Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 2.

Gambar
  Thema : Ersada Ukur Ibas Pertoton Nas : 1 Petrus 3 :  8 - 12  Nas Renungen  1 Petrus 3:8-12 (KARO)  Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam bagi ersenina, dingen mesayang janah meteruk min ukurndu sekalak nandangi si debanna. Ula balas perbahanen si jahat alu si jahat, ntah sumpah alu sumpah. Tapi balaslah alu pasu-pasu, sabap pasu-pasu me si ipadanken Dibata IberekenNa man bandu, asum kam IdiloNa. Bagi lit tersurat i bas Pustaka Si Badia, "Kalak si mesikel nggeluh cawir metua dingen senang, la banci melasken si jahat, bage pe la banci erbual. Arus jera ia i bas perbahanen-perbahanen si jahat nari, jenari ibahannalah si mehuli; arus idaramina tuhu-tuhu perdamen alu bulat ukur. Sabap Tuhan tetap natap kempak kalak bujur, janah tetap IbegikenNa pertotonna; tapi IlawanNa kalak si ndalanken perbahanen si jahat." Fakta dan Makna  1. Dage kedungenna ersada min ukurndu ras ersada min penggejapenndu. Sikeleng-kelengen min kam ba

Hewan Itu Guru Minimalisku

 Joni Sembiring*

Cobalah sesekali berguru dari hewan-hewan lucu dan seram yang ada di sekitar kita. Kebanyakan dari mereka minimalis banget, bukan! Kalau kita ingin belajar hidup minimalis (hidup tanpa banyak barang), ada baiknya kita belajar dari mereka. Nantinya kita akan memperoleh begitu banyak pelajaran berharga tentang dunia minimalis dari hewan-hewan yang setiap hari sekolah hidup di hutan sana. Hutan adalah kampus kebijaksanaan mereka, di hutan mereka merayakan kehidupan tanpa jahat terhadap tempat kuliah mereka sendiri.

Orang Utan yang hidup berkomuni dan terlihat ketulusan nya. Sumber Photo : https://listaka.com/

Kalau ingin memulai hidup minimalis, caranya gampang banget. Amati saja hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Mempelajari pengajaran “kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri” (Matius 22:39) akan sangat terasa gampang, apalagi mempelajari tips-tips dari tokoh-tokoh yang sudah bertahun-tahun hidup minimalis. Semuanya akan terasa sangat mudah dilakukan apabila kita berhasil mempelajari ilmu minimalis dari hewan-hewan yang ada di sekitar kita.

Maka dari itu berefleksilah dari hewan-hewan minimalis di sekitar kita. Tugas saudara-saudara yang ingin memulai hidup minimalis adalah memanen refleksi-refleksi dari gaya hidup guru-guru bijaksana di atas.  Sesederhana itu, selamat mempreaktekkan refleksi yang kita temukan dan selamat menikmati rasa baahgia di dunia minimalis. Tuhan Yesus memberkati.  

Sumber photo : https://www.pinterest.com/



* Joni Sembiring Seorang Detaser  di Runggun GBKP.

Beliau mempraktekkan pola hidup minimalis sebagai seorang vegan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023