Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Catatan Tambahan PJJ 22-28 Maret 2020

Bisa dilihat Video nya di Youtube :  https://www.youtube.com/watch?v=cr-jRXf-1OE

Jesaya 45 :22-25

Thema : Dahilah Tuhan
(Spiritualitas)  

45:22  Mari, dahilah Aku maka kam Kukelini, o kam kerina manusia i doni. Sabap Aku ngenca Dibata, la lit si debanna.
45:23  Padan si Kubahan, tuhu, janah la mobah-obah; i bas gelarKu jine Aku ersumpah. Kerina manusia, i lebengKu pagi erjimpuh, janah ersumpah, maka rasa lalap tutus atena nembah.
45:24  Kerna Aku ikatakenna, 'Arah TUHAN ngenca maka lit kemenangen ras kuasa. Tapi kerina kalak si ernembeh ate man bangKu, mela pagi akapna tedis i adep-adepenKu.
45:25  Tapi kesusuren Jakup la banci lang dat kemenangen, janah ermulia ia erkite-kiteken Aku, TUHAN .




FAKTA

1.     Nabi Jesaya dipakai TUHAN untuk menyatakan siapa diriNYA  dalam konteks hubunganNYA dengan manusia. Dan juga menegaskan hanya ada Satu ALLAH dalam kenyataanNYA yaitu diriNYA sendiri

2.     Tuhan menegaskan bahwa DIA memegang janjiNYA , karena DIA sudah bersumpah demi diriNYA sendiri. Bahwa pada manusia selanjutnya akan berlutut dan membuat komitmen bahkan sumpah untuk menyembahNYA selamanya.

3.     Orang yang menyembah TUHAN nantinya akan bersaksi bahwa HANYA BERSAMA TUHAN ada kemenangan dan KUASA, sedangkan manusia yang lain, yang tidak percaya kepada TUHAN bahkan membeciNYA , akan mendapatkan rasa malu dihadapan TUHAN. Namun Keturunan JAKUB lah yang pada akhirnya yang mendapat kemenangan dan kemuliaan karena TUHAN sendiri.  



ARTI dan MAKNA

1.     TUHAN YANG MAHA KUDUS yang SEHARUSNYA tidak bisa disentuh dan didatangi oleh yang tidak KUDUS.  Manusia yang tidak kudus TIDAK MUNGKIN mendekati TUHAN Yang MAHA Kudus, namun dalam ayat ini disampaikan bahwa TUHAN sendiri yang memanggil manusia itu untuk dekat kepadaNYA.  Ini hanya mungkin jika TUHAN itu merendahkan diriNYA dan berimanensi menjadi manusia.  TUHAN yang bisa didatangi itu adalah YESUS KRISTUS, dan YESUS KRISTUS adalah satu satu nya TUHAN di seluruh alam semesta kehidupan ini.

2.     ALASAN dan TUJUAN TUHAN membentuk diriNYA bisa didatangi manusia adalah untuk menolong dan menyelamatkan manusia, dan TUHAN sendiri berjanji kepada diriNYA sendiri untuk menolong dan menyelamatkan manusia itu. Jadi semua pertolongan TUHAN kepada manusia bukanlah karena rayuan, bujukan, perbuatan, kebaikan apalagi kehebatan mausia itu sendiri, tapi karena TUHAN memang menghendakinya sendiri dan Membuat Perjanjian kepada manusia demi diriNYA sendiri.  Oh Maha Kasih lah Kamu ya Allahku.

3.     Manusia yang percaya dan beriman kepada TUHAN di dalam Yesus Kristus akan selalu hormat dan mengikuti TUHAN, namun ada juga manusia yang merasa marah kepadaNYA. Mereka ini nantinya akan merasa malu dihadapan TUHAN.

4.     Tertulis disini Keturunan Jakub  akan mendapat kemenangan dan kemuliaan ata kehendak TUHAN.  Menarik untuk dipelajari lebih lanjut, mengapa tidak keturunan Abraham,(kakek Jakup) atau Keturunan Ishak (bapa Jakub)


PENGKENAINA

1.      TUHAN sudah bisa didatangi  manusia. Ayo mari dating lah kepada TUHAN. Dia mampu mendengarkan dan mengerti apa pun kita sampaikan dan kita minta kepadaNYA. Dan TUHAN sudah berjanji demi diriNYA bahwa Dia akan (pasti) menjawab apapun pertanyaan manusia itu, dan apapun permohonan manusia kepadaNYA
. 
2.      Beriman lah kepada TUHAN, percayalah kepadNYA saja. Itulah yang membedakan keturunan Jakub dengan yang lain, membedakan orang yang mendapat janjiNYA dan orang yang tidak mendapat janjiNYA.

3.      Dalam situasi seperti saat ini, merebaknya Virus Covid 19 ini TUHAN tetap setia untuk menolong anak anakNYA.  Berserahlah dan memohon lah perlindungan kepada TUHAN YESUS, DIA mempunyai Tentara Malaekat yang siap menyemprot kan disinfektan surga untuk melindungi kita yang percaya. Bahkan Yesus sudah menempatkan tenatara malaekatNYA itu disekeliling rumah kita untuk melindungi seluruh keluarga kita. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023