Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Pekan Penatalayan GBKP 2022 Hari 7

 Khotbah : Efesus 2 : 1-10

Ndahiken dahin dahin si mehuli

2:1     I bas paksa si lewat, erkiteken salahndu ras dosa-dosandu, mate pertendinndu.

2:2     Paksa si e nai iikutkenndu kebiasan doni si jahat. Iikutkenndu peminpin penguasa-penguasa si lit i bas awang-awang, e me kesah si genduari erdahin i bas kalak si la nggit erkemalangen man Dibata.

2:3     Si tuhuna kita pe nai bali nge ras kalak enda. Kita nai nggeluh rikutken sura-suranta saja janah sidalanken si sentudu ras sura-sura kulanta ras ukurta. Sue ras biakta, kita pe bali ras kalak si deban, patut ngenanami pernembeh ate Dibata.

2:4     Tapi perkuah ate Dibata la ersibar, janah mbelin kal keleng ateNa man banta.

2:5     Seh maka asum kita mate i bas pertendin erkiteken salahta, ipegeluhNa kita mulihi radu ras Kristus. Erkiteken lias ate Dibata nge maka kam enggo terkelin.

2:6     I bas persadanta ras Kristus Jesus, ipekeke Dibata kita ras Kristus, janah ipekundulNa kita ras Ia i bas ingan si meganjang.

2:7     Si enda ibahan Dibata gelah seh rasa lalap icidahkenNa kiniulinNa si lanai kal lang-lang belinna, e me lias ateNa man banta i bas Kristus Jesus.

2:8     Sabap erkiteken lias ate Dibata nge maka kam enggo terkelin, erkiteken tek kam man Kristus. Labo bekas perbahanenndu, tapi pemere Dibata kap e.

2:9      Labo ulih pendahinndu e, e maka labo lit dalanna ise pe muji bana.

2:10   Tinepa Dibata kap kita; i bas persadanta ras Kristus Jesus, ijadikenNa kita guna ndahiken dahin-dahin si mehuli si enggo leben irencanakenNa, gelah sidahiken e.

' Fakta

1.              Paulus menyampaikan suatu fakta/kebenaran teologis kepada Jemaat di Efesus, dimana dikatakan bahwa oleh sebab dosa dan salah kita, maka kita mati secara roh.  Jemaat dan kita semua berdosa karena mengikuti kebiasan yang jahat dari orang orang dunia, yang percaya kepada pemimpin penguasa penguasa awang awang  yang tidak mau percaya kepada Bapa di Sorga.  Menurut Paulus kita semua pun dulu seperti mereka, karena kita mengikuti keinginan daging kita. Itulah alasan mengapa kita semua seharusnya sudah mati atas seluruh keberdosaan kita.

2.              Lalu Paulus menyampaikan fakta bahwa karena kasih sayang Tuhan yang tidak terbatas dan rasa cintanya kepada kita semua, maka dalam kematian roh kita karena dos akita kita dihidupkan bersama dengan Kristus. Paulus lalu memberikan penekanan bahwa karena Kasih Sayang TUhan lah kita sudah diselamatkan. Pada ayat 2 : 6 sangat jelas sekali Paulus menekankan yaitu, dalam persatuan kita dengan Kristus kita pun akan dibangkitkan bersama dengan Yesus Kristus dan ditempatkan di tempat yang paling tinggi, duduk bersama sama dengan DIA

3.              Lalu pada ayat 2 : 10 Paulus mengatakan bahwa kebersamaan kita dengan Yesus Kristus dan kita mendapatkan kasih sayang yang sangat luar biasa sekali dari dia adalah sebuah penegasan bahwa kita diminta Tuhan untuk mengerjakan tugas tugas yang sudah direncanakan sebelumnya oleh DIA.  Kita disayangi untuk lebih disayangi karena DIA memberikan banyak hal kepada kita supaya kita bekerja melayani manusia yang lain.

Sumber photo https://www.safehavenworship.com/

Makna                                              

1.              Semua manusia sudah berdosa dan sudah mati secara Roh, baik orang Kristen maupun bukan orang Kristen.  Karena mengikuti kebiasaan orang dunia yang percaya kepada penguasa penguasa Awang awang yang tidak mungkin percaya kepada Tuhan Allah yang ada di sorga. Orang Kristen berdosa karena mengikuti keinginan daging.  Ada dua hal yang perlu kita maknai dalam hal ini

a.     Ada kekuatan dunia yang membuat manusia tersesat dan berdosa.  Yaitu adanya pemimpin pemimpin awang awang yang menentang Allah Bapa.

b.    Keinginan daging yang menguasai manusia yang membuat dia berdosa.  Dan ternyata ada hubungan antara menolak Tuhan dan kuatnya keinginan daging

2.              Tuhan memaafkan manusia, mengampuni manusia karena kasih sayangNYA yang sangat tidak terbatas.  Kasih sayang Tuhan yang tidak terbatas itu dinyatakan melalui Kehadiran dan kebersamaan kita manusia dengan Yesus Kristus. Dan Yesus Kristus adalah bukti dari Kasih sayang Tuhan yang sangat luar biasa, yang sanggup mengasihi orang orang yang super super super berdosa sekalipun.  Dan jika manusia sudah diselamatkan oleh Tuhan, itu bukanlah karena manusia itu, tapi karena kasih sayang yang tak terhingga itu.  Kita semua butuh belajar sehingga bisa menyadari tanpa sedikit pun keraguan lagi bahwa Yesus Tuhan sudah mengasihi kita dan menghidupkan kita dari kematian pertendin kita.  Dan  manfaat kita diselamatkan Tuhan, maka kita akan diajak duduk bersama DIA di tempat yang maha tinggi.

3.              Kita dikasihi Tuhan untuk apa? Mengapa kita yang diselamatkan, dan bagaimana kiat sadar, yakin dan beriman bahwa kita sudah dipilih TUhan, yaitu dengan menyadari bahwa kita diberi tugas yang sudah direncanakannya sejak awal yaitu mengerjakan pekerjaan benar yang sudah direncanakan Tuhan sebelumnya kepada kita.  Temukan pekerjaan itu dan kerjakan dengan sepenuh hati sebagai ucapak syukur kita kepadaNYA.  

Pengkenaina

·                 Kuasai lah diri kita dengan cara mengelola emosi kita, jangan sampai keinginan keinginan daging tetap dominan dalam hidup kita.   Memenuhi keinginan daging sebagai  syarat kita hidup secara fisik perlu, tapi jangan seluruh hidup kita hanya berorientasi hanya untuk memenuhi keinginan daging kita.  Ada tugas yang harus kita lakukan yang sudah direncanakan Tuhan sebelumnya.  Tanya Tuhan, gali, temukan, tugas tugas itu dan jalankan.  Pada tahun 2022 ini salah satu tugas kolektif kita selaku warga GBKP adalah ikut merawat lingkungan secara kreatif.

·                 Keselamatan kita adalah anugerah Tuhan, karena kemurahan hati TUhan kita.  Itu yang membuat kita terkelin (abadi) bukan karena upaya yang dilakukan  manusia.  Tidak lah mungkin kita selamat kalau hanya karena pemikiran, kelakuan /perbuatan dan kiat kiat kemanusiaan kita. Tidak mungkin.  Semua karena kasih sayang Tuhan.  Dan Kasih sayang Tuhan diberikanNya kepada saya, kam dan kita sekalian karena kita memang ingin dikasihiNYA  lebih besar lagi.  Kiniulin TUhan seharusnya kita respon alu ndahiken dahin dahin si mehuli.           

 Amin. Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023