Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah Minggu 21 Maret 2021

 Minggu Passion VI/Judika à Cidahken Kerajangku Bujur o Jahwe

 

 Warna Stola Ungu   

 

Invocatio

Markus 14 : 36  

Ogen

Jeremia 31 : 31 – 34 (tunggal)  

Khotbah

Heber  5 : 5 - 10 (tunggal)

Thema

“Jesus PatuhNdalani KiniseranNa ”

 

 

Khotbah :  Heber  5 : 5 - 10

 

 

5:5      Bage me pe Kristus, labo Ia milih diriNa guna ipehaga jadi Imam si Mbelin. Tapi Dibata ngataken man baNa, "Kam me AnakKu; i bas wari enda Aku enggo jadi BapaNdu."

5:6       I bas bagin si deban i bas Pustaka Si Badia ikataken Dibata ka pe, "Jadi Imam me Kam rasa lalap, rikutken golongen Imam Malkisedek."

5:7       Paksa Jesus nggeluh i doni enda, ertoto Ia mindo alu serko ras iluh mambur man Dibata si ngasup nelamatken Ia i bas kematen nari. Erkiteken ipeteruk Jesus diriNa dingen erpengendes man Dibata, ibegiken Dibata pemindonNa.

5:8       Tapi aminna pe Jesus Anak Dibata, erlajar patuh Ia arah kiniseranNa.

5:9      Erkiteken si e me maka kenca Ia serta ibahan Dibata, Ia jadi ulu keselamaten si rasa lalap, nandangi kerina kalak si erkemalangen man baNa.

5:10    Janah itetapken Dibata Ia jadi Imam si Mbelin "rikutken golongen Imam Malkisedek.

 

Lead/Pembukaan

 

Syaloom ras mejuah juah senina ras turang ibas kekelengen Tuhan ta Yesus Kristus.  Selamat memasuki minggu Passion VI, Judika si ertina Cidahken Kerajangku Bujur o Jahwe.


Nungkun ateku lebe man banta kerina senina ras turang ibas kekelengen Tuhanta Yesus Kristus, menurutndu kam sekalak si taat tah lang ? 


Mungkin nungkun ka kam, kai kin ukurenna ketaatan ? kai sukat sukat na ? 


Guna si e me salah sada tujuan bahan khotbahta ibas minggu enda senina ras Turang. 

 

Mari kita berteology arah nas renungen khotbahta enda  senina senina ras turang kerina na.

 

Fakta

 

1.    Penulis kitab Heber pada bagian ini menunjukkan karakter sejati Jesus Kristus selaku manusia, dijelaskan dengan sangat detail dan mendalam

a.    Jesus tidak pernah meminta diriNYA menjadi Imam untuk dipermuliakan. Namun Justru karena kerendahan hatinya itu Allah Bapa berkata kepadaNYA “Kam me AnakKu; i bas wari enda Aku enggo jadi BapaNdu.

b.     Ada juga tertulis pada bagian lain di Pustaka si Badia “"Jadi Imam me Kam rasa lalap, rikutken golongen Imam Malkisedek."

2.    Penulis kitab Heber lebih jauh mengatakan dalam diri kemanusianNYA Jesus pernah Serko “berteriak merintih” dengan air mata memohon kepada BAPA supaya DiriNYA diluputkan dari kematian. Itulah pernyataan kerendahan hati yang paling dasar bukti ketaatan yang paling agung.  Dan Allah Bapa di Surga Kemuliaan mendengarkan doanya. Karena Jesus menuntaskan ketaatanNYA dalam penderitaan yang Dia rasakan.

3.    Saat Jesus memasuki kematian, disitulah tercipta kesempurnaan ketaatanNya kepada Bapa Di Sorga, dan selanjutnya Dia menjadi sumber (ulu) keselamatan kepada setiap orang yang taat kepada Bapa.   Dan dialah IMAM terbesar yang segolongan dengan Imam Melkisedek.

