Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Khotbah Minggu 8 September 2019. Paulus adalah Guru Budaya Kerja Perusahaan



XII  Kenca Trinitatis/Peningkatan Ekonomi Jemaat  
Warna Stola : Meratah  

Invocatio
Erkiteken Pasu pasu Dibata nge maka kalak jadi bayak, erdahin erbintuas labo nambahi kebayaken (kuan 10 : 22)
Ogen
Jeremia 17 : 5-13   (responsoria)
Khotbah
Epesus 4 : 25 - 32   (tunggal)
Thema
Erdahinlah Alu Mehuli    

Khotbah : Epesus 4 : 25 – 32

4:25   Olanai erbual! Kerina arus nuriken si tuhu-tuhu man seninana, sabap kerina kita ringring i bas sada kula.

4:26   Adi merawa kam, ola seh erdosa. Janah ola simpan rawandu seh ben wari.
4:27   Ola bere kesempaten man si Iblis.

4:28   Kalak si nangko gelgel nari, olanai ia nangko. Erdahinlah ia alu mehuli guna ncariken keperlunna, janah gelah lit i bas ia guna nampati kalak si i bas kepiceten.

4:29   Adi kam ngerana ola sitik pe belasken cakap si la erturi-turin. Tapi kata-kata si ergunalah belasken, si banci nampati kalak si deban rikutken perluna, gelah kata-katandu e maba kiniulin man si megisa.

4:30   Ola ceda ate Kesah Dibata ibahanndu, sabap Kesah e kap capna maka kam sikerajangen Dibata. Kesah e jaminen maka reh me warina Dibata ndungi dahinNa mulahi kam.

4:31   Tadingken cian ate, perampus ras pernembeh. Olanai kam si isak-isaken ntah si cekurak-cekuraken. Olanai sitik pe erelem-elem.

4:32   Tapi melias dingen mesayanglah sapih-sapih kam. Si alem-alemenlah bagi Dibata enggo ngalemi kam i bas Kristus.



 Pembukaan/Lead

Syalomm mejuah juah kita kerina? 

Nande bapa turang ras senina, Uga kebiasenndu erdahin selama enda ?  Lit nge aturen ibanndu sendiri man bandu sangana erdahin tah melayani e? Atau ibas inganndu erdahin enggo lit aturan si arus ipatuhi?

Sada minggu enda sengget kal kita nonton televise tah pe mbaca WA tah media sosial, bahwa sekalak Direktur Utama PTPN itangkap KPK.

Mamang kal ateta, sekalak Direktur Utama,orang nomor 1 ibas sada Perusahaan si galang nggit denga korupsi.  Kai kin nge ndia harus sibahan ras siajarken man anak anakta gelah kita ras ia banci erdahin alu mehuli, ras la pernah melanggar hukum?

Khotbahta minggu peduaken bas bulan September  enda  kerna Erdahin alu mehuli.  Mari sinen ras sitinggelken ras ras.



Fakta

1.     Rasul Paulus memberikan sebuah pengajaran tentang praktek hidup sehari sehari dan kriteria bekerja secara bak kepada jemaat di Efesus.

2.     Si pertama itekankan Paulus emekap kerna erbual  erguak berbohong.  Ula Erbual nina Paulus, janah isingetkenna kerna sada  ring ring / integral (bersama) Integritas.

3.     Ula merawa, harus mampu menguasai diri.  Merawa ula sampai erdosa.  Itambahi Paulus,  ula  bere kesempatan man Iblis

4.     Kalak si nangko (mencuri, korupsi, menggelapkan) ulanai. Erdahinlah alu mehuli, gelah banci ikut nampati kalak sideban si perlu man sampaten.

5.     Dalam berbicara Paulus menekankan jangan asal ngomong.  Percakapan harus mempunyai nilai, dan makna untuk membangun orang lain.

6.     Paulus kemudian mengkaitkan prilaku hidup sehari sehari dengan keberadaan Roh Kudus Kesah Sibadia.  Perbuatan dan percakapan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan akan membuat Kesah Si Badia berduka.  Maka harus lah mengatur dan mengelola prilaku dan bahasa. Roh Kudus / Kesah Si Badia adalah jaminan kedatangan Kristus untuk mengunjungi setiap pribadi

7.     Sekali lagi Paulus meminta untuk :
a.     Tidak iri dan cemburu
b.     Tidak Cepat marah/pemarah
c.      Tidak saling membentak dengan kasar
d.     Tidak merumpi / membicarakan negative orang lain di belakang orang tersebut.
e.      Tidak menyimpan dendam.
8.     Harus diterapkan praktek saling menghormati dan saling menghargai satu dengan yang lain nya.






