Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
Thema     : Kuinget Kam Ibas Pertotonku Nas : Pilemon 1 : 4 - 7 Nas Renungen  Rusur kukataken bujur man Dibatangku tep-tep kali kam kuinget i bas pertotonku. Sabap nggo kubegi kerna kekelengenndu man anak-anak Dibata ras kiniteken si lit i bas kam nandangi Tuhan Jesus. Ertoto aku gelah arah persadanta kalak si erkiniteken mabai kita ku pengertin si terbagesen kerna kerina pemere si ialoken kita i bas kegeluhenta erkiteken persadanta ras Kristus. O seninangku si kukelengi,  kekelengenndu e erbahanca ateku malem dingen mpegegehi aku! Kerina anak-anak Dibata nggo ermeriah ukur ibahanndu Fakta dan Makna  1. Sabap Enggo Kubegi Kerna kekelengendu man anak anak Dibata ras kiniteken si lit ibas kam Salah sada ke biasaan kalak si tek man Dibata emekap kekelengenna nandangi anak anak Dibata.  Enda me siidah Paulus bas diri Pilemon.  Emaka alu kalimat komunikasi s transparan i peseh Paulus hal enda man Pilemon secara langsung. Kalak singet muji pelayanan kalak si deban, labo erkiteken atena pes

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 15-21 Maret 2020



Thema : Geluhku E Me Ibadah ras Persembahenku Man Dibata
Bahan Penelaahan  : Roma 12 : 1-2
12:1    O senina-seninangku, nginget perkuah ate Dibata si mbelin si isehkenNa man banta, kupindo man bandu: Endeskenlah kulandu man Dibata saja selaku persembahen si nggeluh rikutken si ngena ateNa. Sabap bage me arusna kam ersembah man Dibata sue ras biakndu selaku mahluk si rukur.
12:2    Ola pelepas dirindu jadi seri ras doni enda, tapi berelah maka perukurenndu ipelimbarui Dibata. Alu bage banci idatndu kai sura-sura Dibata, kai si mehuli, kai si ngena ateNa, janah kai si sempurna.



Fakta

1.    Paulus meletakkan dasar nasihatnya kepada Jemaat di Roma  adalah Kasih Setia Tuhan yang sangat besar.   Kali ini Paulus menyinggung bagaimana memperlakukan tubuh (Hard ware) dan juga pemikiran/mindset (soft ware)

2.    Paulus menekankan bahwa tubuh/raga/kula seharusnya dipersembahkan kepada TUHAN sebagai persembahan yang hidup.  Sebab mempersembahkan tubuh kepada Tuhan adalah ciri ciri  dasar dari makhluk yang berfikir.

3.    Pada ayat yang kedua, Paulus melanjutkan bahwa Tubuh harus dikendalikan oleh pikiran, niat, visi yang jelas dan berguna. Oleh sebab itu pikiran harus diisi dengan pikiran pikiran dari Tuhan.  Lalu dengan tegas Paulus berkata bahwa TUHAN lah yang harus menjadi sumber utama pembaharuan pikiran.  Dengan demikian setiap orag bisa mengetahui apa kehendak Tuhan dalam hidupnya.   Mengetahui kehendak Tuhan adalah jalan mendapatkan kesempurnaan hidup.
 
Arti Dan Makna.

1.     Banyak sekali godaan sehingga hidup manusia hanya focus kepada keinginan tubuh, keinginan dunia, keinginan jangka pendek.  Sesuai dengan perkembangan dunia, sejak jaman gereja mula-mula, abad pertengahan sampai saat sekarang ini, pencarian dan pemenuhan manusia hanya untuk memuaskan keinginan keinginan duniawi.  Ini memang realita kehidupan, dan disinilah Paulus menekankan bahwa tindakan tindakan untuk tubuh haruslah dipersembahkan kepada TUHAN ALLAH/DIBATA.



2.     Paulus lalu menyindir dan meningangatkan bahwa manusia berbeda dengan hewan dan binatang yang tidak berfikir, sehingga naluri binatang hanya untuk makan dan mempertahankan diri.  Jangan perlakukan tubuhmu seperi binatang memperlakukan tubuhnya, sebab manusia adalah makhluk yang berfikir.  Jadi berfikirlah, proaktiflah lalu pilihlah mana tindakan atau perbuatan yang kotor dan najis mana yang baik dan mulia. Jangan serta merta mengikuti atau mempraktekkan sesuatu, meskipun disekitar banyak sekali yang melakukannya.  Kalau sekedar selfi okelah bagus lah. Tapi jangan pula selfi lebih penting daripada ibadahnya, dalam seluruh rangkaian acara retreat moria.

3.    Paulus lalu menyampaikan sesuatu yang sangat cerdas dan bijaksana, bahwa memperlakukan tubuh harus dimulai dengan memiliki pikiran yang benar.  Pikiran harus selalu diperbaiki, diperharui bahkan direvolusi.  Dan sumber pembaharuan pikiran adalah TUHAN BAPA DI SORGA.  Membaharui pikiran dengan pikiran Tuhan caranya adalah mempertimbangkan pikiran dengan pikiran/perkataan/Firman TUHAN.   Misalnya : suatu saat kam ingin membeli tas bermerek, katakan lah harganya 5 juta.  Seandainya aku menenteng tas seharga 5 juta, tentu rasa bangga ku sangat meningkat.  Namun bagaimana seandainya uang 4 juta aku persembahkan untuk anak anak di Alpha Omega, dan cukup lah aku beli tas seharga 1 juta saja.  Tentu perasaan batinku lebih bangga dan bersyukur.



. Pengkenaina.

·      Berusahalah menjadi Moria yang bijak dan religius, tidak memenuhi tubuh dengan perbuatan dan aksesori yang sia sia, yang fokusnya hanya ego diri.

·      Berusahalah  untuk berdoa, membaca alkitab secara teratur dan menyampaikan pertanyaan kepada Tuhan Yesus, tentang apa keinginan Tuhan Yesus dalam hidupndu, lalu dengarkan jawaban Roh Kudus.  Suaranya halus daan lemah lembut, namun DIA akan meberikan tuntunan yang benar dan nyata.

·      Jangan terlalu  cepat mengambil keputusan, jangan terlalu emosional namun hati hatilah. Pertimbangkan matang matang saat mengambil pilihan. Jauhilah pilihan yag tujuannya hanya untuk meniggikan keinginan duniawi dan jangka pendek.  Namun fokuslah terhadap pilihan untuk mewujudkan kehendak TUHAN dalam hidupndu. Amin.

Kecantikan Abadi, sebab sumber nya dari dalam hati yang bersyukur, bukan aksesoris


Terima kasih dan mejuah juah kita kerina. Tuhan simasu masu.  
Pt. Analgin Ginting.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023