Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 14 – 20 Maret 2021

 

Bahan Penelaahan  : Titus 1 : 9 - 16

Thema : Gelem ras Ajarken Pengajaren Situhu

Titus 1 : 9 – 16

1:9       dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

1:10     Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.

1:11     Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan.

1:12     Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas."

1:13     Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman,

1:14     dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran.

1:15     Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatu pubn tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis.

1:16     Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

  Fakta

1.     Paulus memberikan sebuah pengajaran dan peringatan yang sangat tegas kepada Titus yang sedang dia gembalakan.  Berkaitan dengan ajaran yang benar dan ajaran yang menyesatkan dan mengacau pikiran.  Paulus menekankan bahwa seorang yang bertugas sebagai pengatur rumah Allah atau Penilik Jemaat haruslah  berpegang kepada pengajaran yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya sanggup menasehati orang yang tidak benar.

2.     Paulus mengingatkan Titus bahwa sudah banyak orang yang tidak tertib, terutama diantara mereka yang berpegang kepada hukum sunat.  Mereka ini harus ditutup mulutnya, sebab omongan mereka menyesatkan pikiran.

3.     Paulus menegaskan beda orang suci dan orang najis.  Bagi orang suci semuanya suci, dan terus mempertahankan kesucian. Sedangkan bagi orang Najis dan tidak beriman, satu pun tidak ada yang suci, sebab akal budi dan suara hati mereka semuanya najis. Mereka mengaku mengenal Allah tapi perbuatan mereka menyangkal Allah



Arti Dan Makna.

1.     Lingkungan orang yang percaya kepada Tuhan selalu berdekatan atau berimpitan dengan orang yang mengaku percaya tapi sebenanrnya tidak.  Akan selalu ada orang orang yang kelihatannya suci, namun sebenarnya tidak.  Untuk itu seorang yang benar, harus selalu mengetahui dan mempertahankan ajaran yang benar dan sehat, dan tetap rendah hati dan berani mempertahankan kebenaran yang dia pegang.

2.     Paulus mengingakan keada Titus supaya berhati hati kepada orang yang mengutamakan hukum sunat, orang yang menekankan ritual ritual keagamaan.  Orang orang yang melihat dan menjadikan agama hanya sebagai aturan aturan hidup, tetapi dia sendiri jauh dari kesucian hidup yang dicontohkan Yesus Kristus.  Jika ada orang seperti ini, mulutnya harus ditutup kata Paulus tegas, sebab omongannya menyesatkan pikiran, sedang dirinya sendiri tetap tidak percaya akan sesuatu yang suci.

3.     Paulus menginformasikan kepada Titus dalam suratnya supaya mempraktekkan iman dengan benar.  Yaitu pengakuan akan keberadaan Allah tidak hanya sebatas kata kata, tapi tercermin dengan seluruh perbuatan.  Beriman percaya dan berharap kepada Allah, bukanlah hanya dalam pengakuan saja, tapi harus dipraktekkan dan diperlihatkan dalam perbuatan dan seluruh akal budi dan suara hati.  Orang benar dan suci kata Paulus adalah yang menerima dan mempraktekkan kesucian di dalam nya.

Pengkenaina.

Moria harus lah menjadi pengajar yang benar tentang Kesucian Hidup khususnya kepada keluarganya.  Kesucian hidup terlihat dari pengakuan kepada Tuhan Allah yang ditunjukkan dalam perkataan dan  perbuatan.

Moria dan seluruh orang percaya harus berani mempertahakan ajaran yang benar, dan mau serta berani mengingatkan siapa saja yang perkatanya bisa mengacaukan pikiran orang lain serta menimbulkan ketidak tertiban.  Beragama dan percaya kepada Tuhan tidaklah ditunjukkan hanya dengan berbicara dan berwacana saja, namun lebih ari itu dipraktekkan dalam bertidak dan berbuat kebenaran yang dilandasi kasih Kristus. Amin

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023