Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PJJ 19 sd 25 Mei 2019. Setan Setan Pun Takut Sama Pertua dan Diaken



 Ipilih, Itetapken Ras Ibere Kuasa

Ogen  Markus 3 : 13 - 15

Persikapen Pemilihen Pertua Diaken

Markus 3 : 13 – 15

3:13 E maka lawes Jesus ku das uruk-uruk, janah idiloNa kalak rikutken si payo iakapNa. Kalak enda ndai reh ndahi Jesus.

3:14 E maka itetapken Jesus sepuluh dua kalak jadi Rasul. Nina Jesus man si sepuluh dua kalak ndai, "Kam enggo Kupilih gelah ras Aku. Kusuruh kam ngajar,

3:15 janah lit kuasandu mpelawes setan-setan.


Fakta

1.     Injil Markus meceritakan kisah Yesus memilih 12 orang murid yang nantiya mengubah wajah dunia, sampai saat ini.

2.     Yesus sengaja naik ku uruk uruk  sambil mengajak murid murid yang DIA pilih

3.     Semua yang terpilih dari ribuan manusia yang mengenal dan dekat secara fisik dengan dia hanya 12 orang, dan semua yang 12 orang yang sesuai dengan kata hatiNYA.

4.     DuaBelas orang si terpilih reh ndahi ia.

5.     Kence genep 12 kalak siipilih Yesus, maka man bana kerina erkata Tuhan Yesus nina : Kam enggo kupilih gelah ras Aku, kusuruh kam Ngajar janah lit kuasandu mpelawes setan setan.

6.     Yesus berbicara singkat, tajam, jelas dan sangat berwibawa. 

7.     Dua Belas orang murid murid sejak saat itu selalu bersama sama dengan Yesus, tidak pernah meninggalkan Dia.


Makna

1.     Tuhan Yesus lah yang berinisiatif untuk memilih murid murid NYA (Rasul Rasul Nya)

2.     Kriteria pemilihan Tuhan Yesus adalah yang sesuai dengan hatiNYA sebagai Manusia dan Sebagai Tuhan Sekaligus.  Semua murid murid yang dipilih Tuhan Yesus adalah yang bisa diterima dan terhormat dalam dunia manusia, dan juga mampu menyadari dirinya adalah Warga Surga.

3.     Dalam Injil markus ini terlihat ada 3 Hal Utama yang menjadi Tujuan/Target/Visi/ Misi pemilihan Yesus terhadap murid muridNYA

a.     Selalu bersama dengan Tuhan Yesus

b.     Memberi pengajaran kerna Kasih Sayang/Kasih Setia Tuhan Yesus

c.      Mengusir setan setan.

4.     Saat mereka dipilih tidak ada injil yang mengatakan bahwa Murid Murid yang dipilih menunjukkan keheranan dan keterkejutannya, serta berkata “Koq Aku Yang DIpilih?”.  Semua serayan Tuhan yang terpilih sesuai dengan Kriteria Tuhan Yesus tidak pernah heran, terkejut dan merasa takut.  Sebab Yesus memilih murid murid NYA dengan wibawa Surga, serta diberikanNYA kelengkapan Surgawi untuk hidup dan melayani di dunia.

5.     Mengusir setan setan, adalah Kuasa yang diberikan Tuhan Yesus kepada semua murid muridNYA.  Dengan kuasa itu maka Setan setan takut berdekatan dengan murid murid .  Setan adalah oknum yang menjadi  sumber semua ketakutan, keberdosaan manusia. Tapi murid murid berkuasa atas Setan Setan artinya, bahwa murid Tuhan Yesus sanggup dan mampu mengusir setan setan yang mengganggu, tapi juga ada makna lain yaitu Kuasa  yang diberkan Tuhan Yesus kepada murid muridNYA adalah kuasa untuk melawan godaan serta rayuan setan setan sehingga tetap dalam prilaku yang benar di mata Tuhan.

6.     Dua belas orang kecuali Yudas Iskariot adalah murid murid yang setia, yang selalu bersama sama Tuhan Yesus dan menjadi sumber  berdirinya semua gereja yang ada di dunia saat ini. Murid yang sudah dipanggil Tuhan Yesus jarang sekali yang memilih mundur.  Gejapkenlah bahwa Tuhan Yesus nge si milih pertua ras diaken.

7.     Dalam pemilihan Pertua Diaken ibas bulan Yuni sir eh enda harus lah sigejapken dua peranan ta

a.     Saat kam jadi pemilih, berusaha lah  untuk menjadi wakil Tuhan Yesus dalam memilih.  Pilihlah yang sesuai dengan hati nurani ndu .  Kebenaran Tuhan muncul dalam hati setiap manuisa yang peka mendengarnya.

b.     Saat kam jadi yang dipilih berfikir lah dan yakin lah bahwa Tuhan Yesus nge similih kam. Janah tugasndu pe lit 3; (1) bersama sama dengan Yesus, (2) mengajar orang lain secara baik dan benar dan (3)mengusir setan setan sebagai raja penipu.



Pengkenaina

·       Muncul lah min kesadaran bahwa saat pemilihan pertua diaken, jemaat merasakan bahwa dia dipakai Tuhan untuk memilih.   Terimalah tanggung jawab dan kehormatan ini dengan ucapan syukur serta berjanjilah bahwa Melayani Tuhan Yesus lebih dari apapun di dunia ini.

·        Memilih lah dengan bertanggung jawab.

·      Terima lah pemilihan Tuhan, baik terplih maupun tidak terpilih.  Bagi yang tidak terpilih berarti Tuhan memerlukan kam di tempat  yang pas dan sesuai

·       Setelah terpilih gejapken bahwa lit telu tugas utama kerina serayan Tuhan. Bersama sama dengan Tuhan, mengajar dan megusir setan setan.  TUgas Diaken ras tugas pertua labo ndauh kal bedana.  Jadi antara Pertua dan Diaken dihadapan Tuhan Yesus sama semua.
·         
Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023