Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

CATATAN TAMBAHAN KHOTBAH Minggu Passion V/LETARE (Teridahlah) 27 Maret 2022

 

Invocatio

Philipi 4 : 4

Ogen

Lukas 15 : 1 – 7  ( Tunggal )

Khotbah

Masmur 32 : 8 – 11   ( Responsoria)

Thema

Meriahlah Atendu Ibas Tuhan

 

Khotbah  Masmur 32 : 8 – 11  

 

32:8       Nina TUHAN , "Aku nuduhken dalan si man dalanenndu, Kuajarken kam dingen matangKu tetap mperdiateken kam.

 

32:9       Ola kam bali ras kuda si la rukur, si arus iatur alu sangam ras tinali, adi la bage la nggit patuh."

 

32:10     Mbue kiniseran si man tahanenken kalak jahat, tapi kalak si ernalem man TUHAN , ikelewetiNa alu keleng ateNa si tetap.

 

32:11     O kalak bujur meriahlah atendu i bas TUHAN . Suraklah alu meriah, o si ngikutken Ia

 

Fakta (info paling penting dari Nas)

 

1.    Penulis Masmur pasal 32 ini diyakini adalah Daud yang pada kenyataannya mempunyai kedekatan dengan Tuhan melalui nyanyian atau Masmur.  Dan pada perikop  yang menjadi nas renungan/khotbah minggu passion v ini berbicara tentang satu fakta kehidupan.   Tuhan berkata dalam Masmur Daud, bahwa DIA menunjukkan jalan yang harus ditempuh.  Tuhan juga memberi pengajaran bahwa  mata Tuhan tetap memperhatikan pemasmur.

2.    Tuhan meminta manusia supaya tidak sama dengan kuda yang tidak berfikir, dimana kepatuhannya sangat ditentukan oleh sangam dan tali kekang.

3.    Tuhan lalu melanjutkan penjelasanNYA bahwa orang jahat akan banyak menanggung penderitaan.  Sebaliknya setiap orang yang berserah kepada Tuhan, selalu dikelilingi Tuhan dengan Kasih Sayang Nya yang tetap setia.

4.    Pada bagian terakhir Masmur pasal 32 ini pemasmur menyampaikan suara Tuhan supaya orang baik bersuka cita di dalam Tuhan. Bersorak semua manusia yang mengikuti Tuhan .  

Sumber photo :  https://biblepic.com/

Makna (magna atau kerugma dari nas yang sesuai dalam segala jaman)

1.    Tuhan tidak bermain dadu saat menciptakan manusia, ini sebuah perkataan yang disampaikan oleh seorang manusia yang paling cerdas yang pernah hidup di dunia namanya Albert Einstein.  Kalau dipahami maksudnya, Tuhan tidak menciptakan manusia dan memberikan manusia itu melakukan apapun yang dikehendakinya tanpa sepengetahuan Tuhan Allah.  Setelah itu baru diadili apakah yang dia lakukan baik atau jahat.  Apa yang dikatakan Eisntein ini dibenarkan oleh Masmur yang menjadi renungan kita, bahwa Tuhan selalu membantu manusia menemukan dan memilih arah kehidupannya yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Tuhan benar benar, menunjukkan jalan yang harus ditempuh manusia sepanjang hidupnya, namun banyak manusia yang tidak sadar bahwa dia dituntun Tuhan.  Ada juga yang sebenarnya  sadar bahwa Tuhan menuntunya dan memberi pentunjuk, namun dia lebih suka memakai jalan nya sendiri.  Tapi akhirnya tersesat dan menyesal. 

2.    Oleh sebab itu Tuhan itu seolah mengkritik manusia dengan mengatakan jangan sama dengan kuda.  Kuda ya kuda, daya pikirnya hanya sebatas sangamnya dan kepatuhannya ditentukan oleh tali kekangnya.  Kata Tuhan melalui pemasmur, manusia itu haruslah merenungkan setiap perkataan Tuhan.  Merenunglah, berfikir lah untuk memilih jalan yang lebih sesuai dengan rencana Tuhan.  Apakah setiap orang pasti ditunjukkan Tuhan jalan yang harus dia tempuh? Jawabnya ia, setiap manusia yang diciptakan Tuhan,  Tuhan  mengasihinya dan menunjukkan jalannya.  Manusia yang memohon petunjuk kepada Tuhan pasti di tolong Tuhan. Berapa kali kam sudah meminta petunjuk kepada Tuhan? 

3.    Tuhan dengan tegas mengakatan bahwa orang jahat pasti akan mendapat upah yang setimpal dengan kejahatannya.  Orang yang patuh dan percaya kepada Tuhan akan mendapatkan kasih sayang Tuhan yang sangat setia. Bentuk bentuk pertolongan TUhan banyak disebutkan pada Masmur 107.  Berikut ini salah satu contohnya...    

Sumber photo : Koleksi Pribadi
     

4.    Oleh sebab itu, orang yang patuh kepada Tuhan, orang yang taat kepada Tuhan, orang yang menderita karena imannya kepada Tuhan, perlu sekali bersuka cita.  Tidak ada alasan untuk tidak bersuka cita semua orang yang selalu mengikuti tuntunan Tuhan melalui Yesus Kristus anakNYA yang Tunggal.  Sukacita dalam dunia ini hanya ada dua, sukacita dalam Tuhan dan sukacita duniawi.  Sukacita duniawi berakhir dengan penyesalan dan kematian, sedangkan sukacita dalam Tuhan berakhir dengan rasa syukur dan kekekalan.  Satu hari saja di Rumah Tuhan sangat lah senangnya, apalagi selama lamanya bersama Yesus Kristus  di Yerusalem Baru….

Pengkenaina/Target   Prioritas

(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman yang dikhotbahkan)

 

1.       Orang Kristen itu haruslah bersukacita, karena Tuhan Setia menolong nya dan memberikan petunjuk di dalam hidupnya, sepanjang hidupnya.  Mengapa orang bersedih, kecewa, putus asa, menyendiri, lalu menderita, karena dia memakai semua kepintaran dan pikiran pikiran duniawinya.  Untuk bersukacita, pakailah pikiran Tuhan dalam hidup sehari hari.

2.       Tuntunan Tuhan selalu ada. Dalam menghadapi masalah sebesar apapun, memecahkan misteri kehidupan segelap apapun caranya adalah bertanya kepada Tuhan dan mendengar jawaban Tuhan.  

3.       Kegembiraan Orang Kristen seharusnya mengalir dan menyebar kepada semua orang lain.  Oleh sebbab itu jangan simpan ukurndu meriah e, tapi bagikenlah man kalak sideban.  Kita punya utang untuk membuat orang lain bergembira. Oleh sebab itu Injil disebut Berita Gembira/ Kabar Kesenangan.  Dengan jalan yang dituntun Tuhan marilah kita bagikan INJIL kepada semua orang lain, supaya dia juga bersukacita di dalam hidupnya.  Amin.

 

Bujur Ras mejuah juah kita kerina  

Pt Analgin Ginting

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023