Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Pekan Penatalayan GBKP 2022 Hari 3

 Khotbah : Jesaya 58 : 6 – 12

Tetap Megegeh ras Mejuah juah

Jesaya 58 : 6 – 12

 

58:6        Enda kap puasa si ngena ateKu: Osarilah rante pengiket janah agui baban kinibujuren, janah bebaskenlah kalak si idehkendu.

58:7        Raskenlah panganndu ras kalak si kelihen, janah berelah kalak musil si la lit rumahna kesilang i bas rumahndu. Berelah uis man kalak si la lit uisna, janah ola itulakndu kade-kadendu si mindo penampat.

58:8        Adi bage perbahanenndu, ersinalsal me lias ateKu i babondu bali ras matawari erpagi-pagi, janah luka-lukandu lampas malem. Aku tetap rembak ras kam lako ngkelini kam, janah sinalsal kemulianKu tetap ngarak-ngarak kam.

58:9        Adi ertoto kam, Kudengkehken pertotondu, janah adi erlebuh kam, minter Kualoi. Olanai idedehndu kalak, olanai kam megombang, janah olanai belaskenndu kata si la tahu kerna kalak;

58:10      adi iberendu nakan man kalak si kelihen, janah isampatindu kalak si lit i bas kesusahen, adi bage kegelapen si lit sekelewetndu salih jadi terang seri ras ciger wari.

58:11      Aku tetap negu-negu kam dingen mesuri kam alu si mehuli. Kubahan kam tetap megegeh ras mejuah-juah. Kam desken peken si la kurang lau, desken sumbul lau si la pernah kerah.

58:12      Kai si nai enggo runtuh, ipajekken bangsandu ka mulihi i babo palas si nuria. Terberita me kam pagi jadi si mpekena mulihi benteng-benteng e, dingen ngumban rumah si enggo runtuh.

Fakta

1.    Nas bacaan kita adalah sebuah nubuatan (suara Tuhan yang disampaikan melalui Nabi Jesaya) yang berisi tentang penilaian/kritik Tuhan terhadap PUASA orang Jahudi kala itu.   Pada ayat 6 dituliskan Suara Tuhan tentang Puasa yang benar. TUhan menegaskan Puasa yang berkenan di hatinya, berkaitan dengan hubungan atau perlakuan Orang Yahudi terhadap orang lain… Membuka tali kekang, membebaskan beban kejujuran (risiko berbuat jujur) dan membebaskan orang yang ditindas.  Ditambah lagi oleh suara Tuhan melalui Nabi jesaya

a.    Makan lah bersama dengan orang yang kelaparan

b.    Menampung orang yang yang tidak punya tempat tinggal

c.     Memberikan pakaian kepada orang yang tidak punya pakaian

d.    Tidak menolak orang yang membutuhkan pertolongan

2.    Suara Tuhan berlanjut dan mengatakan bahwa, jika orang Yahudi melakukannya maka hal itu membuat Tuhan merasa senang

a.     Bersinarlah kasih Tuhan diatas orang Yahudi sama seperti sinar matahari dipagi hari

b.    Luka luka Bangsa Yahudi akan cepat sembuh ‘

c.     Tuhan tetap bersama dengan orang Yahudi

d.    Dan terang kemuliaan Tuhan akan senantiasa mengiringi orang Yahudi

e.    Kalau berdoa didengarkan Tuhan

f.      Kalau memanggi Tuhan segera disahut. 

3.    Tuhan kembali menekankan supaya Orang Yahudi tidak lagi berprilaku sombong, tidak memfitnah orang lain dan tidak menindas siapapun

 

4.    TUhan dalam nubuatan Nabi Jesaya yang dituliskan dalam Jesaya Pasal 58 ini juga berisi Janji Tuhan untuk membangun kembali reruntuhan Yesusalem yang terjadi saat bangsa ini dibuang ke Babel.  Dan Tuhan akan selalu menuntun Bangsa dan memenuhi segala kebutuhannya.

Sumber photo : https://dailyverses.net/

Makna                                                   

1.    Sebuah pembelajaran maha penting bisa dilihat dan dipelajari melalui Nas ini.  Bahwa puasa itu bukanlah ritual ritual fisik yang tidak berhubungan dengan  karakter dan spirit/Roh Manusia itu.  Puasa bukanlah perbuatan luar nya, puasa adalah ungkapan kasih sayang yang sebenarnya dan setulus tulus nya.  Puasa adalah perbuatan kasih yang ditujukan kepada orang lain. Puasa akan menjadi langkah suci ketika menjadikan orang lain, siapapun dia,  adalah orang yang sejajar dengan diri sendiri. 

2.    TUhan juga mengatakan bahwa pemikiran dan perlakuan menguasai dan menindas orang lain  bukanlah strategi atau taktik untuk mengamankan kebutuhan diri sendiri dan bukan tidak berhubungan dengan rohani seseorang.  Bahkan sebaliknya, semua ritual keagamaan, ritual doa, ritual puasa, dan lain lain harus bermuara kepada Kasih Yang Lebih Besar kepada orang lain. Nafkah hidup dan kemampuan mengatasi segala persoalan kehidupan disediakan oleh Tuhan.  Dan Tuhan mengatakan bahwa hal itu akan diberikanNYA jika perlakuan kepada orang lain sudah dilakukan dengam benar.

3.    Tuhan juga mengatakan bahwa DIA lah yang membereskan masa lalu (reruntuhan dibangun kembali) dan menuntun kearah masa depan ( negu-negu) .  Tuhan mengasihi manusia secara detail dan lengkap sempurna.

 Pengkenaina

Tuhan sudah menamkan dalam diri manusia kesempurnaan Tuhan (Imago Dei) dan hal itu harus diwujudkan dengan melatih kecerdasan dan kreativitas secara keseluruhan.  Dan kecerdasan ini harus lah bermuara terhadap niat mengasihi sesama yang lebih besar.  ‘ Tingkatken lah kecerdasanta gelah erbeluhna kita ngkelengi kalak sideban. 

·       Bukanlah taktik untuk menguasai dan mengendalikan orang lain yang perlu dilatih dan dipelajari untuk mencapai keberhasilan dalam hidup, namun memohon kepada Tuhan untuk memberkati  dan memenuhi seluruh kebutuhan dan keperluan hidup.  Tuhan sangat tergerak untuk menolong dan menuntun dan memberkati semua orang yang menunjukkan kasih sayang secara tulus kepada orang lain.  Kasihilan orang lain diatas puncak kecerdasan dan kreativitas ndu.

·       Merawat lingkungan secara kreatif adalah permintaan Tuhan kepada kita semua, supaya kita bisa menciptakan dan mewarsikan lingkungan hidup yang lebih baik dan lebih berkesinambungan seperti yang ditekankan Pdt Dr Norita Br Sembiring di CADAS INSPIRATIF  .   Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina. I

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023