,

Sumber photo : https://www.youtube.com/watch?v=5K2YYqf8vl4

 

Makna

1.    Banyak yang penting yang kita lakukan dalam kehidupan di dunia.  Ada juga yang kurang atau tidak penting namun bahkan ada yang paling penting.  Melalui Nas khotbah kita pada minggu ini kita semua diajak untuk melihat bagian bagian yang paling penting di dalam kehidupan.  Dan ketika kita mencari apa apa yang paling penting itu maka kita harus mengacu kepada apa yang dicari oleh TUHAN YESUS saat Dia hidup.  Terpenting bagi Jesus adalah ketaatan kepada Bapa di Sorga.  Taat kepada Tuhan, dalam seluruh prilaku dan karakter yang tercipta adalah hal yang paling paling paling penting di dalam kehidupan.

2.    Berbicara lebih jauh, tentang ketaatan, maka biasanya manusia akan mengingkari ketaatannya jika ada yang sangat menakutkan dan mengerikan sebagai harga ketaatan itu.  Jesus pun merasa ngeri menghadapi kematian, sehingga DIA pun menangis dan merintih kepada BAPA yang mengutus DIA supaya diluputkan dari kematian itu.  Namun disitu juga lah DIA melahirkan sebuah perkataan yang menunjukkan puncak ketaatanNYA saat Dia berkata : Bukan kehedakku ya Bapa, tapi kehendakMU jadilah.  Dan sekejap kemudian, Kehendak BAPA lah yang jadi, dan Jesus mengikutiNya dengan penuh  ketaatan. 

3.    Ngeri, sakit, mencekam dan tidak berdaya sama sekali, dalam kepasrahan total.  Dan itulah sakramen pengudusan diriNYA menjadi IMAM terbesar, dan segolongan dengan Imam Malkisedek. IMAM terbesar tidak ditentukan kemegahan Baju Efod yang dia pakai, tapi oleh ketaatanNYA melalui lembah kematian.  SelanjutNYA Tuhan Jesus menyatukan dua hal yang berbeda secara substansif dalam diriNYA, MANUSIA YANG SENPURNA DAN TUHAN YANG RENDAH HATI. Tak dapat lagi dipisahkan dan diperbedakan.  SelamaNYA MENYATU.  Kelahiran Yesus adalah TUHAN YANG HADIR DALAM  MANUSIA, dan KEMATIAN NYA ADALAH MANUSIA YANG DISEMPURNAKAN MENJADI TUHAN.  Yesus lahir dan mati dan menjadi ABADI.

Pengkenaina/Target   

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.    Minggu passion dan selajutnya paskah adalah momentum paling suci bagi seluruh orang Kristen untuk mengevaluasi ketaatannya kepada yang Illahi.  Tidak ada yang tersembunyi.

2.     Evaluasi diri akan menjadi lebih sempurna saat yang dijadikan ukuran dan pembanding adalah ketaatan TUHAN YESUS menjelang kematianNYA.  Sebenarnya tidak bisa dibandingkan karena dua hal 

a.     Besarnya pederitaan atau siksaan yang dialami. Siksaan yang dialami YESUS tidak akan pernah bisa dibandingkan dengan siksaan yang bisa dialami manusia.

b.     Situasi ketidak berdosaan nya (Yesus tidak berdosa saat dirinya memasuki kematian)

3.    Jika masa pandemic ini mengarahkan seluruh orang percaya untuk menjadikan rumah nya sendiri menjadi Rumah Doa, gereja yang benar, maka disetiap rumah harus ada Imam.  Dan IMAM adalah Orang yang lebih taat kepada Bapa Di Surga melalui anakNYA JESUS KRISTUS.  Yang paling layak menjadi Imam di setiap rumah tangga adalah dia yang paling taat kepaa BAPA SURGAWI  


 Respon (Perenungan lebih dalam ).

 

1.      Bagaimana kam menilai ketaatanndu kepada TUHAN YESUS  ?

2.      Berniatkah kam lebih taat lagi setelah minggu ini  ?

3.      Sanggup kah kam mengalami semua siksaan dan rasa malu supaya tetap taat kepada TUHAN ?

 

Power Statement

 Mamre adalah Imam di dalam keluarga selama dirinya menjadi yang paling taat kepada Tuhan.  Jika mamre tidak taat, maka dia tidak layak menjadi imam. 

Amin. Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023