Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ GBKP 9-15 Mei 2021.

 PEHAGALAH KRISTUS SELAKU TUHAN

1 Petrus 3:14-22

(Passion, Jumat Agung, Paskah, Kenangkihen Tuhan Jesus ku surga)

Teks  :  1 Petrus 3 : 14 - 22

3:14         Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.

3:15         Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

3:16         dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.

3:17        Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat.

3:18         Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

3:19        dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,

3:20         yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

3:21         Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan -- maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah -- oleh kebangkitan Yesus Kristus,

3:22         yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Fakta

1.          Sebuah ajaran yang sangat mendalam di berikan oleh Rasul Petrus kepada seluruh orang Kristen dan yang sudah mendapat kasih karunia Yesus Kristus Tuhan kita.  Petrus berkata, penderitaan karena melakukan dan mempraktekkan kebenaran akan berubah menjadi kebahagiaan.  Selanjutnya Petrus mengatakan jangan takut terhadap apa yang mereka takuti, dan jangan gentar dalam kehidupan ini.   Petrus memberi alasaan bahwa jauh lebih baik menderita karena kebenaran kalau itu dikehendaki ALLAH daripada menderita karena berbuat jahat.

2.          Petrus meminta supaya semua orang percaya mengkuduskan Kristus dalam hatinya sebagai TUHAN, terutama pada saat menghadapi penderitaan duniawi.  Orang Kristen juga diminta untuk siap sedia mempertanggungjawabkan pengharapannya kepada TUHAN saat kapan saja ada orang yang meminta pertanggungjawaban itu.   Memberikan pertanggungjawaban ini pun harus dilakukan dengan hormat dan dan Bahasa yang lemah lembut penuh kesopanan.

3.          Petrus lalu menjelaskan bahwa  Yesus Kristus yang sama sekali tidak berdosa telah mati sekali untuk dosa semua manusia.  Ia yang benar untuk orang yang tidak benar, telah dibunuh dalam kemanusiaanNYA supaya kita bisa dibawa mendekati TUHAN ALLAH.  Bahkan sebuah rahasia disampaikan oleh Rasul Petrus dimana saat Yesus mati itu Roh nya berjalan memberitakan berita keselamatan kepada roh roh orang yang sudah mati di jaman Nuh karena ketidaktaatan mereka.  Allah memang penuh kesabaran.

Sumber photo : https://id.pinterest.com/

Makna                                                 

1.          Semua penderitaan dalam kebenaran, kesetiaan, keteguhan menjalankan perintah TUHAN akan berubah menjadi kebahagiaan.  Karena konsitensi menjalankan kebenaran dan kebaikan disukai oleh TUHAN YESUS, dan Yesus akan membela orang benar, dan memberikan kebahagiaan itu kepada mereka.  Seluruh konskwensi dosa manusia sudah ditanggung oleh Yesus Kristus, saat DIA yang benar telah mati untuk orang orang yang tidak benar, yaitu kam semua dan juga saya.

2.          Oleh karena keajaiban dan kemahakuasaan serta kemahapengasihan TUHAN YESUS ini kita semua wajib sekali memuliakan dan mengkuduskan TUHAN YESUS dalam hati kita.  Cara terbaik untuk mengkuduskan YESUS dalam hati adalah memiliki komitmen yang tidak dapat diganggu dan digoda oleh penderitaan sehebat apapun.  Mengkuduskan TUHAN dalam hati adalah mampu mempertahankan menyebut DIA TUHAN dan MENYEMBAHNYA padahal sedang dalam ancaman dan penyiksaaan.  Kemampuan untuk tetap mempermulikan namaNYA dalam situasi itu lah yang dapat disebut mempermuliakan DIA sebagai TUHAN dan JURU SELAMAT.

3.          Yesus Kristus pun tidak berpaling, tidak mundur,tidak menyerah dalam upaya NYA membenarkan kita semua.  Kita bukan orang benar, tapi kita semua orang berdosa, najis dan tidak layak mendekat dan mendatangi ALLAH yang MAHA SUCI.  TUHAN YESUS bersedia MATI dalam kemanusiaanNYA dan dibangkitkan pada hari ketiga, tujuannya supaya kita yang tidak benar ini menjadi benar, kita yang tidak layak ini menjadi layak MENDEKAT kepada TUhan Allah.  Yesus mengalami penderitaan yang teramat sangat saat DIA dengan setia menerima konskwensi itu.  Dia sangat menderita namun akahirnya dibangkitkan.  KItapun akan dibangkitkan oleh YESUS KRISTUS pada masanya nanti, dan kebangkitan bersama Kristus adalah kebahagiaan yang tiada tara.

Sumber Photo : https://christchurchmortdale.org.au/

Pengkenaina

·            Marilah kita semua siaaapp menderita dalam menjalankan kebenaran.  Marilah kita siaap letih, lesu, sakit, tersiksa saat kita mengikuti kegiatan untuk membesarkan dan memuliakan nama TUHAN YESUS .  Penderitaan yang kita alami karena melakukan kebaikan dan kehendak ALLAH niscaya akan diperhitungkan TUHAN kita YESUS KRISTUS

·            Mulai lah secara konsisten memuliakan dan mengkuduskan nama TUHAN ALLAH yang telah mengkuduskan kita sehingga kita layak mendekat kepada TUHAN ALLAH kita.  Minggu passion, jumat agung, paskah sampai kenaikan TUHAN YESUS ke Surga, adalah bukti empiric yang benar benar terjadi dalam kehidupan manusia dan tempat dan waktu untuk TUHAN YESUS menerima dan mengalami siksaan dan penderitaan yang tujuannya Cuma 1, supaya melalui DIA kita dibenarkan dan mendapat kemuliaan dari ALLAH BAPA DI SURGA. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023