Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 13-19 Oktober 2019.


Melihat diri secara positif

Bahan Penelaahan  : Masmur 143 :8-10

Tema. :  Kupakeken Kepentarenndu

Tujuan : Gelah Moria

1.     Meteh maka Ulu kepentaren Daud eme persadaanta tep tep wari ras Tuhan
2.     Jadi Nande si pentar alu mbangun hubungenna tep tep wari ras Tuhan

Metoda :   Sharing Pengalaman


Masmur 143 : 8-10

143:8   Persingeti bangku tep-tep erpagi-pagi kerna keleng ateNdu si tetap, man baNdu saja ngenca aku ernalem. Pertotonku kupenangkih man baNdu, tuduhken man bangku dalan si man dalinenku.
143:9   Kam me inganku cicio, o TUHAN , pulahi min aku i bas imbang-imbangku nari.
143:10 Kam kap Dibatangku, ajari aku ngelakoken peratenNdu. Mehuli min Kam kempak aku, jenari babai aku arah dalan si pinter

Fakta

1.     Masmur 143 adalah gambaran perasaan terdalam dari Sang Penulis yaitu Raja Daud setiap hari saat dia memulai hari hari nya dan seluruh aktivitasnya.

2.     Ketika memerankan peranannya sebagai Raja , Daud memohon kepada TUHAN  supaya dia dilengkapi dan diingatkan untuk selalu membuat KASIH SAYANG Tuhan sebagai Landasan / keputusannya dalam memimpin Rakyat Jahudi

3.     DAUD merasakan secara sangat mendalam bahwa HANYA TUHAN tempatnya berlindung dari segala intrik dan tipu muslihat ari lawan lawan nya. 

4.     Daud menyatakan bahwa HANYA TUHAN yang menjadi ALLAH nya / DIBATA nya , dan memohon keapadaNYA supaya Daud dapat melaksanakan kehendakNYA daam hidupnya.


  Arti Dan Makna.

1.   Hidup adalah pilihan dan pengambilan keputusan.  Setiap hari Moria dan kita semua pasti membuat pilihan dan mengambil keputusan.   Proses mengambil keputusan dilalui dengan  berfikir dengan mengolah semua informasi dan menyatukannya dengan tujuan atau target yang hendak kita buat.  Pilihan atau keputusan yang dibuat, bias tepat atau benar bias juga salah yang mengakibatkan kerugian atau masalah yang lebih besar.

2.   Ada batas kemampuan manusia dalam mempunyai dan mengolah informasi, tidak pernah informasi yang ditubuhkan cuku 100 %.  Pada situasi ini maka wajar jika ada keraguan saat saat megambil keputusan.  Maka berserah kepada TUHAN adalah jalan terbaik tiaa yang lain. Maka Daud dalam pengalamanya selalu bererah kepada TUHAN jika dia harus membuat keputusan untuk rakyatnya dan dirinya sendiri.

3.  Berserah kepada TUHAN artinya, mampu bersikap benar dan menerima apapun hasil keputusan yang sudah dibuat, dan melihat serta percaya bahwa nama TUHAN dimulikan setiap saat sebagai akibat/dampak dari keputusan yang dibuat. 

4.   Moria selalu megambil keputusan untuk Jabunya, untuk persekutuannya dan untuk seluruh aktivitas nya.  Hendaknya seluruh keputusan yang dibuat  Moria, besar ataupun kecil, Moria berserah kepada TUHAN dan memakai kepentaran TUHAN sebagai dasar atau factor utama dalam mengambil keputusan itu.  Kepentaren TUHAN selalu berkaitan dengan rendah hati, kejujuran, kebersamaan, pengorbanan, berbagi, bekerja sama dengan orang lain  serta mengutamakan kemuliaan TUHAN.

5.  Moria harus berani mengambil keputusan, Moria harus berani membuat pilihan pilihan untuk lebih membesarkan TUHAN dan menunjukkan kasih Kasih Sayang.  Misalnya jika bertemu dengan moria dari kuta, tak usah lah dengan memakai TAS Hermes yang berharga Rp 250 juta.  Sederhana lah  
Lukisan Ripka istri Ishak. Kecantikannya dalam kesederhaannya


Pengkenaina.

·       Menyambut  Ulang tahun Moria yang ke 62 ini, diharapkan agar Moria lebih pentar atau lebih bijak dalam memerankan semua aktivitasnya.  Pakailah kepentaren Tuhan dalam membuat semua program dan kegiatan.

·        Lahirkan kebiasaan untuk memulai hari hari dengan berserah kepada TUHAN.  Doa kanlah semua anak anak dan suami saat bangun pagi hari dan berharap penuh kepada TUHAN saja.

·       Milikilah inner beauty (Kecantikan dari dalam diri) yang muncul dari perasaan bersyukur atas apapun yang ada dalam diri.  Kecantikan sesungguhnya tidak ditentukan pakaian atau harga lipstick yang dipakai, tapi oleh jiwa yang bersyukur kepada TUHAN.  Kecantikan sesungguhnya sering sekali terletak dalam kesederhanaan diri. CKR ??   Selamat Ulang tahun Moria kami.

Terima kasih dan mejuah juah kita kerina .

TUhan simasu masu.  
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023