Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 5 .

Gambar
  Thema : Jadi senina man senina  Nas : Kejadin 45 : 1 – 9  Nas Renungen    Lanai tertahan Jusup ukurna i lebe-lebe suruh-suruhenna kerina, emaka isuruhna kalak nadingken ingan e. La lit ise pe si deban ras Jusup sanga iturikenna man senina-seninana ise kin ia si tuhuna. Perban gangna sorana tangis kalak Mesir pe nterem megisa, janah berita e ipeseh ku istana raja. Nina Jusup kempak senina-seninana, "Aku kap si Jusup. Nggeluh denga nga nge bapangku?" Tapi perban biarna senina-seninana e megi si e lanai ia ngasup njabapsa. Emaka nina Jusup man kalak enda, "Mari terdeheren ku jenda. " Ideheri kalak enda ia, emaka nina Jusup, "Aku kap seninandu si Jusup si dayakenndu ku Mesir. Genduari ula aru atendu, ula isalahkenndu bandu erkiteken idayakenndu aku ku jenda. Si tuhuna Dibata nge si erbahan maka aku leben seh asang kam ku jenda guna nelamatken kalak si nterem. Enda pedua tahunken denga nge kelihen i negeri enda. Lit lima tahun nari la lit kalak si nenggala tah pe

Sermon Guru KAKR Untuk Pengajaran 21 Februari 2021

 

Bahan : Yohanes 12:12-19

Ayat Tambahan Untuk Remaja Matius 27:15-26

Tema Tanggung & Remaja : Disambut Dengan Sorak Sorai/Dibalik Penyambutan Dengan Sorak Sorai

 

12:12      Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem,

12:13      mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!"

12:14      Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:

12:15      "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai."

12:16     Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

12:17      Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kesaksian tentang Dia.

12:18      Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mujizat itu.

12:19      Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain: "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia.

 

Sumber Photo : https://steemit.com/bible/@biblestory/bible-stories-43-jesus-solemnly-enters-jerusalem

 Arti dan Makna 

1.     Penduduk Jerusalem menunjukkan kegembiraannya mendengar Yesus sedang dalam perjalanan menuju kota mereka, Jerusalem.  Lalu mereka bernyanyi nyanyi tanda senang sekali hatinya sambal menyebutkan :   "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" Kedatangan  Yesus itu mendatangkan sukacita dan melahirkan sorak sorai

2.     Yesus memasuki Kota Yerusalam dengan menunggang seekor keledai,  dan peristiwa ini menjadikan bukti bahwa nubuatan tentang Yesus sesudah dibuat dan terjadi persis yang dinubuatkan itu .   Tuhan Yesus mau mendatangi siapapun dengan penuh kerendahan hati, Yesus datang memilih naik keledai bukan kuda;  Itu membei tanda, bahwa keagungan Tuhan itu datang dari dalam diriNYA, bukan datang dari aksesoris aksesoris diluar diriNYA.  Oleh sebab itu dengan cara bagaimana pun DIA datang Tuhan Yesus sudah sangat agung.  Kedatangan orang Kristen dan seluruh anak anak Kristen akan Agung karena Yesus Kristus memberikan keagungan.

3.     Orang banyak sudah mendengar bahwa Yesus membangitkan Lazarus dari kematian, itulah sebabnya orang banyak datang Mengele-elukan Yesus karena merasa bahwa Yesus itu sangat berkuasa dan banyak mujijatNya.  Kedatangan Yesus Kristus itu membawa kesembuhan, dan kehidupan.  Jadi Anak anak Kristen kemana pun DIA DATANG selalu membawa kesembuhan dan kehidupan.

Matius 27:15-26

27:15   Telah menjadi kebiasaan bagi wali negeri untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-tiap hari raya itu atas pilihan orang banyak.

27:16   Dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama Yesus Barabas.

27:17   Karena mereka sudah berkumpul di sana, Pilatus berkata kepada mereka: "Siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, Yesus Barabas atau Yesus, yang disebut Kristus?"

