Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 5 .

Gambar
  Thema : Jadi senina man senina  Nas : Kejadin 45 : 1 – 9  Nas Renungen    Lanai tertahan Jusup ukurna i lebe-lebe suruh-suruhenna kerina, emaka isuruhna kalak nadingken ingan e. La lit ise pe si deban ras Jusup sanga iturikenna man senina-seninana ise kin ia si tuhuna. Perban gangna sorana tangis kalak Mesir pe nterem megisa, janah berita e ipeseh ku istana raja. Nina Jusup kempak senina-seninana, "Aku kap si Jusup. Nggeluh denga nga nge bapangku?" Tapi perban biarna senina-seninana e megi si e lanai ia ngasup njabapsa. Emaka nina Jusup man kalak enda, "Mari terdeheren ku jenda. " Ideheri kalak enda ia, emaka nina Jusup, "Aku kap seninandu si Jusup si dayakenndu ku Mesir. Genduari ula aru atendu, ula isalahkenndu bandu erkiteken idayakenndu aku ku jenda. Si tuhuna Dibata nge si erbahan maka aku leben seh asang kam ku jenda guna nelamatken kalak si nterem. Enda pedua tahunken denga nge kelihen i negeri enda. Lit lima tahun nari la lit kalak si nenggala tah pe

Catatan Tambahan Khotbah Minggu 28 Februari 2021

Minggu Passion III/Remiscere à Ingatlah min perkuah atendu o Jahwe.

 Warna Stola Ungu   

 

Invocatio

Erkiteken Ia dem perkuah ate, ipasu-pasuNa kita kerina, iberekenNa man banta lias ate si la erkeri-kerin Yohanes 1 : 16

Ogen

Masmur 22 : 23 – 27  

Khotbah

Roma 4 : 18 – 25

Thema

“Iperkirakan Dibata KIniteken Kalak Si tek ”

 

 

Khotbah :  Roma 4  : 18 – 25   

 

 

4:18    Aminna gia la lit arapen, tapi Abraham tetap erkiniteken dingen erpengarapen maka ia jadi "bapa melala bangsa", bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Bagi buena bintang i langit bage me pagi buena kesusurenndu."

4:19     Paksa si ndai umur Abraham enggo nandangi seratus tahun. Tapi kinitekenna labo kote aminna gia ietehna maka kulana enggo kerah janah ndeharana Sarah la banci mupus.

4:20     La ia sangsi, janah kinitekenna nandangi padan si ibereken Dibata la surut; kinitekenna erbahanca ia reh gegehna, seh maka ia tetap muji Dibata.

4:21    Tek ia maka ngasup nge Dibata nehken kai si enggo ipadankenNa.

4:22    Janah erkiteken ia tek e, "kinitekenna e iperkiraken Dibata jadi dalan guna ngerambakken Abraham kempak diriNa."

4:23    Kata-kata "iperkiraken" e itulis labo man Abraham saja.

4:24     Tapi pe man banta. Kita pe iperembakken me ras Dibata adi kita tek man Dibata si enggo mpekeke Jesus, Tuhanta, i bas si mate nari.

4:25    IendeskenNa Jesus ku bas kematen erkiteken kesalahen-kesalahenta, jenari ipegeluhNa mulihi gelah kita iperembak ras Ia.

 

Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras

 

Siapakah diantara kita yang punya pengalaman lama  menjomblo ? Atau siapakah pasangah suami istri punya pengalaman lama baru dapat anak dan keturunan?  Kalau ada seperti itu pasti dia bisa merasakan apa yang pernah dirasakan Abraham.

 

Bagaimana Abraham mmenjadi orang yang mendapat Approval Kebenaran dari Tuhan, itulah inti renungan dari khotbah pada minggu Remiscere atau Passion ke tiga ini.

 

Mari sinen terdauhen senina ras Turang.

 

Fakta

 

1.     Rasul Paulus mengambil contoh Abaraham untuk menjelaskan tentang pangharapan dan Iman kepada Jemaat di Roma.  Pada ayat 18 Paulus menekankan bahwa dalam situasi tanpa harapan,  Abraham tetap percaya dan berpengharapan bahwa “Dia akan menjadi bapa bangsa  bangsa” seperti tersurat dalam Pustaka Si Badia.  Dan seperti banyaknya bintang di langit, begitulah nanti banyaknya keturunannya.

2.     Ada situasi yang sangat kontras atau bertolak belakang keadaan ril Abraham dengan keyakinan dan harapannya.  Usianya sudah hampir 100 tahun, sudah terlalu tua untuk mempunyai keturunan dan istrinya Sarah pun sudah tidak mungkin lagi bersalin. Namun Abrahan tetap konsisten dengan keyakinannya akan Allah yang berjanji kepadanya. Tidak surut semangatnya, bahkan semakin bertambah semangat dan tenaga nya untuk memuji Tuhan Allah. Tek ia maka ngasup nge Dibata nehken kai si enggo ipadankenNa.

3.     Keyakinan atau kepercayaan Abraham ini “diperhitungkan Tuhan sebagai dasar Abraham untuk merapat/mendekat kepada TUhan Allah”  Namun bukan hanya untuk Abraham, namun juga terhadap orang yang percaya.  Kepercayaan orang percaya siapapun dia menjadi dia semakin dekat kepada Tuhan Allah.

