Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan : PA Mamre Tanggal 5 – 11 May 2019




 Manajemen Keuangan

Bahan  Penelaahan  : Kejadian  41 : 39 – 49

Thema     :  Kalak Sierkiniteken Pentar Erbahan Perencanaan

Tujuan     :   1. Pentar erbahan perencanaan keuangan man keluarga ras jelma         sienterem

                     2. Ngasup menciptakan peluang pengembangan ekonomi man jelma   sienterem
Fakta

1.                 Firaun mengatakan bahwa Yusuflah manusia yang paling berakal budi di seluruh Tanah Mesir oleh karena Allah memberitahukan makna mimpi Firauan kepada Yusuf.

2.               Yusuf sangat dipercaya oleh Firaun dan diangkat menduduki jabatan yang sangat tinggi, diikuti dengan seluruh kuasa dan wawanangnya.

3.                Firaun memperlengkapinya denga pakaian, cincin dan benda benda yang lain untuk memperlengkapi Yusuf.  Yusuf lah jadi penguasa yang paling tinggi di Mesir

4.                 Pada masa itu umur Yusuf 30 tahun dan segera dia turun dan mendatangi rakyat di seluruh Mesir.  Kemanapun diasampai

5.                 Pada masa Yusuf dinobatkan, hasil tanaman sangat berlimpah limpah dan terus berproduksi selama 7 tahun berturut turut.   Lalu Yusuf mengumpulkan hasil bahan makanan, dalam masa kelimpahan selama 7 tahun.  Dan menyimpan semuanya di lumbung lumbung atau tempat penympanan di masing masing kota.

6.                  Yusuf menimbun gandum seperti pasir dilaut karena memang sangat banyak sekali.



Arti Dan Makna

1.                Tuhan lah melimpahkan kecerdasan dan kemampuan membaca mimpi kepada Yusuf. 

2.                Tuhan membuat Firaun untuk mengangkat Yusuf menduduki jabatan yang maha tinggi serta  dan mempunyai kuasa dan wewenang yang paling tinggi di seantoro Mesir. Jabatan seorang manusia terwujud karena Tuhan yang mengaturnya secara transendental (sukar dipahami, keilahian)

3.                 Yusuf diberi kemampuan dan kecerdasan berfikir yang dimensinya jauh ke masa depan.  Dari kemampuan melihat jauh kedepan ini lah muncul keterampilan membbuat perencanaan, sehingga hasil panen yag berlimpah di simpan di lumbung lumbung seluruh kota di Mesir.  Tidak disimpan di GUdang Pusat, supaya cepat bisa digunakan jika suatu saat diperlukan.

4.                Menjaga dan mengotimalkan kehidupan dan seluruh proses dan buah buah keberhasilan dalam hidup  memerlukan perencanaan untuk menggunakan sumber daya secara berkelanjutan.

5.                Dalam kehidupan pribadi atau keluarga, seroang anggota mamre harus mampu melihat secara imaginatif bahwa kehidupan mengarah kedepan.  Dengan demikian seorang mamre yang baik dan mampu mengasihi keluarga secara jangka panjang, harus mampu membuat perencanaan dalam hidupnya.

6.                  Setelah rencana dibuat, maka harus ada komitmen untuk mewujudkan rencana
.
7.                  Karena hidup mengarah kedepan, maka menghargai dan mengotimalkan hidup adalah dengan membuat perencanaan. 

8.                  Dalam istilah paling sederhana rencana adalah mengatur sumber daya untuk digunakan di masa depan.

9.                  Praktek  Hidup yang mempunyai rencana adalah ada tabungan atau invetasii.  Tabungan akan semakin besar jika ada disiplin untuk selalu mengatur supaya pengeluaran lebih kecil dan pendapatan.


Pengkenaina.

Mamre dituntut untuk melihat kehidupan berjalan kedepan, dalam arak arakan suci menanti kedatangan Yesus kedua kali.  Masa depan adalah sumber daya yang diberikan dalam bentuk waktu dan sumber daya lainnya.

Masa depan adalah masa yang dituju dengan membuat perencanaan.  TUhan lah yang menyuruh manusia membuat rencana supaya kehidupan manusia bisa bertahan dan berlanjut menyongsong kedatangan Kristus yang kedua kali

Semua pemikiran dan imaginasi manusia dating daru Tuhan,maka minta lah anugerah Tuhan supaya semua kita mamre mampu membuat perencanaan hidup yang lebih baik.
.
Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023