Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 3 .

Gambar
  Thema : Kekelengen Teridah Arah Perbahanen Nas : 1 Johanes 3 : 11 -18 Nas Renungen  Mula-mulana nari kin nggo ibegindu berita enda, e me kita arus sikeleng-kelengen. Ula bagi Kain si jadi anak Iblis, agina pe ibunuhna. Ngkai kin maka ibunuh Kain agina? E me erkiteken kai si ibahan Kain salah, janah kai si ibahan agina, rikutken si ngena ate Dibata. Jadi ula mamang atendu o senina-senina, adi nembeh ate bangsa doni enda man bandu. Sieteh kap maka nggo sitadingken kematen janah lawes kita ku kegeluhen; si enda sieteh perbahan keleng ateta seninanta. Kalak si la erkeleng ate, tandana ia tetap denga i teruh kuasa kematen. Kalak si nembah atena seninana, pemunuh kap. Janah ietehndu maka kalak pemunuh la lit i bas ia kegeluhen si tuhu-tuhu si la erkeri-kerin. Arah enda me sieteh kekelengen e: Kristus nggo ngendesken GeluhNa man gunanta. Emaka kita pe arus ngendesken geluhta guna seninanta. Adi lit sekalak bayak idahna seninana kekurangen, tapi la atena mekuah man seninana e, uga banci kala

Pekan Keluarga 2019 Berngi Pepituken ( 7)



Thema  :  Jabu Singaloken Hak Istimewa

Khotbah Roma 1 : 1-7

1:1       Surat enda rehna i bas aku nari, Paulus. Aku me suruh-suruhen Kristus Jesus, rasul si enggo ipilih dingen iserapken Dibata guna meritaken Berita Si Meriah si reh i bas Dibata nari.

1:2       Berita Si Meriah e ipadanken Dibata nai-nai arah nabi-nabiNa janah enggo isuratken i bas Pustaka Si Badia.

1:3       Berita e kerna AnakNa, Tuhanta Jesus Kristus: Ia manusia, Ia tubuh arah kesusuren Daud.

1:4       Janah erkiteken Kesah Si Badia tangkas maka Ia Anak Dibata si erkuasa. Enda teridah arah kekekenNa i bas si mate nari.

1:5       Arah Ia, dingen i bas gelarNa me Dibata mereken hak istimewa man kami, gelah ibabai kami kerina bangsa maka tek dingen erkemalangen man Kristus.

1:6        Ikut pe kam kerina si ringan i Roma, si enggo ipilih Dibata jadi sikerajangen Jesus Kristus.

1:7        E maka o kam kerina si ringan i Roma si ikelengi Dibata dingen si enggo ipilihNa jadi anak-anakNa: Dibata Bapanta ras Tuhan Jesus Kristuslah mereken lias ateNa man bandu janah malem atendu ibahanNa.



 FAKTA

1.    Kitab Roma adalah kitab pegajaran pertama yang ditulis oleh Rasul Paulus untuk menguatkan Iman jemaat terutama jemaat yang mengalami penderitaan yang teramat besar seperti di Roma.

2.     Kita ini ditulis dengan bahasa budaya dan teologi yag sangat tinggi, namun pnuh dengan kesopanan dan penghormatan kepada Umat Kristiani di Roma.

3.     Paulus menjelaskan dengan kronologi yang sederhana dan jelas tentang Tuha Yesus, Tantangan yang dihadapi jemaat, serta hadiah yang kelak akan diberikan Tuhan Yesus kepada jemaatnya.

4.     Pada bagian awal Paulus memperkenalkan dirinya, misinya serta semua yang penjelasan mengenai siapakah TUHAN yang dipuji dan disembah oleh semua orang yang sudah peercaya.  Paulus adalah Rasul.

5.     Tugas Paulus adalah memberitakan Kabar Baik, atau Berita simeriah.  Dan Berita Baik itu berpusat dalam TUHAN YESUS.

6.     TUhan Yesus lahir sebagai keturunan Daud, sebagaimana sudah dituliskan oleh Nabi Nabi sejak dulu kala. 

7.     Paulus berkata di dalam Yesus dan melalui Yesus, Allah Bapa sudah memberikan hak istimewa kepada dirinya, dan kepada seluruh orang percaya, termasuk kepada Jemaat di Roma yang sedang mengalami penyiksaaan yang luar biasa.

8.     Apa itu Hak istimewa?  Hak Istimewa itu adalah hak untuk dibangkitkan bersama dengan Yesus Kristus, bangkit dari kematian.

MAKNA

1.   Akan selalu ada siksaan dan pederitaan yang dialami oleh anak anak TUHAN , penderitaan dan siksaan yang muncul karena para penguasa atau penyiksa yang tidak mengenal manusia, dan tidak mengenal Kabar Baik yag datang dari TUHAN YESUS. . 
2.     TUHAN YESUS adalah pusat pemberitaan nabi nabi yang kelak akan membawa kebahagiaan dan kemenangan kepada manusia. TUhan YESUS di dalam misinya  membawa khabar baik menyelamatkan manusia mengalami banyak penolakan, siksaan an penganiayaan sampai kepada kematianNYA.  Namun DIA dibangkitkan oleh ALLAH BAPA melalui ROH KUDUS.

3.     Kepada Paulus dan kepada semua orang percaya sudah diberikan HAK ISTIMEWA yaitu dibagkitkan bersama YESUS KRISTUS.

4.     Jemaat di Roma dan jemaat di seluruh jaman dan segala tempat sudah mendapat hak istimewa secara gratis dan Cuma Cuma dari Yesus Kristus, sehingga dengan demikian kebahagiaan hidup dan kemalemen ate akan dilimpahkan Tuhan kita Yesus Kristus.

5.     Bagian paling ujung kehidupan manusia yang percaya dan menerima TUHAN YESUS dalam hidupnya adalah sebuah kemenangan, sebuah kebangkitan dari kematian dan merupakan kemenangan paling agung yang didapatkan manusia atas pemberian Cuma Cuma dari TUHAN.  Dengan demikian, seandainyapun sepanjang hidup mengalamani siksaa dan penderitaan, maka itu tidak bisa dibandingkan dengan kemenangan di dalam Kebangkitan itu.

6.     Penderitaan dan siksaan paling besar yang bisa dilakukan oleh pihak lain  bahkan sekalipun dibunuh maka itu semua hanya upaya pemercepat kebangkitan yang akan dihadiahkan oleh TUHAN YANG MAHA BAIK,  Jadi kai nari kebiarennta kerina



PENGKENAINA

·       Sadarilah dan syukuri lah seiap saat  akan hak istimewa yang sudah diberikan oleh TUHAN kita itu. Jadi semua perbuatan baik yang bisa dilakukan manusia bukanlah syarat mendapatkan hak istiewa itu, namun semua kebaikan dan kebenaran manusia (wright)  hanya RESPON manusiawi yang bisa dilakkan oleh manusia.

·       Ajarlah dan ingatkan semua anggota keluarga kita untuk senantiansa mengucap syukur dalam hidup nya.  Pendidikan keluarga lah yang paling bagus untuk menanamkan iman dan karakter anak anak kita, maka marilah kita jadikan keluarga kita menjadi tanah paling subur untuk menanan iman dan keyakinan anak anak kita kepada TUHAN YESUS kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023