Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Pekan Keluarga 2019, Berngi Pemena (1)



Berngi : 1,  Khotbah Masmur 1 : 1-3

Thema  :  Jabu Si erbuah

Khiotbah Masmur 1 : 1-3

1:1    Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

1:2    tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

1:3    Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.



FAKTA

1.     Masmur mengatakan satu syarat kebahiaan hidup yang paling hakiki dan mendasar, yaitu tidak berjalan menurut/mengikuti nasihat orang fasik, tidak berdiri di jalan orang yang berdosa, tidak duduk dalam kumpulan pencemooh.

2.     Orang yang berbahaian adalah orang yang mempunyai kesukaan terhadap Taurat Tuhan, dan merenugkan siang dan malam

3.     Orang yang suka dan merenungkan Taurat Tuhan adalah  ibarat Pohon yang ditanam ditepi aliran air, yang menghasilkan buah pada musimnya, dan tidak layu daunnya.  Apa saja yang dilakukan oleh orang yang menyukai Taurat Tuhan akan berhasil.

MAKNA

1.      Semua Aktivitas manusia selalu bisa dikategorikan, dalam berjalan, berdiri dan duduk.  Duduk untuk berdiskusi, belajar,  menetapkan sasaran.... setelah itu berdiri untuk siap siap melakukan aktivitas , dan berjalan adalah bertindak, melakukan sesuatu kegiatan.  Hampir semua kegiatan manusia diawali dengan duduk, berdiri dan berjalan.  Dengan siapa seseorang duduk membuat  rencana, dimana dia berdiri siap siap untuk pergi kemana, dan bagaimana dia berjalan dan berlari akan menentukan hasil atau buah yang dia peroleh.

2.     Orang yang berbahagia adalah orang yang tidak merancang kegiatan nya dengan orang orang yang pencemooh, orang yang bersiap siap melakukan kegiatan dengan orang berdosa dan yang tidak bertindang dengan orang orang fasik.    Hati hati lah dengan rancangan, dengan persiapan dan tempat dimana melakukan kegiatan serta bagaimana melakukan kegiatan.  Ada cara benar dan cara salah untuk mendapatkan rejeki.  Ada cara benar dan cara salah untuk mecapatkan pekerjaan anak anak kita.  Ada yang menyogok disana sini, bahkan ada yang pergi ke guru sibaso jika ada sura suranya.  TAPI ORANG BENAR hanya mencari pekerjaan berdasarkan doa, persiapan/belajar dan spenuhnya berserah kepada TUHAN.

3.     Lebih dari itu orang yang paling berbahagia terlihat dari apa yang dilakukan paling panyak alam hidupnya.. Bagaimana seseorang menginvestasikan waktunya akan sangat menentukan apa yang dia hasilkan dalam hidupya.  Seorang yang ingin berhasil dalm pertanian jagung misalnya, harus bersedia menyediakan waktunya minimal 2 -4 jam setiap hari berdiskusi tentang jagung, dalam seluruh kegiatannya.

4.     Keberhasilan keluarga, atau buah buah sukses dari keluarga juga sangat ditentukan oleh apa yang paling banyak dia lakukan di dalam keluarga.  Keluarga yang er kade kade akan sukses erkade kade.  Keluarga yang selalu menyediakan property, waktu, sumber dayanya untuk menopang persekutuan misalnya akan pasti akan diberkati TUHAN.  Sebab jika TUHAN mau meminjam sesuatu dari satu keluarga, maka TUHAN pasti akan bersedia mengembalikannya dengan brkali kali lipat.  TUHAN sangat suka setiap keluarga yang berkomitmen hidup dengan NYA, TUHAN pasti akan menyediakan seluruh kebahagiaan kepada keluarga itu.  Satu kesaksian, anak anak guru guru sekolah hamper semua berhasil dalam hidupnya, anak anak Daken, pertua, pendeta, pengeurus kategorial pasti akan berhasil dalm hidupnya dan mendapatkan wibawa dan kinihagaan sebagai keluarga.

PENGKENAINA

·        Hati hati lah apa yang kam rencanakan, hati hati lah dimana dan cara apa yang kam lalukan untuk mendapat kan sesuatu, hati hatilah dengan siapa kam bekerja sama.

·        SEdiakan waktu yang paling banyak, bukan sisa sisa waktu untuk membaca FIRMAN TUHAN dan mengikuti kegiatan kegiatanpersekutuan dan ibadah.  TUHAN pasti memperhatikan setiap tetes keringatndu bersama DIA.  Tuhan akan mengubah setiap tetes keringat menjadi butir butir mutiara kebahagiaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023