Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 4 .

Gambar
  Thema : Ertoto Guna Kalak si Mpeturah Kiniseran Nas : Matius 5 : 43 – 48  Nas Renungen   " Nggo pe ietehndu kerna ajaren enda, 'Kelengilah temanndu, janah elem-elemlah man imbang-imbangndu. ' Tapi genduari Kukataken man bandu: Kelengilah imbang-imbangndu, janah ertotolah man Dibata kerna kalak si erbahanca kam ngenanami kiniseran. Alu bage kam nggo jadi anak-anak Dibata. Sabap labo saja man kalak si mehuli ibereken Dibata MatawariNa, tapi pe man kalak si jahat. Bage pe labo saja man kalak si bujur ibereken Dibata udan, tapi pe man kalak si la bujur. Sabap adi si ngkelengi kam saja ngenca ikelengindu, man kade Dibata mbalas perbahanenndu e? La kin kalak si muat cuke pe bage ka nge perbahanenna? Janah kai kin lainna kam ras kalak si deban adi ras temanndu saja ngenca kam siperkuanen? Kalak si la nandai Tuhan pe bage nge perbahanenna. Emaka kam arus serta bagi Dibatandu pe serta." Fakta dan Makna  1. Tapi genduari Kukataken man bandu: Kelengilah imbang-imbangndu, jan

Sisi Positif Dari Erupsi Gunung Sinabung

 Belum ada yang bisa memastikan kapan  Gunung Sinabung berhenti erupsi dan aman seperti sedia kala.  Karena sewaktu waktu bisa saja erupsi dan menyemburkan abu vulkanik  berjuta juta kubik serta meradiasikan  awan panas.  Belum lagi luncuran lava nya yang menurut info masih ada menggantung sekitar 5 juta meter kubik dipuncak Gunung Sinabung. Begitulah kenyataannya sehingga perasaan was was karena adanya bahaya masih mendominasi hati sebagian besar penduduk yang bertempat tinggal di desa desa kaki Gunung Sinabung. 

Satu bulan terakhir ini terjadi juga satu dua kali erupsi pada sore dan malam hari dan menyemburkan abu vukanik.  Situs Magma.esdm melaporkan bahwa terjadi erupsi G. Sinabung pada hari Senin, 18 Januari 2021, pukul 20:10 WIB[i].  Berawal sejak tahun 2010 sampai saat ini sudah sekitar 10 tahun Gunung Sinabung aktif dan sudah puluhan kali erupsi menyemburkan abu dan juga mengeluarkan awan panas.

Pada saat saat sekarang ini di puncak Gunung Sinabung terlihat bara lava khususnya di malam hari.  Bagi beberapa orang penggemar fotograpi di Kabanjahe Berastagi  bara lava ini menjadi sebuah objek yang sangat menarik untuk di photo.

Menjadikan Gunung Sinabung sebagai objek photo yang sangat indah, ataupun menjadikannya sebagai pusat pelatihan untuk para photographer pemula, melahirkan sisi positif dari Gunung Sinabung.

Sekelompok anak  muda yang juga menjadi rohaniawan di Gereja Batak Karo Protestan GBKP ternyata menekuni hobby fotograpi dan menjadikan Gunung Sinabung sebagai objek yang sangat menarik,dan monumental[ii].  Nama nama seperti Sadrah Perangin-angin (penatua) Benny Kaban (pendeta) Aron Ginting (detaser = proses menuju pendeta) bahkan Krismas Barus (pendeta, dan salah satu kandidat Ketua Umum Moderamen) membentuk grup pencinta dan menyusun jadwal untuk mengambil jadwal memotret Gunung Sinabung.

Info lebih lengkap mengenai Gunung Sinabung bisa dilihat disini (klik)

Ada beberapa lokasi yang menjadi tempat favourite mereka untuk memotret Gunung Sinabung, salah satunya adalah Tiga Kicat yang berjarak cukup dekat  yaitu lebih kurang 6 KM ke Gunung Sinabung.  Biasanya mereka melakukan pemotretatan setelah selesai memimpin ibadah di tempat mereka melayani masing masing.  Mereka berangkat sekitar jam 23.00 malam, dengan perjalanan lebih kurang 45 menit ke lokasi pemotretan. Sampai sekitar jam 03.00 atau 05.00 subuh  baru mereka kembali dari lokasi pemotretan.

Dibawah  ini beberapa hasil pemotretan Benny Kaban dan Aron Ginting :

Foto Benny Kaban : Camera Canon 7 D, ISO 400 , F 4.0, Shutter 140 dtk. Lokasi Tiga Kicat tanggal 16 Februari 2021 Jam 04.51 WIB

Foto Supercantik dari Benny Kaban

Berikut foto foto dari Aron Ginting yang sedang di coach oleh Benny Kaban dan Sadrah Perangin angin


Foto diambil tanggal 16 Februari di Doulu Kuta, pukul 06.45. Pakai kamera Realme C11

Gunung SInabung memberikan sebuah pembelajaran yang sangat mahal bagi semua manusia khususnya Orang Karo.  Bahwa selalu dua sisi, ada sisi mengkhawatirkan, merugikan, mencemaskan dan menakutkannya, namun ada sisi yang  lain keindahan, keagungan, pembelajaran dan kebersamaan. 

Contoh yang lain pakar pertanian organic Karo Pt Edison Bangun mengatakan bahwa semburan abu vulkanik dari Gunung Sinabung adalah sumber hara tanaman yang sangat kaya. Pernyataan ini dibenarkan oleh Ahli Ilmu Tanah dari IPB, Ir Baba Barus MSc, PhD bahwa proses pembentukan jenis tanah Andosol memang dari abu vulkanik. Jenia tanah andosol adalah tanah yang paling subur, seperti di Lembang, Cipanas, Berastagi dan Simpang Empat, Karo.

Hidup selalu punya dua sisi, positif dan negatif, Manusia diberikan oleh Yang Maha Kuasa kemampuan untuk melihat sisi positif dari setiap peristiwa. Kesadaran diri, kemampuan berimaginasi, mendengar suara hati dan kehendak bebas adalah tool atau alat berfikir, merenung dan mengambil sisi bermanfaat, bernilai dari seluruh pengalaman.

Gunung Sinabung bagi masyarakat Karo bisa jadi alat untuk melatih fotograpii dan momentum untuk  menjadi manusia yang bersikap positif dan bernilai bagi sesama.



[i] https://magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/informasi-letusan/683/show?signature=4db57198eda786881d36b97d5c6c80775804350222bf17633cd2a870736fb70d

[ii] Saya mengatakan monumental, karena momentum ini mungkin bukan selamanya ada.  Bisa bisa suatu saat Lava yang membara di puncak Sinabung suatu saat habis dan tidak lagi menampilkan objek photo yang menarik.

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023