Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ 29 September- 5 Oktober 2019 . IMPOSSIBLE IS NOTHING



Ersada Desken Tinali Si Ipiu Telu

Thema     :   Entrepreneurship : Kerjasama / Mbangun Jaringen IT ras Online

Ogen  Pengerana 4 : 8-12

4:8          Lit kalak nggeluh sisada-sisada, la lit anak la lit seninana. Tapi aminna bage pe, latih kal iakapna erdahin dingen la pernah puas pusuhna ngenen ertana. Guna ise kin ia erdahin alu curcur panasna, janah itulakna kerina kesenangen? E pe sia-sia nge, dingen kalak si bage me si nggeluh i bas kiniseran.

4:9          Ulin dua kalak asangken sekalak-sekalak, sabap adi dua kalak erdahin mbelang bekasna.

4:10        Kune sekalak guling banci sekalak nari nampati. Tapi sisada-sisada ngenca, kenca guling ise nari si nampatisa.

4:11        I bas berngi paksa mbergeh dua kalak si rembak medem banci mereken las man si debanna, tapi uga perbahan kalak erbahanca melas badanna adi ia sisada ngenca?

4:12        Dua kalak erdalan banci ia ras-ras ngelawan adi lit si nerang ia, tapi adi sekalak ngenca menukah nalukenca. Tinali si ipiuh telu mesera ngeretapkenca

Fakta

1.     Kata Kata bijak mengenai kesendirian dan kerjasama dinarasikan dengan sangat indah dam mempunyai makna sangat dalam.   Sendiri, tidak berteman, tidak bertanggung jawab terhadap hidup orang lain pun tidak jaminan untuk mendapatkan kebahagiaan.  Kitab Pengerana mengatakan bahkan lebih banyak orang yang sendirian hidup menderita dibanding orang yang bekerjsa sama di dalam satu komunitas.

2.     Hidup bersendiri pun ternyata membuat orang itu kerja keras banting gtulang, namun kelak hasilnya sia sia  juga

3.     JIka hidup berdua, ada teman bias saling menghangatkan badan, bias saling menopang dalam bekerja, bias saling menguatkan jika ada yang sakit atau cedera

4.     Kerja sama dengan seseorang juga bias menambah kekuatan untuk melawan binatang yang menyerang di tegah perjalanan.

5.     Bekerja sama dengan orang lain juga membuat keberhasilan lebih luas, dan lebih besar.



Makna      
                                              
1.     Kitab Pengerana/Pengkhotbah dalam satu sisi sangat serius membicarakan makna kerja/ makna hidup/ makna hidup bekerja sama denga orang lain.  Semua akan sia sia, semua akan leyap, semua akan kembali dalam kesia siaan jika tidak ada makna yang besar dalam hidup dan pekerjaan.  Makna hidup dating dari atau didapat dengan mengarahkan semua pekerjaan dan strategy untuk memuliakan TUhan.

2.     Banyak sekali manfaat jika hidup berkolaborasi dengan pihak lain.  Ada kekuatan, ada semangat, ada solusi,ada yang menngingatkan jika hidup bekerja sama dengan orang lain.  Perlu kal kita kerina menambah jaringan pertemanan dan jaringan usaha / bisnis ta kerina.

3.     Proses kerja,hasil kerja, teman sekerja dan Tuhan adalah pihak yang meberikan makna atau arti kepada kita dalam hidup dan bekerja, sehingga tidak ada lagi yang sia sia.  Semakin sulit proses kerja yang dijalankan untuk meraih target yang lebih bermakna akan membuat semua orang merasa bahwa hidupnya lebih bermakna.

4.     Kita semua diminta untuk memperlebar/memperluas jaringan persahabatn kita.

5.     Punya teman dan jaringan yang luas serta menguasai IT dan Sistem Kerja On Line adalah kunci untuk membuat hidup kita  lebih berhasil dan bermakna.
Pengkenaina

·        Mari kita bangun jaringan pertemanan kita, dengan siapapun kita bisa berteman dengan memiliki mind set pembelajar.  Sebab kita bias belajar dari siapa saja.

·        Mari kita belajar mempergunakan alat alat IT jaman sekarang (Notebook Computer, Smart phone dll ) dan kita pergunakan untuk melakukan  aktivitas yang postisf dan bermakna  dalam media social kita.

·        Paradigma Imposibl is nothing menjadi daar untuk tetap semangat da optimis dalam berwiraswasta.  Dan dampaknya akan semakin kuat jika mand set “ impossible is nothing “ akan semakin luar biasa hasilnya jika dipergunakan secara tim yang berkolaborasi.

·        Bekerja secara TIM dan Mampu mendayakan alat alat IT / online sangat dibutuhkan dalam menajalankan program program pelayanan

Bujur ras mejuah juah kita kerina. I
Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023