Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Pekan Penatalayan GBKP 2022 Hari 5

 Khotbah : Matius 25 : 21 - 30

Tutus Ibas Ngelai

25:21     Ngaloi tuan e, 'Mehuli kal perbahanenndu e. Kam juak-juak si tutus dingen bujur; tutus atendu i bas si kitik, perbahan si e kupercayaken man bandu si terbelinen. Mari bengketlah kam ku bas, ersenang-senang ras aku.'

25:22     Jenari reh juak-juak si ngaloken dua talenta, nina, 'O tuan, dua talenta mbaru enda iberekenndu man bangku; genduari enggo kudat dua talenta nari.'

25:23     Ngaloi tuan e, 'Mehuli kal perbahanenndu e. Kam juak-juak si tutus dingen bujur; tutus atendu i bas si kitik, perbahan si e kupercayaken man bandu si terbelinen. Mari bengketlah kam ku bas ersenang-senang ras Aku.'

25:24     Kenca bage reh juak-juak si ngaloken sada talenta, nina, 'O Tuan, kueteh maka Kam kalak kejam. IperaniNdu ateNdu si la isuanNdu, ipepulungndu ateNdu ulih benih si la Kam nuansa.

25:25     Perbahan si e mbiar aku, e maka kutanemken duit si iberekenNdu e. Enda duitNdu ndai.'

25:26     Ngaloi tuan e, 'Kam juak-juak si jahat dingen perkisat. Bahanlah kuperani si la kusuan, kupepulung si la kuerapken,

25:27     ma patut min ndai iberekenndu duitku e man si mbungaken duit? Ma banci kenca aku mulih kualoken ras bungana?

25:28     Buatlah duit e i bas ia nari, jenari bereken man si enggo lit i bas ia sepuluh talenta.

25:29     Sabap man kalak si lit ibereken tole gelah idatna lebih asa cukup; tapi kalak si la lit i bas ia, si lit sitik i bas ia e pe ibuat i bas ia nari.

25:30     Juak-juak si la terpake enda sampetkenlah ku bas ingan si gelap; je tangis me ia dingen mesui kal atena.'.

' Fakta

1.    Nas bacaan kita sudah sangat terkenal dan banyak sekali dibahas dalam topik penggunaan talenta, etos kerja dan lain lain.  Dibagian awal tulisan digambarkan orang yang menerima 5 talenta dan 2 talenta melaporkan bahwa dia mengusahakan talenta itu dan  juga memperoleh 5 talenta dan 2 talenta lagi.  Tuannya sangat senang, memuji mereka dan memberikan kepercayaan yang lebih besar serta mengundang  bersama-sama  dengan dia masuk ke dalam ruangan kesenangan.  Namun Ketika dia memanggil hamba yang diberikan satu talenta, dia mengatakan dan menuduh tuannya tidak adil, dan melaporkan bahwa talenta nya tidak diusahakan tapi disimpan karena takut kehilangan dan mengembalikan talenta tersebut.

2.    Kepada hamba yang mengembalikan satu talenta, sang tuan berkata bahwa hambanya seorang jahat dan pemalas. Lalu sang tuan berkata bahwa hamba ini bisa memberikan talenta nya itu kepada orang lain yang mau meminjam supaya dia bisa mendapat kan bunga nya saat dia pulang Kembali.  Lalu Sang Tuan berkata kepada pengawalnya supaya 1 talenta itu diambil dan diberikan kepada hamba yang sudah punya 10 talenta.  The Winner take it all. Sabap man kalak si lit ibereken tole gelah idatna lebih asa cukup; tapi kalak si la lit i bas ia, si lit sitik i bas ia e pe ibuat i bas ia nari

3.    Kisah belum berakhir, hamba yang mengembalikan hanya 1 talenta tadi disebut oleh Tuannya sebagai orang yang tidak terpakai.  Sama seperti ranting anggur yang tidak berbuah.  Makanya dia dicampakkan ke dalam tempat yang gelap, dan disitulah dia menangis dengan menyesali seleuruh perbuatannya.

