Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 5 .

Gambar
  Thema : Jadi senina man senina  Nas : Kejadin 45 : 1 – 9  Nas Renungen    Lanai tertahan Jusup ukurna i lebe-lebe suruh-suruhenna kerina, emaka isuruhna kalak nadingken ingan e. La lit ise pe si deban ras Jusup sanga iturikenna man senina-seninana ise kin ia si tuhuna. Perban gangna sorana tangis kalak Mesir pe nterem megisa, janah berita e ipeseh ku istana raja. Nina Jusup kempak senina-seninana, "Aku kap si Jusup. Nggeluh denga nga nge bapangku?" Tapi perban biarna senina-seninana e megi si e lanai ia ngasup njabapsa. Emaka nina Jusup man kalak enda, "Mari terdeheren ku jenda. " Ideheri kalak enda ia, emaka nina Jusup, "Aku kap seninandu si Jusup si dayakenndu ku Mesir. Genduari ula aru atendu, ula isalahkenndu bandu erkiteken idayakenndu aku ku jenda. Si tuhuna Dibata nge si erbahan maka aku leben seh asang kam ku jenda guna nelamatken kalak si nterem. Enda pedua tahunken denga nge kelihen i negeri enda. Lit lima tahun nari la lit kalak si nenggala tah pe

Indonesian Idol Ajang Pembuktian Kehebatan Bernyanyi Putri Karo

 Pada tahun 2020  Lyodra Br Ginting dengan sangat spektakuler memenangkan Idonesian Idol.  Sangat spektakuler karena penampilan nya begitu memukau dengan teknik bernyanyi yang sangat luar biasa.  Maklum, karena tidak kurang Erwin Gautawa salah seorang maestro music Indonesia bersama putrinya Gita Gautawa ikut melatih dan memoles teknik bernyanyi dan percaya diri Lyodra.

Namun ada satu hal lagi yang benar benar membuat Suku Karo merasa bangga, karena orang banyak semakin mengenal bahwa Suku Karo berbeda dengan Suku Tapanuli dalam rumpun Batak.  Seorang Juri Ari Lasso pun sudah tidak salah lagi mengucapkan salam "mejuah juah" kepada Lyodra maupun saat merespon gemuruh pendukung para orang Karo yang datang ke studio RCTI di Kebun Jeruk kala itu, sebelum Covid 19 melanda negara Indonesia.  

Kemenangan Lyodra yang mendapat support sepenuhnya dari kedua orang tuanya, mempunyai satu dampak yang sangat luar biasa kepada generasi muda Karo yang mempunyai hobby dan bakat bernyanyi. Mereka semakin percaya diri, karena kemenangan Lyodra adalah kemenangan seluruh generasi muda penyanyi dari Suku Karo. 

Itulah sebabnya saat Lyodra pulang ke Medan dan ke Tanah Karo, sambutan terhadap kehadirannya sangat gegap gempita. Disambut dengan antusias saat mengunjungi Kantor Gubernur Sumut, saat mengunjungi Pemkab Karo dan mengadakan temu penonton di Berastagi, serta mengunjungi kantor moderamen GBKP, yang merupakan lembaga atau  organisasi Orang Karo yang paling besar.  Semua merasa senang, semua merasa  bangga, atas prestasi yang  dicapai Lyodra. 

Pada Indonesian Idol tahun 2021, semangat dan rasa percaya diri penyanyi muda Karo bernar benar terbukti. Sejarah kembali terukir indah untuk kinihagaan atau kehormatan Suku Karo, berkat ada nya dua orang putri Karo yang ikut sampai babak Spekta.  Ada Femila br Sinukaban, dan satu lagi Putri Karo kelahiran Purwakarta, Kirana Putri Anandita.

Femila menjadi wakil dari Sumatra Utara. Penyanyi cantik ini adalah seorang  mahasiswi yang kelihatan sangat lincah dan fleksibel.  Punya hobby selain menyanyi olahraga Futsal. Sukses sebagai seorang youtuber yang suka menyanyikan secara cover lagu lagu top.  Dari channel youtube nya terlihat dia bisa mengajak beberapa temannya untuk bermusik bersama, bukti bahwa dia juga punya bakat kepemimpinan.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menulis sedikit tentang  Femila sebagai seorang peserta babak Spekta Top 10 Indonesian Idol 2021 yang menurut Bunda Maya mempunyai kualitas  vocal paling rendah.  Namun apresiasi sangat tulus datang dari Kaka Vocalis Slank bahwa Femila adalah seorang peserta paling cantik sehingga bisa sukses dalam dunia acting. 


