Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah Minggu Paskah1, 4 April 2021


 

Minggu Paskah 1

 Warna Stola Mbentar

KUASA KEKEKEN JESUS KRISTUS

 

Invocatio

Ketuahen kalak si ikut i bas kekeken si pemena e sabap ia enggo iserapken jadi anak-anak Dibata. Kematen si peduaken lanai erkuasa nandangi ia. Ia me pagi jadi imam-imam Dibata ras Kristus. Ras Kristus kalak enda erkuasa i bas si seribu tahun e (Ketangkasen 20 : 6)

Ogen

Johanes 20 : 1 – 10   (Responsoria)  

Khotbah

Markus 16 : 9 – 18    (Antiponal )

Thema

KUASA KEKEKEN JESUS

 

 

Khotbah :  Markus 16 : 9 – 18

 

          

16:9   [Diberu-diberu ndai lawes ndahi Petrus ras teman-temanna. Alu gendek iturikenna kerina kai si enggo ikataken anak perana ndai man bana. Tapi kenca si e, Jesus jine nenahken Berita Si Badia si tetap nggeluh, kerna keterkelinen si rasa lalap e. Si enda ibahanNa erkelangkelangken ajar-ajarNa i Timur nari seh ku Barat.] [Asum wari Minggu erpagi-pagi, kenca Jesus keke ibas si mate nari, man Maria Magdalena lebe icidahkenNa baNa. Maria Magdalena enda me si pernah ipelawes Jesus pitu setan ibas ia nari.

16:10 E maka lawes Maria Magdalena meritakenca man teman-teman Jesus. Kalak enda ndai kerina sangana erceda ate dingen tangis.

16:11 E maka la ia tek sanga iberitaken Maria Magdalena maka Jesus e enggo nggeluh mulihi dingen enggo pe idahna.

16:12 Jenari Jesus ncidahken diriNa ibas rupa si la bagi biasa man dua kalak ajar-ajarNa. Ajar-ajar e sangana ibas perdalanen ku bas sada kuta.

16:13 E maka mulihken ajar-ajar si dua e, iberitakenna man teman-temanna si deban, tapi teman-temanna e la tek.

16:14 Dungna Jesus ncidahken baNa man ajar-ajar si sepuluh sada kalak, asum ia paksa man kerina. Ipandang Jesus ia kerina sabap la lit kinitekenna dingen mersik ukurna. La ia tek nandangi kalak si enggo ngidah Jesus nggeluh mulihi;

16:15 jenari nina Jesus man ajar-ajarNa, "Laweslah, siari doni enda jenari beritaken Berita Si Meriah man kerina manusia.

16:16 Ise si tek dingen iperidiken terkelin kap pagi. Tapi ise si la tek ia pagi iukum.

16:17 Kalak si tek lit pagi tandana e me: Ipelawesna setan-setan ibas gelarKu, ngerana ia ibas cakap si mbaru e.

16:18 Adi icikepna nipe ntah inemna racun labo kaden pe ia. Itamakenna tanna ku babo kalak sakit, malem penakit e.

 

Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras mejuah juah senina ras turang ibas kekelengen Tuhan ta Yesus Kristus.  Selamat hari minggu, selamat paskah man banta kerina.  

 

Senina ras turang ibas kekelengen Tuhan Yesus Kristus,

Pernah nge kam rukur, selama kam nggeluh hadiah kai nge si mbelinna, si hebatna, si mehagana, si mahal na, si ergunana si atendu idatndu ?

 

Janah bandi nge idatndu hadiah e ?

 

Tapi uga banci kan ndatken hadiah si super duper e adi labo pernah kam rukur kern si e?

 

Ibas wari Paskah enda, mari siukurken ras ras, hadiah si paling hebat ras spektakuler sibanci si datken kerina.  Kerina kita sada pe la erndobahen.  Em inti khobahta bas Paskah enda,  HADIAH SUPER SPEKTAKULER.   

 

Fakta

 

Perikop ini menceritakan bagaimana situasi keberadaan murid murid setelah Jesus bangkit dari kematian.

1.     Dalam perikop ini dijelaskan bahwa setelah Jesus bangkit maka pertama sekali DIA menunjukkan diriNYA sudah bangkit kepada Maria Magdalena, perempuan yang dulu pernah diusir setan dari tubuhnya oleh Jesus Kristus.   Lalu Maria Magdelena menjumpai  murid murid yang lain dan menceritakan bahwa Jesus sudah bangkit.  Namun murid murid yang saat itu berkumpul dan masih menangis atas kematian guru mereka, tidak percaya atas penuturan dari Maria Magdelena.

