Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 5 .

Gambar
  Thema : Jadi senina man senina  Nas : Kejadin 45 : 1 – 9  Nas Renungen    Lanai tertahan Jusup ukurna i lebe-lebe suruh-suruhenna kerina, emaka isuruhna kalak nadingken ingan e. La lit ise pe si deban ras Jusup sanga iturikenna man senina-seninana ise kin ia si tuhuna. Perban gangna sorana tangis kalak Mesir pe nterem megisa, janah berita e ipeseh ku istana raja. Nina Jusup kempak senina-seninana, "Aku kap si Jusup. Nggeluh denga nga nge bapangku?" Tapi perban biarna senina-seninana e megi si e lanai ia ngasup njabapsa. Emaka nina Jusup man kalak enda, "Mari terdeheren ku jenda. " Ideheri kalak enda ia, emaka nina Jusup, "Aku kap seninandu si Jusup si dayakenndu ku Mesir. Genduari ula aru atendu, ula isalahkenndu bandu erkiteken idayakenndu aku ku jenda. Si tuhuna Dibata nge si erbahan maka aku leben seh asang kam ku jenda guna nelamatken kalak si nterem. Enda pedua tahunken denga nge kelihen i negeri enda. Lit lima tahun nari la lit kalak si nenggala tah pe

Catatan Tambahan PJJ 23-29 Februari 2020


I Petrus 2 ; 21-25
Thema : Idilo Nggejapken Kiniseraan Jesus

2:21    Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristus pun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.

2:22     Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.

2:23     Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan mencaci maki; ketika Ia menderita, Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.

2:24     Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

2:25     Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu

FAKTA

1.      Orang Kristen dipanggil untuk mengikuti jejak  Kristus

2.     Yesus Kristus terbiasa dicaci, difitnah, diancam dan sangat menderita dalam menjalankan misi penyelamatan kepada manusia.  Tapi dia tidak merespon apalagi membalasnya dengan hal hal yang negative.  Dia sangat sabar, dia tidak berbuat dosa, dan tidak ada tipu dalam mulutnya.

3.      Orang Kristen yang dipanggil dulu tersesat seperti domba, tapi sekarang secara Cuma Cuma telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwa.


ARTI

1.      Tuhan lah yang dahulu berinisiatif memanggil dan memilih seseorang menjadi Kristen, bukan manusia.  Dan TUhan Yesus memanggil manusia tanpa syarat, tapi hanya didasarkan kasih dan anugerah TUHAN Yesus.

2.      Dasar atau syarat menjadi Kristen adalah mempunyai pengalaman sama seperti TUHAN YESUS dan MERASAKAN persis apa yang DIA rasakan.  Menebus manusia dari dosa membutuhkan pengorbanan yang teramat besar, dan semua itu diterima dan dijalankan oleh TUHAN YESUS.  Untuk bisa  menjadi Orang Kristen yang sesungguhnya sebenarnya tiap orang harus juga merasakan penderitaan TUHAN YESUS.



3.      Bidang pelayanan, ataupun bidang kehidupan apapun yang dipilih kalau dilakonkan dengan prnsip kebenaran dan integritas pasti ada penderitaan disana.  Mempertahakan kebenaran dan integritas ini harus mejadi komitmen, tekad dan upaya matian matian yang harus dijalankan.  Tujuannya supaya kita benar benar punya pengalaman seperti pengalaman Tuhan Yesus.

4.      Komtimen mengikuti Tuhan Yesus akan dapat dijalankan sejalan dengan kematangan dan kedewasaan beriman kepada TUHAN YESUS.

PENGKENAINA

1.      Tidak bisa siapapun menjadi Kristen kalau bukan atas pilihan dan panggilan Jesus Kristus.  Isu Kristenisasi bukanlah issu Agama,  tapi issu politik. Namun siapapun tidak bisa menghambat jika TUHAN YESUS sudah memanggil dan memilih seseorang.  

2.      Menjadi Kristen yang sesungguhnya tidak lah cukup dengan mengikuti segala ritual dan ibadah yang dilakukan gereja, namun HARUS PUNYA PENGALAMAN NYATA SEPERTI PENGALAMAN YESUS KRISTUS ; difitnah, diancam, disingkirkan, dan segala bentuk penderitaan.

3.     Kristus akan turut serta dalam setiap pengalaman penderitaan yang dialami oleh anak anak pilihanNYA.  Jangan takut mengalami apapun bersama Kristus.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Komentar

Unknown mengatakan…
Bujur ibas masuken sienggo itulislenndu guna nerangi prikop ogen ras thema sienggo iaturken Modramenta.Dibata si ersimulih masu masu kam sekeluarga mejuah juah dingen sangap encari
Analgin Ginting mengatakan…
Bujur pe melala man bandu. Mbera banci nambahi pengangkanta kerina , ras nambahi semangat ikut er pjj. Mejuah juah kita kerina. Ija kam tadng?
Unknown mengatakan…
Melala bujur Ibas penjelasan sibahanndu si nambahi pengangkan man bangku....TUHAN simasu masu kegeluhenndu.
Analgin Ginting mengatakan…
Bujur pe melala man bandu, mari tetap kita siajar ajaren kerina. Gbu

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023