27:18   Ia memang mengetahui, bahwa mereka telah menyerahkan Yesus karena dengki.

27:19   Ketika Pilatus sedang duduk di kursi pengadilan, isterinya mengirim pesan kepadanya: "Jangan engkau mencampuri perkara orang benar itu, sebab karena Dia aku sangat menderita dalam mimpi tadi malam."

27:20   Tetapi oleh hasutan imam-imam kepala dan tua-tua, orang banyak bertekad untuk meminta supaya Barabas dibebaskan dan Yesus dihukum mati.

27:21   Wali negeri menjawab dan berkata kepada mereka: "Siapa di antara kedua orang itu yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu?" Kata mereka: "Barabas."

27:22   Kata Pilatus kepada mereka: "Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan Yesus, yang disebut Kristus?" Mereka semua berseru: "Ia harus disalibkan!"

27:23   Katanya: "Tetapi kejahatan apakah yang telah dilakukan-Nya?" Namun mereka makin keras berteriak: "Ia harus disalibkan!"

27:24   Ketika Pilatus melihat bahwa segala usaha akan sia-sia, malah sudah mulai timbul kekacauan, ia mengambil air dan membasuh tangannya di hadapan orang banyak dan berkata: "Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!"

27:25   Dan seluruh rakyat itu menjawab: "Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!"

27:26   Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.

Arti dan Makna

 

1.     Orang Israel diperhadapkan kepada pilihan yang dipimpin Pilatus antara memilih membebaskan Yesus atau Barabas.  Karena  pada moment ini selalu dibebaskan satu orang yang bersalah.

2.     Saat mengadili orang Jahudi, Istri Pilatus membisikkan kepada Pilatus, supaya dirinya tidak mencampuri urusan orang Jahudi.  Sambil menceritakan mimpinya dimana dia sangat ketakutan bertemu dengan Yesus Kristus dalam mimpinya itu.

3.     Orang Jahudi menginginkan agar Barabas yang dibebaskan, walaupun  Pilatus mengatakan tidak melihat apapun kesalahan Yesus Kristus.  Tapi dengan sorak sorai orang Jahudi mengatakan biarkan kami dan anak anak kami yang menanggung kesalahan ini.  Pilatus mencuci tangannya, dan akhirnya mengikuti apa kehendak orang Jahudi dan membebaskan Barabas sekaligus menghukum Yesus Kristus.

CARA  MENGAJARKANNYA

1.     Minta anak anak menjelaskan bagaimana perasannnya setiap kali mengikuti kebaktian. Karena saat kebaktian itu lah perjumpaan dengan Yesus Kristus. Apakah sama dengan penduduk Yesusalem saat menanti dan bertemu dengan Tuhan Yesus. 

2.     Ada dua jenis sorak sorai bangsa Jahudi yang sangat berbeda,  dalam Johanes mereka bersorak  sorai menyambut Yesus.  Dalam Matius mereka bersorak sorai membebaskan Barabas dan menghukum Yesus Kristus.

3.     Anak anak Kristus, tidak bersorak sorai saat menolak Yesus Kristus, tapi bersorak  sorai saat menyambut dan bertemu Yesus kristus.   Anak anak Kristen tidak bersorak sorai saat tidak ada kebaktian, namun bersorak sorai ketika ada kebaktian dan mengikuti kebaktian.  Ini harus diingat seumur hidup. Jadilah orang yang selalu bersukacita saat ada pertemuan dengan Yesus Kristus. 

Tambahan

1.     Sediakan cuplikan video saat Yesus Masuk ke Yerusalem.

2.     Sediakan juga video t adegan saat Pilatus mengadili Yesus dihadapan orang Jahudi

3.     Sediakan  “Video keceriaan saat PIARA” bisa dijadikan contoh dan ditekankan tentang makna keceriaan dan sorak sorai

 

Tks. Pt. Analgin Ginting .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023