2.     Perikop ini juga menjelaskan bahwa Jesus yang sudah bangkit menunjukkan diriNYA kepada 2 orang murid yang sedang berjalan ke satu kampung.  Lalu mereka pun menceritakan bahwa Jesus sudah bangkit dan  mereka sendiri  sudah berjumpa.  Lalu 2 orang murid inipun menceritakan bahwa Jesus sudah bangkit kepada murid murid yang lain, dan tetap mereka tidak percaya.

3.     Lalu Yesus sendiri menunjukkan diriNYA kepada murid yang 11 orang, saat mereka makan bersama. Dan pada saat itulah Yesus mengingatkan mereka bahkan mencela mereka semua atas ketidak percayaan dan kedegilan hati.  Dan pada saat itu juga lah Tuhan Jesus  memberikan perintah dan kuasa yang menyertai semua orang percaya kepada Kebangkitan  Yesus Kristus.

4.     Yesus pun bersabda kepada Murid Murid yang 11 orang : "Laweslah, siari doni enda jenari beritaken Berita Si Meriah man kerina manusia. Yesus juga mengatakan bahwa akibat pemberitaan mereka maka :

a.      Ise si tek dingen iperidiken terkelin kap pagi. Tapi ise si la tek ia pagi iukum.

b.     Kalak si tek lit pagi tandana e me: Ipelawesna setan-setan ibas gelarKu, ngerana ia ibas cakap si mbaru e.

c.      Adi icikepna nipe ntah inemna racun labo kaden pe ia.

d.     Itamakenna tanna ku babo kalak sakit, malem penakit e

 

Sumber Photo : https://alkitab.sabda.org/

Makna

1.     Menarik sekali untuk memaknai perikop ini dan mencari rahasia teologis dari kejadian yang diceritakan.  Ada situasi psikologis yang bisa mendominasi pemikiran dan perasaan dan system percaya murid murid sehingga mereka tidak percaya tentang kebangkitan Jesus.  Meskipun dua pihak saksi mata, Maria Magdalena dan dua orang murid yang menceritakan tentang kebangkitan Jesus, maka tetap saja murid murid yang selama 3 tahun full bersama dengan Jesus tidak percaya bahwa Dia sudah bangkit.   Sehingga Jesus sendiri pun mencela dan mengkritik murid murid ini atas ketidak percayaan mereka.  Barulah saat itu, saat Jesus sendiri yang menampakkan diriNYA baru mereka percaya semua. Kepercayaan akan Jesus yang sudah bangkit akan semakin kuat saat manusia berjumpa dengan Jesus.

2.     Jesus yang sudah Bangkit masih bisa berada di dunia. Artinya tubuh baru Jesus yang sudah bangkit, bisa berada dalam dunia manusia  4 dimensi sebelum Dia naik ke Surga. Namun memang mata manusia biasa tidak bisa membedakan  atau melihat tubuh baru Jesus yang sudah bangkit tersebut, kecuali JESUS SENDIRI YANG BERKENAN MENUNJUKKAN DIRINYA. Perlu kah kita melihat tubuh yang sudah bangkit itu dulu baru kita percaya bahwa Jesus sudah bangkit? (Inilah pemikiran Thomas)  Namun Jesus sendiri berkata bahwa Berbahagia lah orang yang percaya kepada Tuhan Jesus sekalipun dia tidak melihat. Artinya Jesus bisa menumbuhkan iman dalam diri orang orang yang tidak melihatNYA, asal memohon itu kepada Tuhan Jesus.

3.     Tugas murid murid sudah dijelaskan oleh Tuhan Jesus, bahwa perlu menyiarkan dan menyampaikan berita kebangkitan Jesus ini kepada semua orang di dunia.  Siari artinya datangi semua sudut sudut dunia dan beritakan tentang Jesus yang penuh kasih, dan menderita untuk menanggung dosa manusia mati dan dibangkitkan pada hari yang ketiga.  

