Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Khotbah Minggu 12 Mei 2019 Minggu Jubilate. Tetap Erbuah Ibas Jesus



Warna Stola Megersing

Invocatio
Tetap nge aku ermeriah ukur ibas Tuhan Erkiteken Dibata Kap Singkelini aku (Hab 3 : 18)
Ogen

Kuan-kuanen  15:1-9 (Responsoria)

Khotbah

Yohanes 15:1-8 (Tunggal)   

Thema
Tetap Erbuah Ibas Jesus

Khotbah : Yohanes 15 : 1 - 8

15:1 "Aku kap batang anggur si tuhu-tuhu, janah BapangKu kap perkebun anggur e.

15:2 Dahan-dahan si la erbuah itektekNa, janah dahan-dahan si erbuah ibersihkenNa alu mutiki tunas-tunas si la erguna gelah reh buena buahna.

15:3 Kam enggo ibersihken alu kata si Kukataken man bandu.

15:4 Tetaplah min kam i bas Aku, janah Aku pe tetap i bas kam. Dahan labo ngasup erbuah adi la kin ersada dahan e ras batangna. Bage me pe kam, adi la kin kam ersada ras Aku labo kam erbuah.

15:5 Aku kap batang anggur janah kam me dahan-dahanna. Kalak si tetap i bas Aku dingen Aku i bas ia melala me buahna; sabap adi la kin ras Aku labo kam ngasup erbahan kai pe.

15:6 Kalak si la tetap i bas Aku itektek me bagi dahan. Jenari kerah me ia. Ipepulung me dahan e jenari iambekken ku bas api.

15:7 Adi kam tetap i bas Aku janah KatangKu tetap nggeluh i bas kam, banci ipindondu kai pe atendu, janah ialokenndu me kai si ipindondu e.

15:8 Adi melala buahndu, kam me ajar-ajarKu, janah i bas si e ermulia me BapangKu.
Setiap Dahan menghasilkan buah anggur 

1.        Pembukaan/Lead

Syaloom mejuah juah kita kerina Nande Bapa Turang ras senina ibas kekelengen Tuhanta Yesus Kristus.

Adi siibaratken geluhta enda seri ras sinuan sinuan misalnya batang rimo, enggo me akapndu kita erbuah?  Janah enggo me buah ta erguna tuhu tuhu nandangi jelma sideban?

Ibas Nas khotbah ta sekalenda ngataken uga maka kita enda kalak sitetap menang, sekalak si tetap semakin lama semakin berprestasi atau berbuah…

Ibas Thema Tetap Erbuah ibas Jesus,  mari terdauhen sinen uga gelah kita kerina tetap erbuah, janah erbuah ibas Jesus Tuhanta Si Badia. E…



2.   Fakta

1.        Tuhan Yesus memberikan pengajaran dengan mengambil sebuah analogy yang sangat kontekstual, Pohon Anggur.   Yesus menyatakan diriNYA seperti pohon anggur yang ditanam luas di kebun, dan Pemilik atau pengusaha semua kebun itu adalah BAPANYA Di SURGA

2.        Tuhan Yesus lalu menjelaskan lebih detail tentang pohon anggur bahwa batang, mempunyai cabang dan ranting lalu buah keluar dari cabang cabang atau ranting ranting.   Cabang/dahan   yang tidak berbuah akan dipotong, lalu potongan dahan  itu akan menjadi kering dan selanjutnya akan dibakar dalam api.   Sebaliknya cabang yang menghasilkan buah akan dipruning, dimana tunas tunas serta buah buah kecil dan tidak baik akan dipetik dan dibuang, sehingga yang tersisa adalah buah buah yang baik dan berkualitas super.

3.        Setelah menjelaskan ini TUhan Yesus memberi  penekanan bahwa Murid MuridNYA adalah cabang atau dahan yang disisakan karena berbuah.  Semenatara yang lain sudah dibuang.   Murid Murid dijelaskan TUHAN YESUS sudah  dibersihkan melalui perkataan  Tuhan Yesus.

4.        Lalu TUhan Yesus dengan sangat serius memohon kepada semua murid murid  untuk tetap bersama diriNYA.  Dijelaskan dengan lebih dalam bersama analogi dahan anggur tadi, bahwa Yesus adalah Pohon, dan murid murid serta semua orang percaya adalah dahan/cabang,  

        dan Cabang tidak bias hidup jika tidak menyatu dengan Pohon.  Dari mana Cabang mendapatkan makanan dan seluruh kebutuhannya jika tidak dari Pohon

5.        TUhan Yesus berkata, cabang tidak bias berbuah tanpa melekat ke Pohon.  Murid murid tidak bisa berbuah jika tidak melekat dengan Tuhan Yesus.

6.        Tuhan Yesus meningkatkan penjelasannya dengan berkata bahwa Murid yang bersatu dengan Dia (kam bas Aku, janah Aku pe bas kam) akan berbuah banyak, sementara manusia yang tidak berbuah dalam hidupnya akan dipotong, dibuang dan dibakar
.
7.        Makin dalam dijelaskan Tuhah Yesus, bahwa yang dimaksud kan NYA adalah FIRMAN TUHAN harus hidup dalam diri murid murid, maka murid murid itu akan berbuah banyak.  Bahkan apapun bisa diminta kepada TUHAN dan TUHAN akan (pasti) mengabulkannya.

