Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ 15 - 21 September 2019 . Seluruh Iman Orang Kristen Menjadi Landasan Bekerja Secara Professional Sepenuhnya


Ogen  Masmur 121 : 4-8 ; Johanes 5 : 17

Aku Arus Erdahin

Masmur 121 : 4-8

121:4      Sekawal Israel, la pernah madat mataNa, la tertunduh pe Ia.
121:5     TUHAN kap sekawalndu, arah kemuhenndu kap Ia guna ngampang-ngampangi kam.
121:6      La kam bangger ipar-pari las matawari tupung suari, ntah pe erkiteken sinalsal bulan tupung berngi.
121:7     TUHAN kap sekawalndu i bas kerina mara nari, Ia kap si njagai geluhndu.
121:8     Ia kap si ngkawali perberkat ras permulihndu, genduari nari seh rasa          
               lalap.

Johanes 5 : 17

5:17        Tapi nina Jesus man kalak Jahudi e, "BapangKu erdahin kap lalap; e maka Aku pe arus erdahin."
Fakta

1.     Puisi dalam Masmur ini menyampaikan sebuah info dan keyakinan tentang pengawal Manusia. 

2.     Penulis Masmur menyampaikan bahwa Pengawal manusia e emekap Tuhan

3.     Orang Israel dilindungi Tuhan, sehingga tidak sakit dibawah terik matahari, dan juga diterpa terik bulan di malam hari

4.   Tuhan mengawal manusia dari segala kecelakaan, bahkan Dia menjaga sepanjang hidup .

5.   Tuhan yang sama akan melindungi saat pergi/berangkat sampai saat kembali.

6.     Allah Bapa, Bapa Tuhan Yesus juga terus bekerja, maka Yesus sendiri pun arus bekerja.



Makna 
                                                   
1.     Manusia  tidak sendiri dalam pekerjaannya atau dalam hidupnya, Ada pengawal kasat mata, yang tidak terlihat yang memberi  advis dan pengawalan secara transenden.  Super body guard yang sanggup mengawal dari potensi gangguan apapun.

2.     Tuhan  berkenan mengawal manusia dan sudah Dia janjikan  JASA PELAYANAN yang Dia tawarkan.  Masmur 21 mengingatkan dan mempertegas hal ini dalam bentuk puisi  berdasarkan pengalaman empiric penulisnya.

3.     Inti dari bentuk pengawalan yang diberika Tuhan kepada anak anakNYA bahwa manusia itu tidak akan celaka, tidak akan sakit, tidak akan bahaya saat dirinya bekerja memenuhi panggilan hidupnya.

4.     Tuhan akan memberikan perlindungan sejak saat awal, saat ada niat, sejak masa membuat rencana sampai pencapaian target , evaluasi dan sampaiakhir. Saat berangkat sampai saa kembali.   Perlindungan yang Tuhan berikan adalah perlindungan yang sangat lengkap, menyeluruh dan total.

5.     Tuhan tidak melindungi manusia secara pasif, namun TUHAN melindungi manusia secara aktif.  Yesus menegaskan bahwa bapaNYA bekerja, dan sebagai Anak yang disiruh BAPA Yesus juga harus bekerja.

6.     Yesus Kristus adalah model atau contoh paling sempurna bagaimana bekerja. 

7.     Bekerja adalah akumulasi seluruh pemahaman, penghayatan, dan iman kepada Tuhan , bekerja untuk mewujudkan kualitas sehngga member kegunaan dan makna tertinggi kepada orang lain. Menjadi orang Kristen itu HARUS bekerja.

8.     Bekerja adalah kenikmatan sejati orang orang Kristen

9.     Bekerja adalah landasan seluruh aktivitas pelayanan  yang kita lakukan dalam merespon TUhan.

10. Bekerja adalah menjawab Panggilan Tuhan.



Pengkenaina

·       Orang Kristen harus harus selalau berada dalam situasi dan peranan bekerja.

·      Tidak ada hambatan da rintangan untuk selalu bekerja, karena Tuhan sudah memperlengakapi semua manusia untuk bekerja. Bekerja lah dengan senang, bekerjalah dengan sesungguh sungguhm dan bekerja untuk meraih hasil  yang terbaik dan terbanyak demi memenuhi kebutuhan banyak orang.

·       Orang Kristen kam ras aku, ula mbiar  erdahin.  Proaktif lah, Tuhan sudah berjanji untuk melindungi manusia dan memberikan solusi atau bantuan dengan menyeluruh, lengkap dan tidak pernah terlambat.

·      Enem wari kita erdahinsecara optimal, mati matian dan komprehensif, bas wari peenemken kita istirahat sekaligus memuji ras ngataken Bujur man Tuhan.

Bujur ras mejuah juah kita kerina. I
Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023