Sumber photo : http://adelaidemetrochurchofchrist.com/
Makna                                                   

1.    Tuan dalam Nas ini sangatlah adil, karena sebenarnya dia tidak hanya memberikan talenta kepada hambanya, tapi juga memberikan waktu.  Kepada yang mendapat 5 talenta dia berikan waktu, kepada yang mendapat 3 talenta dia berikan waktu, kepada yang mendapat 1 talenta juga dia berikan waktu.  Kalau kam ingat pepatah Inggris yang mengatakan waktu adalah uang,  maka kepada 3 orang ini dia bersikap adil dan bijaksana.  Ada dua modal, talenta dan waktu.  Bukan ada talenta tidak ada waktu, tapi ada waktu ada talenta. 

2.    Yang mempunyai 5 talenta, dia maksimalkan talenta dan waktunya sehingga dia memperoleh 5, demikian juga kepada yang mendapat 2 dia bisa mendapatkan 2 talenta lagi.  Mereka berdua memaksimalkan talenta dan waktu yang disediakan.  Sedangkan kepada yang mendapat 1 talenta, dia kerdil kan dua duanya waktu dan talenta yang diberikan kepadanya.  Tuannya berkata mengapa dia tidak meminjamkan kepada orang yang membungakan duit?  Atau mengapa dia tidak memberikan kepada hamba yang mendapat 5 talenta, sehingga talentanta 6 dan selanjutnya mendapatkan 6 lagi.  Dimana bedanya antara yang mendapat 5 dan 2 talenta dengan yang mendapatkan 1 talenta?  Bedanya yang pertama adalah di Mindset nya.  Yang mendapat 5 talenta dan 2 talenta mempunyai mind set “bekerja denga apa yang ada” sedangkan yang mendapat 1 talenta mempunyai mindset “bekerja dengan apa yang tidak ada” .    Nah salah mindset, salah paradigma, salah prilaku dan salah salah semua.  Katakenna lah tuanna la adil, dan lain lain.  Akhirnya yang satu talenta tadi diambil dan diberikan kepada yang mempunyai 5 talenta. Sedangkan dia, tangis ngaundung suari berngi ibas ingan si gelap.

3.    Kam merasa mendapat berapa talenta?  Seperti hamba yang mana kam menginisiasi dirindu ? Yang mempunyai 5 kah atau 2. Jangan jangan yang mendapat 1 talenta?  Oh ula ula ula teman.  Mempunyai 5 talenta artinya berusahalah, bekerja keras lah, bekerja cerdas lah sebab masih ada waktu.  Tuan kita belum datang, DIA masih memberikan kesempatan. Jangan simpan talentandu, jangan Menyusun kata kata untuk menuduh dan menyalahkan tuan.  Dan ingat kepada yang mengusahakan dan mendapat talenta yang lain, akan diberikan juga semua talenta orang malas.   

Pengkenaina

·       Sadarilah bahwa lit  talenta ndu.  Dan bukan hanya talenta, tapi waktu pun diberikan kepada ndu.  Maksimalkan pekerjaan ndu untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, bagi kam, keluargandu dan bagi sesama manusia.    Perkuat dan perbaharui selalu mindsetndu bahwa kam berusaha denga napa yang ada, bukan berusaha dari apa yang ada.  Jadi apa yang ada, itulah dimaksimalkan sambil bersyukur dan memuji Tuhan.  Lit modal, lit taneh, lit ijajah sekolah/sarjana maksimal kal lah itu.  Jangan mengeluh, jangan bermalas malas, jangan mencari cari yang tidak ada.  Tapia pa yang ada itulah maksimalkan. Modal ndu pasti ada banyak,  Kesehatan adalah  modal, teman adalah modal, lingkungan negara adalah modal semua nya modal. Maksimalkan lah… jangan banding banding dirindu dengan orang lain.  Tapi syukurilah apa adanya, lalu maksimalkan apa adanya.

·       Miliki lah Etos Kerja/Pelayanan memberikan yang terbaik dalam pelayanan.  Sungguh sungguh, tutus, kerja keras. Dan ingat Bersama Tuhan tidak ada yang mustahil. Impossible is nothing.  Bersyukur kepada Tuhan atas talenta (modal kerja) serta waktu yang masih diberikan Tuhan kepadandu.  Jika berhasil dalam hal kecil, pelayanan kecil maka siap siap. Pelayanan besar pun akan diberika kepadandu juga. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023