Kirana Putri AnanditaSumber photo https://portalkudus.pikiran-rakyat.com/

Di kalangan orang Karo sendiri memang ada kepercayaan umum yang sedikit berbau stereotype, bahwa Beru Karo termasuk Sinukaban memang cantik cantik tapi merambit atau cerewet kepada suaminya. Hahahahahaha. Femila memang cantik, felksibel, matang, dan tahan terhadap kritikan dan masukan, sehingga bakat bakat untk menjadi orang besar sudah mulai berkembang dalam dirinya.

Kirana Putri Anandita mewakili Purwakarta, adalah putri bungsu seorang ayah orang Karo bermarga Perangin angin Bangun, yang berasal dari Pancur Batu(18 km dari Medan kea rah Berastagi). Bang Bangun ini adalah seorang perantau yang tinggal di Purwakarta dan bekerja di Pabrik Pupuk  Kujang.  Dulu ketika masih di Pancur Batu, ternyata seorang Anak Band, sehingga diyakini dari dia lah mengalir darah seni Kirana, yang mempunyai ibu seorang Mojang Priangan. 

Kirana selalu mendapat pujian kalau dia bernyanyi, hampir semua Juri Indonesian Idol terkagum kagum akan teknik bernanyi, percaya diri, serta kemampuannya "menaklukkan lagu" sehingga bisa lebih enak dari penyanyi awalanya.  Dan ketika saya melihat rekaman penampilan Kirana di Spekta1 dan khususnya di Spekta 2 memang wooooowww, sangat sangat keren.  Juri Kaka  bilang  "saya terhanyut masuk ke dalam lagu yang kamu nyanyikan Kirana,"

Saya juga akan mengatakan sama dengan Kaka, tapi siapalah saya  dalam dunia music? Hahahha, sedangkan Kaka ??  Apakah  ada yang tidak tahu siapa Slank dan siapa Lead  Vocal nya ?  saya pernah baca sebuah artikel beberapa tahun lalu, bahwa di Indonesia hanya 3 grup atau penyanyi yang fans nya paling banyak;  Haji Rhoma Irama, Iwan Fals dan Slank yang disebut Slankers.  Siapa nomor satu nya?  Sulit menentukan, tapi feelingku adalah Slank, Iwan Fals = H Rhoma Irama.  Tapi ini perlu pembuktian lagi hahahahha.

Nah jika seorang Kaka, memberikan pujian yang amat tulus dan  amat tinggi kepada Kirana, seberapa tinggi kah bakat, dan teknik  menyanyi Beru Ribu ini?  Mirip Lyodra yang Juara di Italia, Kirana pun pernah menjuarai La Academia, saat berusia 14 tahun.  Jadi teknik bernanyinya sudah sunggh sangat luar biasa.   Sehingga saya punya  rasa takut akan mimpi saya bahwa yang akan masuk  Grand Final Indonesian  Idol 2021 adalah Femila Br Sinukaban dengan Kirana Putri Anandita.  Wooooow, bisa saja terjadi jika Femila mampu  secara cepat mengkonsolidasi semangat dan kerja keras berlatih meningkatkan teknik ketajaman Vocal nya. Sedangkan Kirana, saat ini saya percaya 30% peluangnya akan masuk ke Grand Final, bisa saja melawan Melisa atau Jemimah.

Dua orang Putri Karo, beru Sinukaban dan beru Bangun yang sering disebut beru Ribu menjadi pusat perhatian dunia musik Indonesia bahkan perhatian music Dunia.  Fenomena apa kah ini gerangan ?  

PEREMPUAN KARO DAN PERANAN AYAH 

Masuknya Femila dan Kirana menurut saya adalah bukti kemajuan kembali perempuan Karo dalam berkesenian.  Penyanyi wanita Karo memang lebih hebat dibanding penyanyi pria nya. Buktinya dalam mengikuti lomba, dan dalam Era Youtube saat ini, lebih banyak wanita yang mendapatkan viewer dan subscriber dibanding laki laki. 

Dalam bidang lomba, pada jaman Bintang Radio dan Televisi sudah ada nama Tio Fanta Br Pinem dan sampai sekarang tetap konsisten sebagai penyanyi yang sangat menjaga peranannya sebagai Ibu di keluarga.  Tio Fanta Pinem seangkatan dengan Betharia Sonata dan bersahabat sampai saat ini.

