Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
  Thema : Ersada Ukur Ibas Pertoton Nas : 1 Petrus 3 :  8 - 12  Nas Renungen  1 Petrus 3:8-12 (KARO)  Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam bagi ersenina, dingen mesayang janah meteruk min ukurndu sekalak nandangi si debanna. Ula balas perbahanen si jahat alu si jahat, ntah sumpah alu sumpah. Tapi balaslah alu pasu-pasu, sabap pasu-pasu me si ipadanken Dibata IberekenNa man bandu, asum kam IdiloNa. Bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Kalak si mesikel nggeluh cawir metua dingen senang, la banci melasken si jahat, bage pe la banci erbual. Arus jera ia i bas perbahanen-perbahanen si jahat nari, jenari ibahannalah si mehuli; arus idaramina tuhu-tuhu perdamen alu bulat ukur. Sabap Tuhan tetap natap kempak kalak bujur, janah tetap IbegikenNa pertotonna; tapi IlawanNa kalak si ndalanken perbahanen si jahat." Fakta dan Makna  1. Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam ba

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 1- 7 Mei 2022

 Bahan Penelaahan  : Johanes 4 : 5 – 14

Thema : Jesus Ras Diberu Samaria   

Johanes 4 : 5 – 14  

 4:5       Seh me Jesus ku sada kuta i daerah Samaria, gelarna Sihar. Kuta e deher ras juma si ibereken Jakup nai man anakna Jusup.

4:6-8    I bas juma e lit sumur si igelari sumur Jakup. Perbahan latih Jesus erdalan, e maka kundul Ia i tepi sumur e. Paksa e wari enggo ciger; ajar-ajar Jesus lawes ku kuta nukur nakan. Asum Jesus sisada i je, reh sekalak diberu bangsa Samaria ku sumur e ngelegi lau. Nina Jesus man bana, "Enta sitik lau ena gelah Kuinem."

4:9        Ngaloi diberu e, "Kam kalak Jahudi janah aku kalak Samaria; ngkai maka ipindoNdu lau inemen man bangku?" (Biasana kalak Jahudi la nggit make kai pe si enggo ipake kalak Samaria.)

4:10     Nina Jesus, "Adi ietehndu kerna pemere Dibata, janah adi itandaindu ise si mindo lau man bandu enda, tentu ipindondu man baNa lau, jenari iberekenNa man bandu lau si mereken kegeluhen."

4:11     Ngaloi diberu e, "O Tuan, mbages kap sumur enda, janah timbaNdu pe la lit. I ja ibuatNdu lau si mereken kegeluhen e?

4:12     Nini kami Jakup nai mereken sumur enda man kami. I jenda nari me lau inemenna, inemen anak-anakna ras asuh-asuhenna. Ma labo kin ikatakenNdu maka belinen Kam asangken nini kami Jakup e?"

4:13     Erjabap Jesus, "Kalak si nginem lau enda muas denga.

4:14     Tapi kalak si nginem lau si Kubereken man bana, lanai ia muas seh rasa lalap. Sabap lau si Kubereken e jadi sumbul si erburak-burak i bas ia dingen mereken kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin.

Fakta

1.    Jesus suatu ketika tiba di sebuh sumur dekat Kota Sihar, wilayah Samaria pas pada tengah hari.  Dia lalu duduk di pinggir sumur sementara murid murid pergi ke kota untuk membeli makanan bagi mereka.    Saat duduk disitu, seorang perempuan Samaria datang untuk mengambil air untuk keperluan nya. Terjadi lah dialog antara Jesus dan Perempuan Samaria itu.

·       Jesus Kristus memuali percakapan “ Minta lah sedikit air itu untuk kuminum”

§ Tuan kan orang Jahudi, mengapa minta air kepada kami Orang Samaria ?

·       Kalau kam tahu tentang pemberian Tuhan Allah, dan kalau kam kenal siapa yang meminta air kepadandu ini, tentu kam akan meminta kepadaNYA air yang memberikan kehidupan,

§ Menjawab perempuan “ Oh Tuan, sumur ini sangat dalamm dan kalau pun tuan menimbanya tidak ada airnya.  Dimana kah tuan mengambil air yang memberikan kehidupan itu ?