8.        Lalu di ayat 8 Tuhan Yesus memberikan sebuah makna teologis yang sangat mendalam “ JIka berbuah banyak, maka itulah murid sejati Tuhan Yesus, dan NAMA BAPA di Surga akan dimuliakan.


Salah satu perkebunan anggur di Prancis 

3.  Makna.

1.     Tuhan Yesus memakai pohon anggur untuk menjelaskan pengajaranNya, bukti bahwa segala sesuatu bisa dipakai TUhan Yesus untuk mempermudah pengajaranNYA.  Hal ini juga mengandung makna bahwa Pengajaran Tentang Tuhan Yesus harus lah mudah dipahami oleh jemaat. 

2.     Dahan bukanlah yang utama dalam tanaman,  POKOK atau BATANG lah yang utama.  POKOK atau BATANG ada karena ada yang menanam dan menumbuhkan.  Manusia bukanlah utama, dan akan menjadi sia sia jika dahan tidak berhubungan dengan pohon atau yang utama.  Manusia akan menjadi lebih utama jika tetap bersatu dengan TUHAN YESUS. Makna terdalam atau prestasi tertinggi bisa diraih manusia jika dia terhubung dengan TUHAN, dengan cara Firman TUHAN diingat dan dijalankannya sepanjang hidupnya.

3.     Manusia (murid murid) akan bertahan/tidak dipotong dan dibuang  karena dirinya Sudah dibersihkan Tuhan Yesus melalui kata kata atau FIRMANNYA. Jadi  dalam analogy pohon anggur tadi, manusia yang sudah terpilih ibarat dahan produktif yang dibiarkan untuk berbuah. 

4.     Manusia mempunyai tantangan terbesar dalam hidupnya  mempertahankan keterhubungannya dengan Yesus sepanjang hidupnya.   Kalau manusia itu lepas dari Tuhan Yesus, dimana FirmanNYA tidak pernah lagi diingat dan tidak diindahkan atau tidak dijalankan maka sudah pasti dia akan dipotong/dipisahkan untuk mendapatkan perlakuan terbuang dan dibakar.  Sebaliknya jika dia mampu bertahan dalam Tuhan Yesus, maka seluruh permintaannya dikabulkan TUHAN YESUS.  Saya mengenal seorang pendeta yang taat kepada Tuhan yang mempunyai permintaan melayani ke seluruh dunia.  Tuhan mengabulkannya.

5.     Bisa saja seorang manusia mencapai prestasi dan kekayaan yang sangat besar sekalipun dia terpisah dari Tuhan. Namun prestasi dan kekayaan itu tidak akan membawa damai kepada dirinya,  bahkan terlihat akan menjadi sia sia.

6.     Bisakah terjadi dalam diri seseorang , dimana semakin dia kaya semakin pula dia memuliakan Tuhan.  Jawabnya bisa, asal kekayaannya dia persembahkan untuk memuliakan Tuhan.  Bill Gates dan istrinya Melinda Gates yang mempunyai kekayaan sekitar 1400 Triliun berniat untuk tidak meninggalkan warisan kepada anak anaknya. Mereka berniat untuk menghibahkannya semua...

4.  Target.  (Pemahaman baru yang harus dimengerti jemaat Setelah mendegar Khotbah )

·       TUhan Yesus menginginkan agar semua murid muridNya berbuah, berprestasi dan sukses di dalam kehidupannya.  Iulah sbabnya Tuhan Yesus menyampaikan rahasia kehidupan yang berkelas dan berkelimpahan

·       Setiap Murid yang ingin berprestasi dan berkontribusi dalam melayani adalah murid yang yang selalu melekat dengan TUhan Yesus.  Ibarat cabang batang anggur yang selalu melekat dengan batang Anggur

·       Yakin lah dan kembangkanlah terus secara berkelanjutan  bahwa Yesus Kristuslah sumber segala keberhasilan dan kesuskesan  dalam hidup murid murid yag dikasihNYA

·       Tawaran Tuhan Yesus tentang kebahagiaa hidup lebih lengkap dan lebih mudah dari semua tawaran tawaran lain dalam hidup ini.  Maka dengarkan Tuhan Yesus saja

·       Banyak sekali sumber kebahagiaan hidup yang belum kita tahu saat ini, tapi tetaplah berhubungan dengan Tuhan, orang tua dan semua teman teman supaya ksuksesan kita juag adalah kesuksesan buat mereaka.

5.   Respon

·        Bersukurlah kepada Tuhan Yesus karena kita semua sudah dibersihkan melalui perkataan Tuhan Yesus.  Artinya sebagai cabang pohon anggur, kita termasuk yang tidak  dipotong, dibuang dan dibakar.  

·        Praktekkan dan wujudkan buah dalam kehidupan yang selalu dekat dengan Tuhan .  Yesus adalah Pokok Anggur, kita semua hanya cabang cabangnya.


6.  Power Statement (penutup)

Pindolah Maka Ibereken, tuktuklah pintun e maka ibukaken Tuhan man banta kerina.  Berbuah lebat dalam Jesus Kristus.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023