Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ GBKP 28 Maret – 2 April 2021.

 

TEPTEP WARI ERBERITA

Masmur 19:1-9

 (Perayaan HUT Kategorial)

Teks  :  Masmur 19 : 1 – 9

19:1          Masmur Daud.

19:2          Langit encidahken kemulian Dibata, awang-awang erberita kerna perbahanenNa.

19:3          Tep-tep wari erberita kempak wari si pagina, tep-tep berngi nuri-nuri man berngi si pagina ka.

19:4          La lit si ngerana ntah melasken kata, la lit sora si terbegi.

19:5          Tapi sorana erdengung i belang-belang doni enda, terbegi seh ku tampuk doni. Ibahan Dibata rumah i langit man ingan matawari,

19:6          erpagi-pagi pultak matawari desken dilaki si mbaru empo luar bas bilik nari, bali ras si mbisa erlumba alu dem keriahen.

19:7          Erdalan ia i bas ujung langit nari, terus ku ujungna si deban ikeparina. Kai pe la banci cebuni i bas las sinalsalna nari.

19:8          Undang-undang TUHAN e serta kap, ia mereken gegeh si mbaru. Perentah TUHAN terteki tuhu, mereken pengertin man kalak si kurang pentar.

19:9            Undang-undang TUHAN benar kap, e maka kalak si ngikutkenca meriah tetap. Perentah TUHAN benar kap, mereken pengertin ku bas perukuren.

Fakta

1.            Daud menuliskan Masmur 19 ini untuk menceritakan bahwa Tuhan bercerita dengan segala ciptaanNYA.   Daud membawa kita untuk menikmati kebenaran yang sangat hakiki, karena TUHAN itu terlihat hidup dalam benda benda alam/mati yang DIA ciptakan.  Langit menunjukkan kemuliaan ALLAH BAPA dan awan awan berceria tentang semua perbuatan (baik) Tuhan.

2.            Dengan pemilihan gaya bahasa yang lebih puitis Pemasmur menjelaskan bagaimana hari (siang) bercerita kepada hari berikutnya dan malam bercerita kepada malam berikutnya, tak pernah putus. Selalu ada yang diceritakan.  Bahkan matahari pun diceritakan ibarat laki laki muda yang gagah perkasa baru keluar dari biliknya. Lalu diceritakan apa yang dilakukan matahari dalam personifikasi laki laki muda.

3.            Perjalanan Matahari yang bergerak ke seluruh penjuru alam semesta diagambarkan sebagai keadilan Tuhan yang merata dan perkataan NYA benar tidak ada yang tersembunyi.  Undang Undang Tuhan benar dan memberi semangat, serta memberikan pengetian kepada orang yang kurang pentar.  Undang undang Tuhan Benar dan Perentah Tuhan pun Benar, memberikan semangat dan pengertian kepada siapapun.

Sumber https://dailyverses.net/oto : 

Makna                                                 

1.            Tuhan selalu hadir dalam kehidupan manusia yang mau melihat, dan memengerti semua perkatanNYA.  Tuhan bercerita dari hari ke hari tak pernah putus. Melalui langit, melalui awan, melalui matahari Tuhan menunjukkan eksitensi agungnya kepada manusia.  Maka dengarlah suara Tuhan dari alam dan lihat lah DIA dalam segala sesuatu yang DIA ciptakan.

2.            Alam itu bergerak dan beroperasi dalam hukum alam yang sangat teratur, konsisten dan benar apa adanya.  Matahari bergerak menerangi seluruh alam dengan adil, dengan jatidirinya yang adil, jujur. Demikianlah Tuhan memberikan perentahnya secara konsisten, benar, merata dan penuh kasih sayang. Itulah sebabNYA Tuhan memberikan semangat,  optimisme dan pengertian kepada semua manusia melalui alam semesta ciptaanNYA.

3.            Jika awan, langit dan matahari saja yang tidak punya mulut bisa berbicara tentang kemuliaan Tuhan, maka manusia tentu saja lebih sempurna dan lebih mudah menceritakan itu.  Hanya matahari tidak punya pikiran untuk menolak melakukannya, sedangkan manusia punya pikiran dan kemampuan untuk menolaknya.  

Pengkenaina

·              Seluruh Ciptaan Tuhan membawa berita tentang kasih sayang dan keagungan Tuhan, maka sebagai manusia yang sadar sebagai ciptaan Tuhan kita pun harus membawa khabar atau memberitakan tentang kasih sayang dan keagungan Tuhan setiap saat, setiap hari, setiap malam.  Dari hari ke hari dan dari malam ke malam.   

·              Kategorial adalah makhluk ciptaan Tuhan yang secara organis dididirikan dalam Gereja GBKP.  Jadi kategorial pun harus mampu menunjukkan dan memberitakan kebesaran Tuhan, Kasih Sayang Tuhan, dan Kemuliaan serta keagungan Tuhan.  Kategorial harus selalu mampu berprilaku benar untuk membangkitkan semangat serta pengertian setiap orang.    Amin.     

Bujur ras mejuah juah kita kerlajar rina

Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023