Makna

1.        Paulus ternyata menyampaikan  suatu prilaku hidup atau bekerja dalam organisai/perusahaan / komunitas  jemaat yang sangt penting dan mendasar dan sangat relevan dengan saat sekarang ini.   Hampir semua perusaahaan yang maju atau organsasi yang maju mempunyai Sistem Nilai dan corporate culture/ budaya atau kebiasaan kerja, yang tujuannya untuk mengatur apa bisa dan apa yang tidak bisa dilakukan. Paulus adalah ahli Corporate Culture yang paling awal . 

2.        Paulus dalam Efesus pasal 4 ini meminta untuk bekerja secara Jujur dan berintegritas,  Kontrol Emosi (tingkatkan Emotional Inteligent),  Bangun Visi Pribadi sehingga Tidak mencuri atau korupsi , dan mampu berkomunikasi dengan baik dan membangun. 

3.        Satu lagi yang ditekankan oleh Paulus adalah bekerja lah demi menghormati Roh Kudus / Tuhan , Bekerja untuk kebaikan.  Harus ada aspek spiritual / transenden dalam mindset semua pekerja.

4.        Saya cenderung merasakan Hidup Adalah Bekerja.  Orang yang tidak bekerja sebenarnya tidak hidup.  

5.        Bekerja harus punya visi dan misi untuk membantu/nampati kalak sikepiceten. Bahkan setiap orang perlu menyusun sistem nilai pribadinya. 

6.        Paulus tahu, dan sangat paham bahwa mencuri dalam bekerja adalah lumrah, maka nya dia meyakinkan bahwa bagi orang yang sudah mencuri sejak dulu, harus segera berhenti mencuri.  Di banyak tempat  pekerjaan besar sekali peluang untuk mencuri.  Bahkan banyak orang yang  belajar menguasai teknologi dan pengetahuan supaya dia lebih piawai mencuri.   Orang Kristen, saya dan kam  tidak disukai Tuhan kalau mencuri, korupsi, menyuap dan melakukan semua tindakan yang tidak benar.

7.        Bekerja harus semangat dan optimis dan jangan takut tidak medapat upah/gaji/bonus dan yang lain, sebab Tuhan di dalam Roh Kudus selalu mengawasi kita.  Bekerjalah untuk kebaikan, untuk menanti Tuhan datang.

8.        Praktek Bekerja perlu dilakukan dengan damai dan saling mengasihi, Respek satu sama yang lain.  Waktu hidup manusia rata rata paling banyak dalam bekerja, jadi kebahagiaan hidup juga sangat ditentukan suasana bekerja.  



Target.

1.       Orang Kristen harus berubah menjadi orang baik dan disenangi Tuhan dalam pekerjaannya.  Pekerjaan harus lah dijadikan sebagai tempat untuk menunjukkan menyaksikan kualitas profesionalisme dan kualitas iman .

2.       Kedewasaan seorang manusia sangat ditetukan bagaimana dia melatih diri dan membiasakan kebiasaan kerjanya.  Orang yang dewasa dan selanjutnya professional dalam bekerja adalah orang yang Jujur, tidak berbohong, mempuyai integritas, Tidak melakukan penipuan, pencurian. Korupsi, pintar berkomunikasi, dan sabar seta lembut dalam berinteraksi

3.       Tujuan bekerja orang Kristen adalah menghormati dan menyayangi sesame manusia dan memuliakan Tuhan/Kesah Sibadia.  Bukan hanya untuk cari makan, sebab hidup manusia di dunia ini sudah lebih dahulu ditopang dan diperihara Tuhan . Perjelas lah visi misi pribadi dalam bekerja

4.       Berdoa dan memohon kekuatan lah kepada Tuhan setiap saat memulai bekerja dan seluruh proses pekerjaan tersebut.




 Respon

1.   Pernah kam Korupsi? Pernah kam mencuri atau menyuap? Mari mulai dari sekarang tinggalkan semua itu.  Kebahagiaan kita tidak terjadi saat kita mendapat lebih banyak, tapi pada saat kita membantu/menolong orang lain yang membutuhkan.

2.     Pernah kam merampus, marah atau bahkan berkelahi dalam bekerja?  Tinggalkan segera itu, marilah kita bekerja dengan damai, dengan tenang dan berusaha untuk saling hormat dan saling mengasihi semua teman teman bekerja kita.

3.     Marilah kita jadikan pekerjaan kita seperti mesbah untuk memuliakan Tuhan.  Kita muliakan dan agungkan Tuhan dengan pekerjaan kita.  


  Power Statement

Penulis kitab Amsal menyuruh kita belajar dari semut, sebab sebab bekerja sangat rajin, optimis, team work dan saling menghormati satu dengan yang lain. Kitapun manusia harus lebih hebat dan lebih dahsyat disbanding semut.

Ma labo perlu Perkis ningku ngelebuh kam ari.  Hahahaha
Mari ras ras kita ertoto.


Bujur Ras mejuah juah kita kerina


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023