Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

MALAM TERAKHIR (Yohanes 13:1-17, 31-35)

 

Yesus mengetahui bahwa saat kematian-Nya telah tiba. Pada saat-saa
t terakhir itulah, Yesus mengungkapkan kasih kepada murid-murid-Nya sepenuhnya. Meskti ia tahu niat jahat Yudas Iskariot yang mengikuti dorongan Iblis untuk mengkhianati-Nya. Yesus menunjukkan bahwa kasih Allah tidak dapat dikalahkan oleh kejahatan manusia. Peristiwa salib mengungkapkan di balik segala derita, bukan berarti Yesus kehilangan kuasa dan kasih-Nya, sebaliknya sebagaimana Ia datang dari Bapa dan kini saatnya kepada Bapa (ayat 1-3).

Secara sangat dramatis dan mengejutkan, Yesus menjadi seperti seorang hamba yang membasuh kaki murid-murid-Nya. Dramatis, sebab inilah tanda kasih yang mendalam; pekerjaan seorang budak diambil-Nya. Bahkan para murid belum pernah membasuh kaki Guru mereka, ataupun di antara mereka sendiri. Mengejutkan, hingga reaksi yang muncul adalah pertanyaan bagi Petrus. "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?" (ayat 6). Dirinya merasa tidak pantas menerima perlakukan Yesus. Tetapi menolak pelayanan Yesus berarti menolak kasih Yesus. Petrus harus belajar karya kasih Tuhan tidak selamanya dapat dipahami, tetapi menerima dengan percaya adalah sikap iman yang benar. Tindakan pembasuhan kaki, yang dipandang rendah dan hina telah dilakukan Yesus justru menjadi gambaran bagaimana Ia akan direndahkan dalam kematian demi keselamatan umat kepunyaan-Nya. Justru dengan jalan inilah memungkinkan bagi kita untuk memperoleh ‘bagian di dalam Dia’ (ayat 8) dan memperolah ‘pembersihan dari dosa (ayat 10), jika kita memberi diri kita dibasuh oleh-Nya.

Dari sikap Yesus membasuh kaki murid-Nya, kita dapat memahami tentang kasih sejati Allah. Pertama, dalam situasi dimuliakan, Yesus justru merendahkan diri sedalam-dalamnya. Seperti pribadi yang sedang mencintai seseorang yang sakit, maka ia akan melayani dan melakukan pekerjaan yang paling rendah dengan penuh sukacita. Masih banyak orang yang merasa terlalu terhormat untuk melakukan hal-hal rendah, ataupun merasa terlalu tinggi untuk melakukan tugas-tugas yang kasar. Tetapi tindakan Yesus membasuh kaki para murid-Nya menunjukkan pribadi Allah yang mulia atas segala sesuatu tetapi mau bertindak rendah bagi manusia yang dikasihi-Nya.

Kedua, kedekatan kepada Allah juga membawa semakin erat kepada manusia. Sekalipun Yesus yang datang dari Allah dan kembali kepada Allah, tidak membuat dirinya jijik terhadap manusia dengan segala perkara duniawinya. Kemuliaan Allah tidak memisahkan Yesus dari manusia. Tindakan pembasuhan kaki oleh Yesus kepada murid-murid-Nya mengajarkan bahwa tidak ada orang lebih dekat dengan sesamanya, daripada orang yang hidup dekat Allah.

Ketiga, Semakin dilukai, semakin mengasihi. Yesus sejatinya sadar bahwa diri-Nya sebentar lagi akan menerima pengkhianatan dari orang terdekatnya. Dan hal yang wajar bila setiap pengkhianatan menimbulkan luka hati dan kebencian. Namun kasih Yesus menampilkan justru semakin besar hingga meluap. Betapa sering dan mudahnya kita menjadi marah terhadap kesalahan dan menjadi benci terhadap orang yang menyakiti kita. Tetapi Yesus mengajarkan menghadapi luka dan pengkhianatan dengan kerendahan hati dan kasih yang begitu besar.

Akhirnya pembasuhan kaki juga menunjukkan bahwa kemuliaan kasih ditampilkan dalam kerendahan hati. Pelayanan adalah sebuah kehormatan dan kemuliaan. Bila dunia menuntut kebesaran diukur dari berapa banyak orang yang melayani kita. Tetapi Yesus menunjukkan kebesaran diukur dari berapa banyak orang kita layani. Sebab itu, para murid Yesus tidak boleh berpikir bahwa melayani merupakan suatu tindakan bernilai rendah, karena Sang Guru pun telah merendahkan diri untuk melayani mereka (ayat 15). Ingat ucapan Yesus seusai membasuh kaki para murid, “Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.” (ayat 17).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023