Dalam dunia Youtube, ada nama Intan Br Ginting, Averiana Br Barus, Gitarena Br Ginting Trisna Sinta Br Keliat dll.  Saya menobatkan Intan Br Ginting sebagai The Queen Of Karonese Youtuber, karena viewer lagunya Kam Ngenca sudah melewati angka 16  juta.   Wooow.

Tio Fanta Br Pinem

Ramona Purba

Banyak juga penyanyi wanita dalam gendang Karo yang populer  disebut dengan gendang Keyboard, seperti Sri Devi Br Tarigan, Iren Bretty Br Sembiring, Sri Malem Br Bangun.  Mereka bernyanyi untuk mengirigi tarian Karo yang sangat spesifik, yang kombinasi ritme dan kecepatan nya bisa sampai 5 level.  Salah satu tarian yang paling membanggakan bagi Suku Karo namanya Lima Serangkai.

Intan Br Ginting Munte 

Bagaimana dengan penyanyi pria. Harus diakui penyanyi pria Suku Karo, jarang ada yang tampil sampai di tingkat propinsi atau nasional,  seperti Tio Fanta atau Lyodra. Paling maksimal mereka hanya dilingkungan orang Karo.  Beberapa nama Hormat Barus, Reno Surbakti, Robby Ginting, Luther Tarigan, sampai yang lebih muda, Anta Prima Ginting, hanya sukses diantara orang Karo.  Seingat saya hanya dua orang  penyanyi Laki laki Karo yang sukses sampai tingkat Nasional yaitu Ramona Purba dan Bams Bukit.

Mengapa wanita lebih unggul dalam dunia nyanyi Suku Karo.  Menurut saya bukan hanya dalam dunia nyanyi, sebenarnya hampir dalam semua bidang perempuan Karo lebih hebat daripada kaum laki lakinya.  Dalam percakapan saya dengan Pdt MP Barus Mantan Ketua Umum GBKP dan juga Pdt Eki Tarigan, disampaikan bahwa menurut penelitian penginjil dari Eropah pada sekitar tahun seribu sembilan ratusan pun pola pikir wanita Karo lebih mudah menerima konsep konsep teologis dan spiritual dibanding kaum laki lakinya yang lebih banyak membuang waktu di Kede Kopi.   Sedangkan menurut Pdt Eki yang juga sebagai Direktur Utama BPR Pijer Podi, bahwa dalam berorganisasi pun wanita karo lebih maju, lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin.  Buktinya Credit Union (CU) yang dipimpin wanita lebih maju.   Percakapan lebih jelas nya bisa dilihat di link ini https://www.youtube.com/watch?v=zKqGPjkdgQ4.

Satu lagi yang sangat spesifik dan perlu disimak untuk dijadikan pembelajaran kedepan adalah seperti yang saya sudah singgung di depan.  Bahwa bakat atau talenta bernyanyi Kirana Putri Anandita berasal dari ayahandanya.  Dapat diduga bahwa sang Ayah lah yang paling awal menemukan bakat menyanyi putri bungsunya ini.  Dan Bang Bangun (ayahanda Kirana) juga lah yang mendorong dan memfasilitasi kebutuhan latihan bernyanyi peserta termuda dan ter kerkecil di pagelaran spektakuler Indonesian Idol 2021 ini sampai mengikuti dan mememangkan La Academia saat usianya 14 tahun lebih kurang 3 tahun lalu.

Ini sama dengan Lyodra yang mempunyai kesaksian pribadi bahwa ayahnya lah yang paling awal menemukan bakat bernyanyinya, mencari tempat kursus bernyanyi dan selalu punya waktu untuk menemani anak sulungnya. Bahkan sampai saat ini pun seninaku GintingMergana ini tinggal berdua dengan Lyodra di Jakarta, sementara sang ibu masih di Medan.  Info saya dapat saat saya bercakap cakap dengan Ayahanda Lyodra sekitar 7 bulan yang lalu. Nah, juara Indonesian Idol suku Karo adalah penyanyi berbakat yang dekat dengan ayahandanya ? Apakah ini benar ? Perlu lah diteliti lebih lanjut

Tapi dari sekarang yang bisa dipetik adalah, temukan lah bakat bernyanyi anak anda sejak dini, dan fasilitasi latihannya secara total. Kelak dia kemungkinan besar Juara Indonesian Idol.   Salam hangat teman teman . Mejuah juah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023