Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
  Thema : Ersada Ukur Ibas Pertoton Nas : 1 Petrus 3 :  8 - 12  Nas Renungen  1 Petrus 3:8-12 (KARO)  Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam bagi ersenina, dingen mesayang janah meteruk min ukurndu sekalak nandangi si debanna. Ula balas perbahanen si jahat alu si jahat, ntah sumpah alu sumpah. Tapi balaslah alu pasu-pasu, sabap pasu-pasu me si ipadanken Dibata IberekenNa man bandu, asum kam IdiloNa. Bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Kalak si mesikel nggeluh cawir metua dingen senang, la banci melasken si jahat, bage pe la banci erbual. Arus jera ia i bas perbahanen-perbahanen si jahat nari, jenari ibahannalah si mehuli; arus idaramina tuhu-tuhu perdamen alu bulat ukur. Sabap Tuhan tetap natap kempak kalak bujur, janah tetap IbegikenNa pertotonna; tapi IlawanNa kalak si ndalanken perbahanen si jahat." Fakta dan Makna  1. Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam ba

Catatan Tambahan PA Mamre Tanggal 13 – 19 Oktober 2019

HUT Moria

Thema     :   Ku Kelengi Ndeharaku

Tujuan     :   Gelah Mamre

1.    Meteh maka ndehara e me diri perbulangen  

2.    Ngasup Engkelengi ndehara

Efesus 5 : 25 – 29  

5:25   Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
5:26   untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
5:27   supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
5:28   Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
5:29   Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat

Fakta

1.                  Kalau kita renungkan kembali, maka pengajaran Paulus terhadap jemaat Efesus tentang hubungan dan keterhubungan antara laki laki dan perempuan  dalam ikatan suami istri, sangat hebat, tinggi, mulia bahkan sacral. 

2.                 Paulus megatakan hubungan suami dengan istrinya,  sejajar/sama derajat/sama sucinya dengan hubungan Yesus Kristus dengan jemaatNYA.

3.                Yesus pun menempatkan kedudukan jemaat di depannya dalam kedudukan yang cemerlang, anggun dan agung, tanpa cacat dan cela, tanpa kerut, supaya jemaat itu Kudus dan tanpa cela sama sekali.

4.                 Suami dan istri pun terikat abadi dalam hubungan KASIH .  Suami melihat dan memperlakukan istri seperti dirinya sendiri.  Tidak ada batas, tidak ada sekat sekat, sehigga suami dan istri dipersatukan oleh satu satunya yang abadi yaitu Kasih.   Selamanya akan kekal, kasih Kristus kepada jemaat kekal lagi pun demikian kasih suami kepada istri Kekal.



Arti Dan Makna.

1.                 Tidak ada yang lebih indah dan mendebarkan selain hubungan suami dan istri.  Harta,  pangkat, kekayaan, kedudukan, kecantikan dan ketampanan, dan semua aksesorisnya,  tidak bbisa disamakan dengan Hubungan Kristus dengan jemaat.  Hanya Suami ke istri, dan istri ke suami yang derajatnya sama dengan hubungan Kristus dengan jemaatnya.

2.                 Kristus mengasihi jemaatNYA, dan selalu dikatakanNYA dan dilakukan NYA perbuatan untuk mengasihi jemaatNYA.  Suami yang mengasihi Istri pun perlu selalu mengatakan nya, dan melakukannya.  Tidak perlu selalu memberikan barang atau benda benda, namun suami harus memperlakukan istrinya dalam tatanan hubungan yang sangat terhormat.  JIka Presiden  Jokowi dikunjungi oleh Presiden Amerika Serikat, maka sudah pasti perlakuan JOkowi sangat sangat serius, berkelas terhormat kepada Presiden Amerika Serikat.  Tapi perlakukan itu masih kalah dengan perlakuan Pak Jokowi kepada Ibu Iriana sang istri terkasih yag sangat sederhana dan anggun.

3.                 Suami hanya punya satu istri. Selamanya dan seterusnya, jika ada istri kedua, ketiga, keempat, atau kesembilan maka mereka itu adalah Wanita lain, atau orang lain. Bukan istri.  Kalau istri pun punya suami lebih dari satu, maka itu hanya orang lain atau laki laki lain. Satu suami dan satu istri. Satu istri dan satu suami.

4.                 Hubungan suami istri KUDUS, sama seperti hubungan Kristus dan jemaat NYA kudus.    Menikmati dan menghayati serta mempraktekkan Hubungan Kasih dan Kudus suami istri adalah alat untuk merasakan dan memahami kekudusan hubungan kita jemaat/manusia dengan KRISTUS TUHAN kita.

5.                 Diperlukan kreativitas dan inovasi dalam memperindah hubungan  Jemaat dan Kristus.  Diperlukan juga kreativitas dan inovasi dalam menjaga dan memperkaya serta memperdalam hubungan suami dan istri.

6.                 Jemaat yang berontak dan menghianat kepada Kristus yang maha pengasih sama dengan perceraian antara suami dan istrinya.  Perlu salaing menjaga dalam ikatan kasih abadi.

7.                 Aktif di MOria bagi istri dan Mamre bagi suami, adalah cara TUHAN memberkati dan memperindah hubungan suami dan istri.  Maka dengan itu, jangan lah pernah meninggalkan PA Mamre dan seluruh pelayanan Mamre.  Jangan lah pernah pula meninggalkan PA Moria dan seluruh kegiatan Moria.  Selamat Ulang tahun Moria GBKP ke 62



Pengkenaina.

·        Kita para Mamre sangat memerlukan dan sangat membutuhkan kemampuan dan kreativitas untuk menjaga dan memperindah kasih setia kita para istri kita.  Selalulah berdoa, dan mengucapkan kalimat dahsyat “ Kukelengi ndeharaku.  Kukukelengi Nande tengah jabuku.

·        Bertekad, berkomitmenlah serta selalu mendoakan istri atau ndehara, supaya setiap hari hubungan suami istri itu segar dan menggairahkan.

·        Harapkan dan doakan kepada Tuhan apa yang kita butuhkan, harapkan dan doakan lah juga apa yang kita inginkan dilakukan istri kita kepada kita semua.

·        Sekali lagi Hidup Moria, selamat ulang tahun ke 62.  Tuhan selalu memberkati.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023