2.    Sampai lah percakapan kepada suatu titik  yang sangat mencerahkan… Kata perempuan itu “ Nenek Moyang Kami Jakup lah yang membuat sumur ini, dan kami mengambil air untuk keperluaan ternak dan kebutuhan hidup anak anak kami,  bukan berarti maksud tuan untuk mengatakan bahwa tuan lebih besar dari nenek kami Jakup bukan?”

3.    Jesus tidak menjabab (teknis) pertanyaan perempuan itu, namun Dia menjawab dengan suatu jawaban yang sangat mencerahkan sampai selama lamanya “ Orang yang minum air sumur ini masih akan kehausan, namun orang yang minum air yang Kuberikan tidak akan pernah haus lagi sampai selama lamanya. Ditambah kan oleh Jesus, Sebab air yang Kuberikan kepada nya akan menjadi mata air yang meluap luap dalam dirinya, dan itu memberikan kehidupan yang sebenarnya dan tidak berkesudahan. “ Wooowwww.

Sumber photo : https://the-bible.net/

Arti Dan Makna

1.    Inilah salah satu percakapan yang paling bermakna, paling bernilai, paling berguna, paling mencerahkan dan paling menyembuhkan yang pernah ada dalam sejarah kehidupan.  Percakapan antara dua orang manusia , yang satu tanpa dosa dan satu lagi penuh dengan dosa.  Tapi percakapan itu sejajar, sehingga si wanita yang cerdas ini merasa dirinya merasa diangkat, disejajarkan dengan semua manusia yang lain.  Padahal ada info bahwa si wanita ini di kampung nya sendiri diasingkan, diintimidasi, di bully dianggap remeh karena perbuatannta yang sering bergontaganti suami dan pasangan hidup.   Itu juga lah yang membuat dia terpaksa datang ke sumur pada siang hari, pada saat sepi saat tidak ada orang lain yang datang ke sumur supaya dia bebas mengambil air tanpa ada yang usil dan menganggu.   Dan dari isi percakapannya, kita bisa melihat bahwa pengetahuan agamanya sangat besar.  Dia tahu siapa Jakub, yang menggali sumur itu pada awalnya, dan dia tahun bahwa Orang Jahudi tidak baikan dengan orang Samaria. Tuhan kita Jesus Kristus melayani percakapan itu dengan sangat lembut, sehingga dalam benak si perempuan itu orang jahudi sangat baik, dan menceritakan tentang air kehidupan.  Kelanjutan dari pecakapan ini nanti ada pengakuan dari si wanita bahwa “mungkin inilah Sang Mesias itu” dan mengajak banyak orang untuk berkunjung mendatangi Tuhan di sumur.

2.    Ada penekanan yang disampaikan Tuhan Jesus kepada wanita Samaria ini bahwa  semua orang yang minum dari sumur masih akan haus.  Tapi siapa yang minum air yang bersumber dari Tuhan Jesus tidak akan pernah haus lagi, karena dalam dirinya tumbuh mata air itu sendiri, sehingga selamanya dia tidak pernah haus lagi.  Semua orang yang minum dari air isi ulang, Aqua galon, Le mineralle, Vit, Pristin apapun itu masih akan haus, sehingga tiap hari kita perlu lagi ganti gallon air. Tapi siapa yang minum dari air hidup yang bersumber Tuhan Jesus tidak akan pernah lagi haus selama lamanya.  Apakah kam sudah minum air Tuhan Jesus ?   Amin moria kami ? 

 

Pengkenaina.

·       Ada keberanian dari wanita Samaria ini untuk berdialog dengan Tuhan Jesus, karena Tuhan Jesus sendiri adalah seorang yang sangat berempati dan menghargai siapapun. Moria GBKP pun harus berani berdialog melakukan percakapan percakapan pribadi untuk menguatkan orang lain, baik sesame moria, dengan suami dan terutama dengan anak anak. Ciptakanlah percakapan yang sangat mencerahkan, yang berguna, yang bernilai dengan anak anak ndu kerina.  Percakapan yang tidak membuat tuduhan dan mencari cari kesalahan.  Tapi percakapan yang membuat orang lain menyadari siapa dirinya.

·       Moria perlu air, semua kita perlu air.  Tapi ingat seperti wanita Samaria, yang membutuhkan air kehidupan dari Tuhan Jesus, demikian juga semua moria di dunia ini membutuhkan air kehidupan dari Jesus.  Tanya dan minta lah air hidup itu kepada Tuhan Jesus dalam doa doa pribadindu. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023