Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
  Thema : Ersada Ukur Ibas Pertoton Nas : 1 Petrus 3 :  8 - 12  Nas Renungen  1 Petrus 3:8-12 (KARO)  Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam bagi ersenina, dingen mesayang janah meteruk min ukurndu sekalak nandangi si debanna. Ula balas perbahanen si jahat alu si jahat, ntah sumpah alu sumpah. Tapi balaslah alu pasu-pasu, sabap pasu-pasu me si ipadanken Dibata IberekenNa man bandu, asum kam IdiloNa. Bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Kalak si mesikel nggeluh cawir metua dingen senang, la banci melasken si jahat, bage pe la banci erbual. Arus jera ia i bas perbahanen-perbahanen si jahat nari, jenari ibahannalah si mehuli; arus idaramina tuhu-tuhu perdamen alu bulat ukur. Sabap Tuhan tetap natap kempak kalak bujur, janah tetap IbegikenNa pertotonna; tapi IlawanNa kalak si ndalanken perbahanen si jahat." Fakta dan Makna  1. Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam ba

CAtatan Tambahan Untuk Pengajaran KA KR 3 Juli 2022

 Bahan : Efesus 5 :15 – 16  

Ayat Tambahan Remaja : Kolose 4 :  5

Tema Kecil : Ingat Waktu

Tema Tanggung & Remaja : Bijak Memakai Waktu

 

Efesus 5 : 15 – 16   

5:15         Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

5:16         dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat

Kolose 4 : 5

4:5           Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada

Fakta

1.    Rasul Paulus memperingati Jemaat di Efesus bagaimana cara hidup yang benar.  Karena ada acara hidup orang bebal dan ada acara hidup orang arif

2.    Orang arif diminta Paulus untuk mempergunakan waktu yang ada.

3.    Paulus memberi penekanan bahwa hari hari adalah jahat

4.    Paulus meminta kepada jemaat di Kolose supaya hiduplah dengan penuh hikmat.

Sumber photo : https://www.bible.com/

MAKNA

1.    Kehidupan sudah ditentukan Tuhan dalam siklus “ Bangun, Tidur, Bangun, Tidur.  Waktu tidur adalah 1/3 dan waktu bangun adalah 2/3.   Pada waktu bangun kita bisa lakukan banyak hal, dan pada waktu tidur kita tidak bisa melakukan apa apa. Yang kita butuhkan dalah tempat tidur dan lingkungannya yang nyaman.

2.    Bagaimana seseorang mempergunakan waktu dia bangun, akan menentukan siapa dirinya.  Itulah yang membedakan dia dari orang lain.  Orang yang banyak melakukan hal hal yang tidak jelas, terlalu banyak main main dan hanya mengerjakan hal hal yang tidak bermakna, akan menentukan bagaimana kehidupannya pada saat dia dewasa.  Seseorang yang sering melakukan perbuatan yang benar, belajar, mengerjakan PR, menabung, berdoa kepada TUhan, membaca Alkitab, maka saat dia dewasa berbeda juga dari orang lain.  Ada yang dalam usia 25 Tahun sudah  lulus S3, ada yang masih makan es doger.  Hahahahha.  Ada yang sudah pergi ke Amerika, Korea, Inggris, Jerman, Australia,  Prancis, ada yang masih di perapatan ciamis. Nggak jelas…  Mengapa seseorang itu jadi pengemis dimasa tua nya ?

3.    Setiap kali kita melakukan sesuatu ada waktunya.  Sebab apa pun yang kita lakukan dalam hidup membutuhkan waktu, energi, membutuhkan tempat, membutuhkan teman (orang lain), membutuhkan semangat untuk melakukannya.  Dan waktu yang kita pakai dalam melaukan sesuatu  HABIS, dan kita tidak bisa mengulangnya lagi. Sampai kapanpun. 

