Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 22-28 Mei 2022

 Bahan Penelaahan  : 1Korinti 7 : 10 - 11

Thema : NJAGAI KINIERSADAAN PERJABUN

1 Korinti 7 : 10 – 11

7:10     Man kalak si enggo erjabu kuperentahken -- enda labo perentahku, tapi perentah Tuhan: sekalak ndehara la banci nadingken perbulangenna.

7:11     Adi itadingkenna, olanai ia erjabu, pala mulihken ia man perbulangenna e; bage pe sekalak perbulangen la banci ngulihken ndeharana

Fakta

1.    Sebuah perentah disampaikan oleh Paulus, tapi dikatakannya bukan dirinya sebagai sumber perentah itu, melainkan Tuhan, bahwa seorang istri tidak boleh meninggalkan suaminya.

2.    Kalau seorang isti meninggalkan suaminya, dia tidak diperbolehkan untuk menikah Kembali, kalau dia mau menikah dia Kembali lah kepada suaminya.

3.    Seorang suami pun tidak boleh mengembalikan istrinya.

Arti Dan Makna

1.    Perkawinan orang Kristen adalah sesuatu yang sangat sacral, tidak boleh diulang dan tidak boleh ditinggalkan ditengah jalan. Perkawinan bagi orang Kristen adalah sebuah komitmen sampai akhir hayat. Sekali untuk selamanya, selama hidup.   Untuk wanita dan laki laki dewasa pernikahan itu hanya sekali, karena Tuhan menginginkan demikian.

2.    Seorang istri tidak boleh dan tidak dibenarkan untuk meninggalkan suaminya, meninggalkan rumah tangganya. Demikian pun seorang suami tidak dibolehkan untuk mengembalikan istrinya.  Baik pihak perempuan, maupun pihak laki laki tidak boleh membubarkan pernikahannya.   Sebab kesakralan pernikahan perlu dijaga untuk mempertahankan kesaksian hidup. Karena bagi orang Kristen rumah tangga bukan sekedar mengakhiri masa lajang, namun untuk mengikuti perintah Tuhan dalam menjaga keberlangsungan kehidupan.

Sumber photo : https://bp-guide.id/AXcqmGSw

3.    Bagaimana jadinya kalau seorang istri sudah meninggalkan suaminya?  Paulus berkata dia tidak boleh menikah lagi dengan laki laki lain.  Dia bisa menikah Kembali dengan laki laki dulu pernah menjadi suaminya, yang dia tinggalkan.  Jadi lebih baik Kembali kepada laki laki yang menjadi suaminya dulu daripada dia menikah Kembali dengan laki laki lain. Disini Paulus ingin menekankan bahwa lebih penting mengutamakan kebutuhan surga daripada sekedar memenuhi kebutuhan duniawi.  Seba/ hab alasan seorang wanita menikah dengan laki laki lain hanyalah untuk memenuhi Hasrat duniawi.  Kalau mementingkan hasrat suci atau  hasrat rohaniah lebih baik kembali lah kepada suami yang dulu sudah ditetapan Tuhan dalam prosesi pernikahan suci.

4.    Bagaimana cara menjaga kelanggengan rumah tangga, jika kebosanan sudah melanda? Jangan mengharapak pasangan anda berbuat hal hal yang Anda senangi, tapi sebaliknya berbuat lah apa yang paling disukai dan dibanggakan pasangan anda. Sebab cinta adalah kata kerna, kita semakin mencintai istri kita pada saat kita banyak berbuat kebaikan kepadanya, dan direspon oleh istri dengan ucapan terima kasih yang tulus.  Dan si istri akan semakin mencintai suaminya jika si istri banyak berbuat hal yang mengangkat derajat atau kebanggaan suaminya. TUhan semakin mencintai kita, karena Tuhan terlebih dahulu mengasihi kita, dan semakin menyayangi kita saat kita merespon kebaikan Tuhan dengan ucapan syukur yang tulus dan berkesinambungan.  Proaktiflah merencanakan dan berbuat kebaikan / kebanggaan suami Anda, dan juga sebaliknya dari suami ke istrinya.  

Pengkenaina

·       Moria yang baik dan menjadi teladan adalah moria yang bertahan untuk mencintai suaminya sampai kematian memisahkan.

·       Moria proaktiflah untuk merancang kebersamaan dengan suami, supaya tetap ada yang menarik dan menggairahkan dalam kehidupan rumah tangganya. Makan bakso berdua, bisa menjadi momentum yang sangat berkesan untuk pasangan suami istri, jika hal itu direncakan dan dinikmati secara Bersama sama.

·       Doakan suami ndu tentang semua hal yang tidak kam sukai dari dirinya.  Maka perlahan lahan dia akan berubah menjadi suami yang baik.  Moria ikut berkontribusi untk menciptakan suaminya baik atau tidak baik.  Ada pengaruh ndu juga mengapa suamindu menjadi baik, juga sebaliknya ada pengaruhndu juga dalam menciptakan suami yang tidak kam sukai.  Bersyukur lah akan suami dalam doa doandu. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023