Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Hatta Rajasa, Dari Ayah Yang Baik Menjadi Calon Terkuat Presiden RI 2014

Sulit mencari momentum untuk menunjuk diri menjadi ayah yang baik pada masa sekarang ini.  Lebih sulit lagi sebenarnya menjadi ayah yang benar benar baik untuk anggota keluarga.  Khususnya bagi para politikus dan legislator ataupun para pemangku jabatan publik lain, yang setiap hari berkecimpung dengan praktek kolusi, korupsi dan nepotisme. Maka menunjukkan diri sebagai Ayah yang baik alangkah sulitnya.   Namun pada awal tahun 2013 ini seorang sosok sebagai ayah yang baik dicerminkan oleh Hatta Rajasa, Menko Perekonomian Republik Indonesia, sekaligus Ketua Umum Partai PAN.


Ibarat mendapat nestapa dan peluang sekaligus,  ini adalah pengalaman Hatta Rajasa.  Setelah mendapat khabar yang sangat menggembirakan atas kelahiran cucu pertamanya (Anak Pasangan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa) beberapa hari kemudian mendapatkan berita yang sangat mengejutkan dan mengecewakan.  Hal ini terjadi karena Mobil BMW X5 yang dikendarai putra bungsunya Rasyid Amrullah Rajasa menabrak mobil Daihatsu Luxio di  jalan tol Jagorawi pada tanggal 1 Januari 2013.  Tabrakan ini  mengakibatkan dua orang meninggal dunia serta beberapa orang lainnya cedera dan masih dirawat di Rumah Sakit.


Dalam peristiwa tabrakan ini ada dua hal yang membuat saya berani mengatakan bahwa Hatta Rajasa adalah ayah yang baik.  Yang pertama adalah kecepatan dan keberanian Hatta Rajasa untuk segera memohon maaf dan mengakui kelalaian anaknya kepada keluarga korban, serta kesedian bertanggung jawab untuk menanggung semua beban pembiayaan.  Hatta Rajasa  bahkan berjanji  untuk menanggung biaya pendidikan anak korban sampai berhasil menamatkan sekolahnya.  Juga  keterbukaan Hatta Rajasa untuk mengatakan bahwa anaknya Rasyid akan diperlakukan sesuai dengan hukum dan perundangan undangan yang berlaku saat ini di Indonesia.


Fakta yang kedua adalah, apa yang ditunjukkan oleh Rasyid sendiri.  Dalam test terhadap urine dan darahnya untuk mengetahui kondisi saat tabrakan terjadi ternyata negatif dari narkoba.  Rasyid juga berani berkata secara spontan untuk mengatakan “saya bertanggung jawab”.  Dari berita berita yang beredar pun dikhabarkan bahwa Rasyid tidak berniat untuk bersembunyi  setelah tabrakan namun ikut juga menolong korban untuk dibawa ke Rumah Sakit.  Perlakuan sangat bertanggung jawab dari Rasyid adalah hasil dari pendiudikan karakter keluarga yang diterimanya dan juga pola komunikasi yang baik dengan keluarganya, khususnya dengan ayah sebagai kepada keluarga.


1357291062818279787
Sumber Foto : http://id.wikipedia.org


Meskipun peristiwa kecelakaan ini sangat disesalkan oleh semua pihak, akan tetapi apa yang ditunjukkan oleh keluarga Hatta Rajasa sangat menyejukkan hati, karena nilai nilai keluarga masih dipertahankan oleh keluarga politikus yang terlihat selalu santun dan bersahaja ini. Kesibukan  dalam menjalankan tugas tugasnya sebagai menteri koordinator dan ketua umum partai ternyata tidak membuat Hatta Rajasa melupakan memberikan pendidikan (karakter) kepada keluarganya.


Calon Presiden 2014.


Partai Amanat Nasional memang sudah menetapkan bahwa Hatta Rajasa adalah calon presiden dari PAN pada tahun 2014.  Kedekatan secara politis dengan Presiden SBY serta fakta bahwa hubungan kekeluargaan yang sangt erat (berbesanan) tentu besar kemungkinan Partai Demokrat pun akan didorong untuk mendukung pencalonan Hatta Rajasa.


