Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

CATATAN TAMBAHAN KHOTBAH Minggu 31 Januari 2021 Ephiphanias IV

 Nilai Efikasi Vaksin Sinopac 65%, Vaksin Nama Yesus 100%

 Warna Stola Mbentar   

 

Invocatio

Kata e enggo jadi manusia, janah Ia ringan i tengah-tengahta. Enggo idah kami kemulianNa si mbelin, e me kemulian si ibereken Dibata man baNa erkiteken Ia Anak Dibata si Tonggal. Anak e encidahken lias ate ras kai si benar kerna Bapa e.

 Yohanes 1 : 14

Ogen

Masmur 111 : 1 – 10

Khotbah

Lukas 4 : 31 - 37

Thema

“Yesus Berdaulat Dan Berkuasa”

 

 

Khotbah :  Lukas 4 : 31 – 37  

 

 

4:31    Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.

4:32    Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa.

4:33     Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras:

4:34     "Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah."

4:35     Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!" Dan setan itu pun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya.

4:36     Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar."

4:37    Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu

 

Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras mejuah juah kita kerina senina ras turang ibas gelar Tuhanta Yesus Kristus.  Enggo kita sehh ku bas minggu terakhir bulan Januari 2021, ras kita pe memasuki Minggu Ephipanias 4 ken. 

 

Bangsa ta gundari enggo memulai Vaksin untuk menangkal Virus Corona 19. 

 

Adi ikuti ndu berita mengenai Vaksin maka sini pake bas negara ta enda emekap Vaksin sSinopac I China nari.  Ibas pengujian laboratorium Nilai Efikasi atau Nilai Efektivitas Vaksin e 65%.  Ertina 65 persen malem, ataupe adi lit 100 kalak si ivaksin pake Vaksin sinopac e, maka 65 kalak malem.

 

Lit kin Vaksin si Nilai Efikasi tah efektivitas na 100%.  Lit, Vaksin e enggo ndekah lit, Vaksin e emekap Yesus Kristus Tuhan ta.

 

Mari sinen terdauhen senine ras Turang.

 

Fakta

 

1.     Yesus di Kapernaun, kota di Galilea dan mengajar pada hari hari Sabat.itu." Orang yang banyak mendengar dan menikmati perkataan Yesus dan mereka semua berguman takjub

2.     Perkataan Yesus Penuh Kuasa.  Saat seorang yang hadir kerasukan setan dan berkata bahwa Yesus adalah Yang Kudus dari Allah sambil berteriak, Yesus meghardiknya menyuruhnya keluar dari diri orang itu dan setan itu pun keluar.

3.     Melihat Setan keluar dari tubuh temannya, semua yang hadir berkata : "Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar."

4.     Peristiwa ini lalu tersebar kemana mana.




 

 Makna

1.     Yesus tidak diam, dan tidak stay di satu tempat, namun dia pergi kemana mana mengajarkan tentang kebenaran Firman Tuhan. Dia mengajar pada hari hari Sabat, pada hari dimana orang focus kepada hal hal yang bukan bersifat dunia. 

2.     Yesus mengajar dengan berkuasa, perkataannya masuk terserap secara sempurna kepada pemikiran dan perasaan semua orang yang mendengarnya. Karena Yesus mengajarkan kebenaran, dan kekudusan.  Semua perkataan yang benar dan kudus, bukan perkataan yang mengandung maksud maksud rendahan (keinginan pribadi, agenda tersembunyi dan jangkauannya hanya jangka pendek atau hidup duniawi) akan penuh kuasa dan didengar serta masuk ke dalam pemikiran dan perasaan orang lain.

