena mereka tidak punya ribosom (organel sel) untuk penerjemahan RNA pembawa pesan virus (mRNA; salinan pelengkap asam nukleat dari nukleus yang berasosiasi dengan ribosom dan mengarahkan sintesis protein) menjadi protein. Virus harus menggunakan ribosom sel inangnya untuk menerjemahkan mRNA virus menjadi protein virus.

Virus juga merupakan parasit energi; tidak seperti sel, mereka tidak dapat menghasilkan atau menyimpan energi dalam bentuk adenosine triphosphate (ATP). Virus memperoleh energi, serta semua fungsi metabolisme lainnya, dari sel inang.

Virus yang menyerang menggunakan nukleotida dan asam amino sel inang untuk mensintesis asam nukleat dan proteinnya masing-masing. Beberapa virus menggunakan lipid dan rantai gula sel inang untuk membentuk membran dan glikoproteinnya (protein yang terkait dengan polimer pendek yang terdiri dari beberapa gula).

Bagian terinfeksi yang sebenarnya dari semua virus adalah asam nukleatnya, baik DNA atau RNA, tetapi tidak pernah keduanya. Pada banyak virus, tetapi tidak semua, asam nukleat saja, tanpa kapsidnya, dapat menginfeksi (mentransfeksi) sel, meskipun jauh lebih tidak efisien daripada virion utuh.

Kapsid virion memiliki tiga fungsi: (1) untuk melindungi asam nukleat virus dari pencernaan oleh enzim tertentu (nuklease), (2) untuk melengkapi situs di permukaannya yang mengenali dan menempel (menyerap) virion ke reseptor di permukaan sel inang, dan pada beberapa virus, (3) menyediakan protein yang membentuk bagian dari komponen khusus yang memungkinkan virion menembus membran permukaan sel atau, dalam kasus khusus, untuk menyuntikkan asam nukleat yang menular ke bagian dalam sel inang.


Sumber : https://www.britannica.com/science/virus




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023