Kalau kamu ikut kebaktian tanggal 3 Juli 2022 jam 7.30 sd 09.00  maka itu hanya sekali.  Kalau kamu ikuti maka itu bagus , setelah itu waktu habis,  Tidak ada lagi sampai kapapun, tanggal 3 Juli 2022.  Kalau kamu tidak ikut ke gereja, tanggal 3 juli 2022 maka kamu sampai kapanpun tidak bisa lagi ganti, tidak bisa lagi ikuti sampai kapanpun.  Jadi pada tanggal 3 Juli 2022 itu ada yang ikut kebaktian, ada yang tidak ikut kebaktian . Waktu nya sama sama HABIS.  Kalau minggu depan itu sudah beda, itu tanggal 10 Juli 2022.  (Itupun hanya sekali).  Pada tanggal 3 Juli 2022 berapa umur mu ?  Maka pada tanggal 10 Juli 2022 sudah bertambah umurmu 1 minggu.  Jadi apapun yang kamu lakukan dalam hidup ini, hanya bisa kamu lakukan sekali seumur hidup.  Ada yang melakukan hal hal yang baik, ada yang melakukan hal hal yang tidak baik.    Itulah yang dimaksud dengan hari hari adalah jahat, jika kita melakukan  hal hal yang tidak jelas, tidak berguna atau bahkan melakukan hal hal yang menentang orang orang tua, atau lebbih parah lagi, menentang Tuhan.

4.    Jadi saat kita bangun, saat kita tidak tidur kita harus hati hati, kita harus berkhikmat untuk melakukan apa.  Supaya waktu yang ada, waktu yang sebentar lagi habis itu tidak sia sia, tidak jahat kepada kita.  Anak KAKR  harus tahu dan berkhikmat untuk melakukan apa yang baik  dalam waktu yang  total nya 16 jam saja dalam satu hari. 

·       Sekolah atau tidak bersekolah

·       Sarapan pagi atau tidak sarapan pagi

·       Berdoa atau tidak berdoa

·       Aktif bertanya atau diam saja

·       Berusaha untuk memahami semua mata pelajaran atau terima saja walau tidak jelas.

·       Langsung pulang ke rumah atau bermain main dulu sama teman ?

·       Kerjakan PR atau tidak kerjakan PR

·       Bantu orang tua atau tidak bantu orang tua 

·       Main game atau tidak main game

·       Mandi sore atau tidak mandi sore

·       Makan malam atau tidak makan malam

·       Nonton TV atau Tidak nonton TV

·       Kirim WA ke kakek atau nenek atau tidak untuk ucapkan hallo dan sapaan akrab.

·       Ikut KBA atau tidak ikut KBA

·       Baca buku pelajaran atau tidak baca buku

·       Berdoa sebelum tidur atau tidak ?

Penerapan

1.    Meminta kepada semua anak anak tanggung dan remaja mengisi 20 kegiatan sehari hari.  Lalu minta mereka membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

2.    Ajukan pertanyaan spa hasilnya nanti saat mereka dewasa jika yang tidak baik lebih banyak mereka lakukan? Apa pula hasilnya jika mereka melakukan hal hal yang baik dan benar.

3.    Dulu kita dengar ada pepatah,  Time is money.  Apa artinya ?  Sekarang kita sudah memperbaiki pepatah itu. Time is much more than money,  Sebab Uang hilang bisa dicari, waktu hilang tidak bisa dicari.

Ilustrasi

·       Kisah kehidupan Steffi Graf, yang waktu main main nya usia 7-10 tahun disuruh latihan tennis oleh orang tuanya.  Akhirnya dia pemain tennis wanita yang paling hebat di dunia.

·       Anak anak yang harus kerja keras bantu orang tuanya karena kesulitan ekonomi.  Atau anak anak yang ikut orang tuanya pemulung.  Kumpulkan photo photonya dan tunjukkan kepada anak anak KA KR. 

    Bujur melala ras mjj kita kerina

   Pt Analgin Ginting 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023