3.     Perkataan Yesus sangat berkuasa, karena Yesus memang kata kata atau Firman.  Dalam Invocatio Yohanes 1: 14 dituliskan bahwa Yesus memang Firman yang menjadi manusia.  Yesus adalah Firman dan Firman adalah Yesus. Firman adalah Perkataan Allah, Yesus adalah FIRMAN ALLAH atau ALLAH YANG BERFIRMAN. Jadi semua yang bisa dilakukan Yesus adalah Firman. Kata kataNya, senyumanNYA, tarikan nafasNYA, pendengaranNYA, lirikan mataNYA, bahkan jubahNYA pun adalah Firman Allah.  Firman adalah Kasih, Firman adalah Janji, Firman adalah KUASA, Firman adalah HARAPAN, FIRMAN adalah Pengampunan, FIRMAN adalah Penebusan dan Firman adalah Keselamatan, Firman adalah Kepastian, FIrman adalah solusi terhadap segala persoalan, FIRMAN adalah Obat dan Vaksin yang paling utama untuk segala jenis Virus termasuk Virus Corona 19.  FIRMAN ALLAH

4.     Yesus dan FIRMAN dua hal yang sama dan sebangun dua entitas yang hadir dalam kehidupan manusia.  Dimana ada Yesus disitu ada Firman, dimana  ada Firman disitu ada Yesus, yang berkuasa dan berdaulat lebih dari apapun. Haleluya

 

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Yesus hadir di dunia tidak untuk menunjukkan kuasaNYA an kedaulatanNYA. Tapi Yesus hadir di dunia, dan mau menemui dan menjamah setiap orang siapa saja pun dengan penuh kuasa dan kedaulatanNYA hanya untuk satu tujuan, mengasihi manusia.  Maka di dalam Yesus Allah ingin mengatakan bahwa DIA sangat mengasihi kam, mengasihi aku dan mengasihi kita semua.  Buatlah Yesus berkuasa dan berdaulat dalam diri ndu, dalam keluargandu, dalam PJJ ndu, dalam runggunndu dalam GBKP dan dalam Bangsa kita ini.

2.     KUASA Yesus datang dari ALLAH, dan KUASA ALLAH ada di dalam Yesus,.  Namun semua kuasa Yesus dan Kuasa Allah hanya bisa kita rasakan, kita nikmati dalam iman kita kepada NYA. Ibarat, Cimpa tuang yang paling enak, tasak telu yang nikmat, nira manis yang paling lezat jika dimakan dan diminum.  Cimpat tuang tidak bisa enak kalau tidak dimakan, maka  Yesus pun akan menampakkan kuasa dan kedaulatanNYA jika kita, jika kam, jika aku beriman kepadaNYA. Abraham tidak akan pernah merasakan bahwa ALAH bisa merubah tindakan nya dalam hitungan sepersekian detik, kalau dia belum mengikat anaknya Ishak dan mengangkat pisau atau sekin pernangkanya untuk memotong leher anaknya tersebut.  Tapi dalam sepersekian detik, TUHAN ALLAH di dalam Yesus Kristus yang berfirman dan menunjukkan anak domba.

3.     Jika ada masalah dalam hidup kita, disitulah perlu sekali memanggil nama Yesus, dan DIA akan segera hadir dan menyelesaikan persolan kita.  Secara Iman kita sangat percaya dan yakin bahwa saat nama Yesus keluar dari mulut kita disitu DIA sudah hadir dan siap menunjukkan kuasaNYA dan kedaulatanNYA dengan penuh kasih sayang.

 

 Respon (Perenungan lebih dalam ).

 

1.      Berapa kali kah selama ini kam menyebut nama Yesus dalam setiap hari ?   

2.      Kalau Yesus berkuasa dan berdaulat dalam dirindu,masih berani dan masih mau kah kam menolak perkataanNYA ?

3.      Tahuah kam apa yang paling diinginkan Tuhan dari dirindu dalam seluruh hidupndu ini ? Dan Mau kam ?

 

Power Statement

Manusia punya panca Indera, untuk mendengar Firman Tuhan. Namun lebih dari itu TUhan Yesus ingin agar kam mendengarkan FirmanNya dengan cara menerima diriNYA dalam kepercayaan sepenuhNYA. Amin.

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023