Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Catatan Tambahan Pekan Penatalayanan 5.

  Kesederhaan lah Yang Membawa Kebahagiaan Hidup Bukan Uang dan Kekayaan 

Khotbah : 1 Timotius 6 : 6-10

Encukupken Keperlun Geluh (Ketahanan Keuangan/Resesi)

1 Timotius 6 : 6-10

 

6:6         Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

6:7         Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.

6:8          Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

6:9         Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

6:10       Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka

Fakta

1.     Rasul Paulus memberi sebuah pengajaran yang sangat dalam kepada Timotius.  Pengajaran yang menyentuh hakekat terdalam soal kehidupan yang berkaitan dengan ekonomi dan cara mengelola sumber daya hidup.

2.     Paulu menekankan bahwa manusia tidak membawa apapun ke dalam dunia dan dari dunia, saat manusia itu lahir dan saat dia kembali ke asal dalam kematiannya.   Paulus bahkan memberi kan sebuah penekanan bahwa manusia itus harus berfikir dan bertindak seadanya dalam kalimatnya : Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah

3.     Pada bagian akhir perikop ini Paulus menyinggun soal Uang. Paulus menekankan dan memberi banyak contoh

a.     Akar dari segala kejahatan adalah Cinta kepada uang

                                                              i.      Menyimpang dari Iman

                                                            ii.      Menyiksa diri dengan berbagai duka

b.     Keinginan menjadi kaya mengakibatkan banyak situasi negative dalam hidup

                                                              i.      terjatuh ke dalam pencobaan,

                                                            ii.      ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan

                                                         iii.      menenggelamkan manusai ke dalam keruntuhan dan kebinaasaan

Sumber Photo : https://dailyverses.net/materialism

Makna                                                    

1.     Manusia butuh pengajaran yang lebih benar tentang hakekat hidup. Bahwa yang paling utama dalam hidup mampu mengelola kehidupan melalui paradigma yang lebih sederhana dan lebih benar.  Hidup yang sesungguhnya harus dilakonkan dalam kesederhanaan, cukup makanan dan cukup pakaian.

2.     Upaya upaya untuk mengejar kekayaan, bukan sesuatu yang utama dalam hidup.  Bahkan jika praktek mengejar kekayaan ini dilakukan tanpa paradigm yang sesuai dan dasar  teologi yang kuat bisa menjerumuskan manusia kedalam duka yang mendalam.  Bahkan kalau seseorang yang tidak mempunyai mekanisme pengendalian diri maka dia bisa jatuh cinta kepada uang.  Dan Jika sudah terlanjur jatuh cinta kepada uang, maka semua bentuk kejahatan akan mengakar dan akhirnya si orang tersebut akan menjadi pelaku kejahatan.

3.     Pola hidup apa adanya, ternyata adalah cara hidup yang paling membahagiakan.  Bekerja sungguh dengan mengutamakan kejujuran dan cukup mengejar apa yang bisa dimakan, dipakai, dilakukan seadanya tentu saja akan membebaskan serta memerdekaan setiap orang. Apalagi jika diserta dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.


 Pengkenaina

·        Dalam hidup tidak lah perlu mengejar apa yang tidak penting. Labo perlu kal nggeluh enda hanya guna ndarami/ngayaki simantadingenken.  Lahir manusia tidak membawa apa apa, dan saat mati pun tidak membawa apa pa

o   Berlakulah jujur dalam bekerja

o   Milikilah kerajinan dalam bekerja.

o   Jangan terlalu ngotot menghalalkan segala cara

o   Alokasikan lah semua pencapaian untuk hal hal yang positif dan berguna

·        Upayakan dalam hidup TIDAK PERLU JATUH PADA UANG dan TIDAK TERJATUH DALAM UPAYA MENGEJAR KEKAYAAN .  Hiduplah dengan ucapan syukur setiap hari supaya memiliki pola hidup sederhana. Dan Tuhan Yesus pasti memelihara kehidupan semua anak anakNYA.

Bujur ras mejuah juah kita kerina. I

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023