4.     Lalu Jesus mencerritakan respon orang/manusia  terhadap penyiaran mereka ini.  Ise si tek dingen iperidiken.  Siapa yang percaya dan mau dibaptis akan abadi, (terkelin)  bersama Tuhan Yesus.  Namun siapa yang tidak percaya / ise si la tek akan dihukum. Jelas sekali bahwa baptisan dasarnya kepercayaan.  Siapa yang percaya dan dibaptis.  Tidak ada yang dibaptis namun tidak percaya.  Tidak logis.  Makanya Jesus menekankan bahwa yang dihukum adalah orang yang tidak percaya.  

5.     Lalu Jesus TUhan pun menyampaikan pengalaman yang akan dialami oleh semua orang  yang percaya kepaa Tuhan Yesus, bahwa mereka punya kuasa untuk mengusir setan setan, dan bercakap cakap dalam Bahasa yang baru.  Sekalipun memegang ular berbisa atau terminum racun maka dia tidak kena apa apa (Paulus bahkan pernah dipagut ular super berbisa dan tidak kena apa apa). Dan ketika dia menumpangkan tangannya atas orang sakit maka sembuhlah orang sakit itu.  Atinya ada bagian Tuhan Yesus di dalam semua orang percaya. Ada ROH Tuhan Yesus yang seketika ada dalam diri orang percaya.  Dan ini berlaku kepada semua orang, siapapun bisa percaya kepada Tuhan Yesus asal dia mencari dan terus mencari dan bermohon  langsung kepada Tuhan Yesus, dan seketika Yesus TUhan dan Roh Kudus akan memenuhi dirinya. Haleluya.

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.     Yesus itu sudah bangkit dari kematian. Yesus sudah mengalahkan kematian.  Pada awalnya murid murid tidak percaya akan hal ini, namun berikutnya percaya setelah Tuhan Yesus sendiri dating langsung kepada mereka.   Kam sudah percayakah, benar benar sudah percayakah bahwa Yesus Kristus sudah bankit? Mari kita jujur kepada diri kita

2.     Apa beda orang yang sudah percaya dengan orang belum percaya ? Jelas ada bedanya. Dalam diri orang percaya akan tumbuh kesadaran dan dorongan untuk memberitakan Tuhan Jesus, kepada semua orang yang ada dalam kehidupan ini. Kepastian bahwa seseorang yang percaya akan kebangkitan Tuhan Yesus akan membuat dirinya berbeda dalam melaksanakan tugas tugas pelayanannya. KUasa Tuhan Yesus akan  ada dan terlihat dalam semua pelayanannya,  sebab Tuhan Yesus sendiri sudah mengatakan itu.

3.     Ada Kuasa dalam kebangkitan Tuhan Yesus yang menyebar kepada semua orang yang percaya akan kebangkitan Tuhan Yesus itu.  Kalahiran Tuhan Yesus adalah bentuk imanensi Tuhan, Tuhan yang datang sebagai manusia. Sedangkan kebangitan Yesus adalah manusia yang mempunyai kuasa TUHAN. Dalam diri Yesus ada dua informasi yang sangat penting (1) Tuhan itu sudah menjadi manusia untuk menolong dan menyelamatkan manusia (2) Manusia Yesus itu sudah bangkit dari kematian sehingga manusia itu sudah mempunyai standard Tuhan dan mempunyai kuasa Tuhan yang abadi.   Wooooow.  Manusia yang sudah diselamatkan itu sudah mempunyai kuasa Ketuhanan sekalipun dia masih di dunia.

Sumber Photo : https://freedtofly.me/

 Respon (Perenungan lebih dalam ). 

1.      Tuhan Yesus sudah bangkit, dan jika kam percaya maka kam mendapat kuasa kebangkitan itu. Percayakah kam bahwa dalam dirindu ada Kuasa kebangkitan Jesus Kristus Tuhan kita ?

2.      Apakan kam akan membuat hidupndu lebih efektif lagi dengan Kuasa Kebangkitan yang sudah diberikan kepadandu ?

 

Power Statement

 

Dalam Kisah Para Rasul 28 : 3-5,  Paulus digigit ular berbisa dihadapan orang banyak. Dan orang banyak berfikir dan yakin dalam hitungan menit Paulus akan mati.  Namun Tuhan memenuhi janjiNYA dan membuktikan perkataanNYA dalam perikop khotbah kita ini.  


Selanjutnya kita menanti kisah kisah hidupndu semua untuk membuktikan kebenaran Firman Tuhan dalam Markus 16 : 9 – 16 ini.

 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023