Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ GBKP 25 April – 1 Mei 2021.

 ERKITEKEN KELENG ATE-NA KITA JADI ANAK-ANAK-NA

Epesus 1:3-6

(Identitas Kalak Si Tek)

Teks  :  Efesus 1 : 3-6  

1:3             Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.

1:4             Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

1:5             Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,

1:6             supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya.

 

Fakta

1.           Pada perikop ini Paulus menekankan bahwa Allah Bapa di dalam Kristus Tuhan kita yang telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga

2.          Sebuah pernyataan yang sangat kaya perenungan dijelaskan oleh Paulus bahwa Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, tujuannya supaya kita kudus dan tak bercacat dihadapan-NYA.

3.          Dalam Kasih Ia telah menetapkan sejak semula oleh YESUS KRISTUS untuk menjadikan kita  anak anakNYA, sesuai dengan kerelaan kehendakNYA

Sumber photo : https://www.gracebc.org/

Makna                                                 

1.          TUhan Allah Bapa yang maha baik sudah memikirkan apa akhirnya kehidupan manusia sebelum Dia menjadikan manusia itu.  Akhir dari kehidupan manusia yang DIA rancang adalah untuk mendapatkan berkat sorgawi yang sangat mulia.  Setelah rancanganNYA jelas lah baru DIA menjadikan manusia itu melalui anakNYA YESUS KRISTUS TUHAN YANG MAHA BAIK dan SUCI.  Siapa kah manusia yang mendapat berkat ROHANI itu ?  Disini Paulus mengatakan semua manusia yang tahu dan percaya kepadaNYA. 

2.          Kehidupan manusia artinya kehidupan semua manusia yang DIA pilih ada di tangan ALLAH BAPA, sejak semula sampai nanti kembali bersama DIA di Sorga kemuliaan.  Bahkan kalau ditanya kapan awalnya manusia itu ditentukan oleh TUHAN untuk menerima berkat berkat ROHANI itu,  Paulus mengatakan  sebelum dunia dijadikan.  Artinya TUHAN sangat serius mempersiapkan anak anakNYA yang akan bersama sama dengan DIA.  Tuhan pasti tahu bahwa apa yang akan terjadi dalam dunia yang DIA ciptakan, makanya DIA sudah antisipasi segala sesuatu. Termasuk mempersiapkan pengorbanan Yesus Kristus di atas kayu salib.  Woow luar biasa sekali perencanaan Tuhan kita.

3.     Bagaimana memahami bahwa Kita Sudah DIpilih Sebelum dijadikan?

a.     Jangan pakai logika kita, tapi pahamilah kemahakuasaan Tuhan.  Bagi Tuhan waktu itu  datar bukan seperti kita di dunia.  Buktinya 2 Petrus 3 : 8 à Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. Bisa dikatakan bahwa dihadapan Tuhan, penciptaan itu baru beberapa hariyang lalu. 

b.     Logika ada batasnya, seluruh pengetahuan ada masanya, artinya logika itu tidak sempurna. Memahami TUHAN tidak cukup dengan logika, tidak pas, tidak tepat.  Pahamilah TUHAN dengan yang paling besar yaitu KASIH. KASIH itu tidak ada batasnya.  Jadi mengapa manusia sudah ditetapkan sejak dunia belum dijadikan, jawabnya karena TUHAN sangat mengasihi manusia itu.  Termasuk kam dan aku ras kita kerina.  

Pengkenaina

·            Tuhan sudah memilih kam, aku ras kita kerina dalam sebuah proses pemilihan yang sangat sempurna.  Tidak main main, tidak tanggung tanggung, tidak asal asalan. Bahkan sebelum DIA memilih,  Tuhan sudah menentukan apa hasil pilihanNYA, yaitu untuk mendapatkan berkat berkat sorgawi yang telah DIA sediakan. Meherga kal pilihan TUhan nandangi kam ras aku begepe kita kerina.   Jadi kalau ditanya berapa harga pilihan TUHAN itu, mungkin tidak ada yang bisa menentukan, tidak bisa dikatakan 1 Triliun, atau 1000 Triliun.  Jadi bayangkan, TUHAN sudah berinvestasi dalam keselamatan kita dengan harga yang sangat besar, masa kita bandingkan dengan kollekte atau persembahan kita ? Tak bisa lah.

·             Jadi sebagai manusia yang sudah dipilih untuk diselamatkan dan mendapatkan berkat ROHANI, maka hidup di dunia ini adalah sebuah keberuntungan sampai nanti kita mengakhiri kehidupan kita.  Jadi marilah kita isi kehidupan kita dengan hal hal yang berharga, dengan ukuran yang sama seperti Yesus Kristus sudah memilih kita yaitu Kasih.  Hidup yang berharga dan bernilai itu adalah hidup yang mempraktekkan kasih atau kekelengen.  Hidup yang murahan adalah hidup yang hanya memikirkan keduniawian saja.  Apakah berharga hidup ndu atau tidak, sangat ditentukan oleh KASIH yang kam praktekkan dari hari ke hari. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina

Pt. Analgin Ginting

Komentar

MATIUS PURBA, S.PD mengatakan…
Bujur Kalimbubu,... Tetap semangat
Analgin Ginting mengatakan…
Siaaappp impalku, Purba mergana. GBU

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023