Karier politik Hatta Rajasa pun tercatat maju dengan tenang, tanpa meledak meledak.  Dimulai dengan kedudukannya sebagai Ketua Fraksi Partai Reformasi di DPR pada tahun 1999 -2000, lalu menjadi Sekretaris Jenderal PAN pada tahun 2000 sampai 2005.  Pada periode ini Hatta Rajasa sering terlihat tampil di televisi, karena ikut aktif mendorong lengsernya Gusdur dari Kursi Presiden yang digantikan oleh Megawati Soekarnoputri.


Ketika Megawati menggantikan Gusdur menjadi Presiden Republik Indonesia dia diangkat menjadi Menteri Riset dan Teknologi.   Mungkin karena jasa jasanya yang ikut menghantarkan Megawati menjadi Presiden pada waktu itu.


Hatta Rajasa ternyata lihai dan piawai dalam berpolitik.  Buktinya ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terpilih menjadi Presiden berikutnya dia tetap diangkat menjadi menteri, kali ini menjadi menteri perhubungan.  Pada reshuflle kabinet tahun 2007 Hatta Rajasa dipromosikan dari menteri perhubungan menjadi Menteri Sekretaris Negara menggantikan Yusril Ihza Mahendra.  Diangkatnya Hatta Rajasa menjadi Menteri Sekretaris Negara adalah bukti bahwa dia mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan Presiden SBY.


Pada penyusunan kabinet tahun 2009, bahkan Hatta Rajasa diangkat menjadi Menteri Koordinator Perekonomian, dimana dia pernah menjadi Care Taker saat Sri Mulyani mengundurkan diri.   Hatta Rajasa adalah orang pertama di Indonesia yang menjadi menteri perekonomian yang bukan berasal dari disiplin ilmu ekonomi.


Pada tahun 2010 dalam Kongres Nasional Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa diangkat secara aklamasi menjadi Ketua Umum PAN.  Ini adalah bukti bahwa Hatta Rajasa mempunyai kemampuan untuk diterima dan disenangi semua kalangan.   Tidak heran kalau kemudian Partai Amanat Nasional mencalonkan Hatta Rajasa mejadi Calon Presiden, dan publik menyikapinya dengan sangat tenang dan positif.  Berbeda dengan pencalonan Aburizal Bakrie menjadi Calon Presiden yang mendapat tantangan dari intern Partai Golkar sendiri.


Siapkah Hatta Rajasa Menjadi Presiden Indonesia Berikutnya? 


Perjalanan karier politiknya menjanjikan Hatta Rajasa mampu untuk menciptakan sinergi  dari berbagai komponen jika terpilih menjadi Presiden.  Sekilas mirip Ir Soekarno karena sama sama begelar Insinyiur dan dua duanya alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).  Jika Soekarno mempunyai penasihat politik antara Haji Oemar Said Cokroaminoto, maka tak dapat disangkal bahwa Hatta Rajasa pun mempunyai penasihat politik Amin Rais dan Presiden SBY sendiri.
Dan jika Hatta Rajasa menjadi calon presiden, maka kemungkinan besar  pendampingnya menjadi calon wakil presiden adalah Dahlan Iskan atau Jenderal Pramono Edhie Wibowo.  Namun menurut saya karena fokus saat ini lebih condong kepada faktor kemajuan dan pemerataan ekonomi daripada pendekatan keamanan, maka berpasangan dengan Dahlan Iskan adalah pilihan yang lebih baik.


Dan untuk menjadi calon presiden berikutnya, sikap bertanggung jawab serta cepat dan terbuka yang telah ditunjukkan oleh Hatta Rajasa dalam kasus tabrakan mobil anaknya dapat dijadikan jaminan bahwa Hatta Rajasa adalah orang yang berkarakter baik.  Jadi, peristiwa kecelakaan yang pada awalnya sangat mengecewakan pikiran dan perasaan keluarga Hatta Rajasa ternyata oleh karakter yang dimilikinya dapat dirubah menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menyongsong tahun 2014.


Satu lagi catatan adalah, hampir semua Mantan Presiden dan Presiden Republik Indonesia adalah  kepala keluarga atau ayah yang hebat di tengah tengah keluarganya.  Mulai sejak Soekarno, Soeharto, BJ Habibie,  Abdurrahman Wahid sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah ayah ayah yang hebat dalam menjaga kehormatan keluarga dan kebanggaan putra putrinya.  Demikian juga jika Hatta Rajasa pun terpilih menjadi Presiden Indonesia berikutnya.

Komentar

Unknown mengatakan…
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023