Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Daya Tarik Bali Yang Sesungguhnya

Apa yang paling mengesankan dengan Pulau Bali? Jawabannnya bisa banyak dan beragam, sesuai dengan selera masing masing wisatawan yang datang berkunjung ke Bali. Bagi para turis dari manca negara, barangkali selain alamnya tentu saja harga nya yang relatif lebih murah serta kebebasan yang dirasakan selama di Bali.

Bagi para turis atau wisatawan dari dalam negeri selain alam dan beragamnya tempat wisata pertemuan dengan turis turis Bule, serta turis dari Korea atau Jepang pun sudah menciptakan suatu kegembiraan. Banyak pemandangan dimana wisatawan dalam negeri meminta berfoto bersama dengan para Bule. Bahkan kadang kadang sampai cekikikan karena minimnya pakaian Bule yang diajak berfoto.




Jumlah dan lokasi Hotel yangdemikian banyak, tempat wisata yang beragam, ketersediaan pusat pusat belanja dan makanan serta keamanan yang dirasakan membuat Bali menjadi tujuan wisata lokal no 1 untuk turis dalam negeri. Namun satu lagi yang paling berkesan adalah keramah tamahan dan ketotalan membantu manusia Bali.

Demikianlah yang saya rasakan saat berlibur bersama keluarga pada akhir Desember kemarin. Kami bertemu dengan seorang laki laki Bali yang berperan sebagai driver dari mobil yang kami sewa. Pada saat pertama bertemu saya merasakan wajahnya sedikit garang, dengan kaca mata hitamnya. Mengingat saya datang dengan anak anak saya yang masih kecil, saya sempat ragu melihat tampangnya. Namun setelah berinteraksi dan bercakap cakap dengan dia, saya menemukan ada ketulusan dan keramahan yang tidak dibuat buat yang terpancar dari dirinya.


Ketut Sudarsa Yang Ramah Dan Mau Menolong


Namanya Ketut Sudarsa. Usianya sudah sekitar 40 tahun. Logat Bali nya masih sangat kental. Namun kesungguhannya menemani kami membuat semua perjalanan yang kami lakukan terasa lebih nikmat. Dengan cekatan dia menawarkan lokasi lokasi serta rute yang kami tempuh. Jika kami masuk ke lokasi wisata yang satu, maka dia dengan sabar menunggu dan membershkan kenderaannya. Lalu menyampaikan tujuan kami berikutnya. Jika ada yang harus dibayar seperti tiket parkir dan tiket masuk ke lokasi, maka sebelum sampai tujuan sudah dia beri tahu sebelumnya.

Sangat mengesankan, dari rencana awal hanya memakai jasanya satu hari akhirnya kami teruskan menjadi empat hari. Anak anak saya pun sangat terkesan kepadanya, sampai sampai mengatakan tahun depan pun masih ingin bertemu dengan Mas Ketut. Saat kami sampai kembali ke Jakarta, sehari kemudian dia mengirim SMS “Saya mohon maaf Pak jika ada kekurangannya. Salam sama keluarga, dan met Tahun Baru”

Orang orang seperti Mas Ketut Sudarsa inilah yang saya lihat menjadikan Bali tetap yang teratas sebagai tujuan wisata. Karakter seperti inilah daya tarik Bali yang sesungguhnya. Kalau keindahan alamnya, Danau Toba atau Bunaken saya kira tidak kalah dari Bali. Namun kejujuran, ketulusan, ketotalan serta penghormatan yang diberikan oleh manusianya, Bali memang beda. Mereka ramah dan sangat dipercaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023