4.     Allah menyempurnakan rencanaNYA untuk semakin dekat kepada Manusia yang beriman di dalam Yesus Kristus. 

 

Sumber Photo : https://www.slideshare.net/DaveSinNM/why-did-abram-believe-god?from_action=save 

 Makna

1.     Iman Abraham kepada Allah sebuah pembuktian bahwa logika duniawi tidak berarti apa apa. Artinya jika kenyataan itu urutan urutan logis atau ada factor factor yang sejalan dan mendukung terhadap kelanjutannya, maka Abraham membuktikan bahawa Kasih Allah itu lebih sempurna.  Misalnya jika Abraham sudah tua dan lemah, istri nya pun sudah berhenti melahirkan, maka logikanya dia tidak bisa lagi membuahi sarah sehingga hamil dan melahirkan.  Namun Abraham tetap percaya kepada Tuhan, bahwa dirinya akan menjadi bapak dan mempunyai keturunan seperti bintang di langit.  Jadi Iman Abraham adalah sebuah ketetapan hati yang tidak bisa goyah sekalipun logika dan fakta duniawi tidak mendukungnya.

2.     Jadi Iman itu apa sebenarnya ya, kemampuan untuk mempertahankan focus kepada Tuhan sehigga melahirkan sebuah pemikiran, perbuatan, kesenangan dan optimisme terhadap perwujudan janji Allah dalam kehidupan seseorang.  Karena Abraham selalu focus kepada Allah, maka usia nya sudah tua dan istrinya yang sudah mandul tidak masuk dalam pikirannya yang membuat ragu.  Petrus saat berjalan diatas air, sempat memalingkan pandangannya kepada Tuhan, sehingga timbul keraguan dan ketakutannya.  Dan Yesus segera menolong dan  menghardik Petrus "Hai orang yang kurang percaya, n  mengapa engkau bimbang?" Abraham tidak pernah sekalipun memalingkan pandangannya, atau kehilangan focus dan kepercayaan kepada ALLAH.

3.     Kemampuan Abraham mempertahankan imannya yang demikian kokoh, yang tidak sedikit pun goyah akan fakta fakta logis kehidupannya akhirnya ini yang ‘ diperkirakan atau diperhitungkan Tuhan sebagai jalan untuk mendekatkan Abraham.

a.      Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.a.

b.     it was credited to him as righteousness  NIV

c.      And therefore it was imputed to him for righteousness. KJV

d.      “counted to him as righteousness. ESV

e.        pistóthike os dikaiosýni  =   "the approval of God"-->refers to what is deemed right by the Lord.        

4.     Abaraham adalah permulaan sebelum semuanya juga dibenarkan oleh Tuhan Allah untuk merapat kepada DIA.  Karena Abraham di appprov, maka nina Paulus, kerina manusia, kam ras aku pe si approve oleh Tuhan Allah.  Dan untuk memastikan approval semua manusia itu bahkan Allah sendiri mengutus anakNYA yang tunggal Yesus Kristus unttuk memastikan dan menjemput manusia itu. Yang penting kita semua beriman kepadaNYA, artinya mempunyai standard hidup yang sesuai denganNYA, tidak berpaling oleh apapun juga.

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Abraham mampu mempertahankan imannya kepadaTUHAN meskipun secara logis situasi  hidupnya seolah tidak sesuai dengan Janji Allah. Antara logika dan Janji Allah, tentu Janji Allah yang lebih benar dan akan menjadi kenyataan.  Sekalipun logika dan fakta kehidupan berbeda dan menakutkan tetaplah memandang dan percaya kepada Tuhan, maka Tuhan akan memperkirakan/memperhitungkan kam.

2.     TUhan akan memberi kekuatan dan kegembiraan bagi setiap orang yang mampu mempertahankan pandangannya kepada TUHAN dalam segala keadaan kehidupanNYA, dalam sakit, kelaparan, kecewa dan sakit hati sekalipun.

3.     Janji Tuhan adalah kepastian,  tidak ada logika dan fakta apapun yang dapat membantah dan menentang Janji Tuhan.  Abaraham pun pada akhirnya memiliki anak Ishak dan Ismail dan keturunan nya benar benar sama seperti bintang di langit. Pandanglah langit pada malam hari, lihat lah bintang bintang, hitunglah. Itulah jumpah keturunan Abraham.  Sekarang Abraham pasti sudah melihat keturunannya sama banyaknya dengan bintang bintang. 

 

 Respon (Perenungan lebih dalam ).

 

1.      Pernah kah kam tidak yakin kepada janji Tuhan kepada dirindu ?

2.      Apakah kenyataan hidup dan fakta fakta logis yang membuat  kam kurang percaya kepada Tuhan ?

3.      Apakah kam juga ingin agar hidupndu diperhitungkan oleh Tuhan ?

 

Power Statement

Kisah Abraham dan Petrus jadikanlah referensi untuk tetap beriman dan percaya kepada Janji Tuhan kepada hidupndu.  Maka Kam selalu ada dalam pikiran Tuhan.

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023