Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah Minggu 26 Mei 2019. OPTIMISME Dan Dampaknya Dalam Kehidupan



Minggu Rogate  à Ertoto
Warna Stola Megersing

Invocatio
O Dibatangku, o rajangku, begikenlah sorangku erlebuh mindo penampat. Sabap man bandu ngenca aku ertoto ( Msm 5 :3)
Ogen

Masmur 102 : 2-5. 13 – 23 (responsorial)

Khotbah

Lukas 11 :  5 – 13 (tunggal)   

Thema
Dibata Mereken SI Mehuli  

Lukas 11  : 5 – 13

11:5 Tole nina Jesus man ajar-ajarNa, "Adi sekalak i bas kam lawes ku rumah temanndu i tengah berngi janah nindu, 'O teman, kupinjam min rotindu telu ngkibul,

11:6 sabap temanku si i bas perdalanen singgah ku rumahku janah la lit si man berenken man bana.'

11:7 Banci jadi temanndu e erjabap i rumah nari, 'Ola ganggundu aku! Pintun enggo ieruk, janah aku ras anak-anakku enggo medem. La terbahan aku keke guna merekenca man bandu.'

11:8 Bage gia, Kukataken pe man bandu, aminna gia ia la keke mereken roti man bandu erkiteken ia temanndu, tapi perbahan la kam mela mindo alu meseksek, keke nge ia, iberekenna man bandu kai si iperlukenndu.

11:9 Perbahan si e Kukataken man bandu: Pindolah tentu ngalo kam; daramilah, tentu idatndu; tuktuklah, tentu italangi pintun man bandu.

11:10 Sabap ise si mindo ngalo kap, janah ise si ndarami idatna kap, bage pe ise si nuktuk pintun italangi kap.

11:11 Tentu la lit i bas kam selaku bapa mereken nipe man anakndu adi ipindona nurung.

11:12 Ntah iberekenndu kacip gelang man bana adi ipindona tinaruh.

11:13 Dagina, adi kam pe kalak si jahat ietehndu mereken si mehuli man anak-anakndu, apai denga ka Bapa si i Surga. Tentu iberekenNa nge man bandu Kesah si Badia man si mindo man baNa.

1.        Pembukaan/Lead

Syaloom ras  mejuah juah kita nande Bapa Turang ras senina, uga beritandu kerina?

Lit sada buku si itulis Victor Frankle tentang kematen.  Ia pernah itawan Nazi sanga perang dunia kedua.  Janah idahna kekejaman tentara Jerman tupung e tiap wari mengeksekusi kalak Yahudi si itawanna.
Victor Frankl endape kalak Yahudi, siakhirna selamat ras nggeluh jadi sekalak ahli ibas kegeluhenna, janah itulisna me buku berdasarken pengalaman ras kai siidahna sanga ia ipenjara e

Nina bagenda
Melala kal kalak Yahudi e, enggo leben mate sebelum dieskusi.  Enggo mate leben ope dengan itembak tah itamaken ku kamar gas.

Engkai maka leben mate, sebab ibas pikirenna lanai akapna lit kemungkinen ya selamat, enggo pesimis ia lanai bo banci lepas.   Emaka enggo mate ia leben.
Ternyata pemikiren pesimis mbelin kal dampakna ku kesehatan, termasuk erbanca kalak lampas kujah.

Victor Frankl sendiri la surung mate, nina alasenna erkiten optimis ia  lalap.  La ia patah semangat, ceria ras erpengarapen ia lalap.  Tiba tiba penjara ingan i tawan e,  i bom sekutu janah selamat ia.

Nande Bapa Turang ras senina, nas khotbah ta sekalenda ngajarken gelah kita tetap optimis ibas erbage bage persoalan bas  geluh enda,  janah kai dasar si paling utama eme si gargari ras ras.



2.   Fakta

1.        Tuhan memberikan suatu pengajaran kepada Murid Muridnya tentang meminta dan mendapatkan sesuatu.

2.        Tuhan Yesus  menceritakan sautu saat sesorang meminjam kepada temannya roti di tengah malam karena roti di rumahnya tidak ada,  dan punya tamu dari jauh,  dan tidak ada makanan atau roti di rumahnya.  Pada saat dating ke rumah temannya,  teman itu sudah tidur dan ditempat tidur.  Dia awalnya tidak mau memberi,  tapi karena di desak terus dan dia seroang teman, maka akhirnya diberikannya. 

3.        Dari Contoh ini Tuhan Yesus lalu menekankan bahwa “ Tidak Perlu malu untuk mendesak dan meminta, sampai akhirya sang teman meminjamkan roti nya.

4.        Lalu Tuhan Yesus menegaskan untuk aktif tanpa malu malu memintalah  dan akan diberikan, carilah maka aka mendapat serta ketuklah maka akan diberikan

5.        Tuhan Yesus menyampaikan satu prinsip, bahwa siapa yang meminta akan menerima, ssiapa yang  mencari akan menemukan, siapa yang mengetuk akan dibukakan.

6.        Tuhan Yesus menceritakan analogi lagi bahwa seorang ayah jika anaknya  meminta ikan tidak mungkin dikasih ular, atau siapa yang meminta roti tidak akan diberikan kala jengking.

7.        Manusia yang terbatas dan berdosa pun akan memberikan yang terbaik kepada anak anaknya, apalagi  Bapa di Surga, dia akan meberikan yang terbaik kepada anak anaNYA.



3.  Makna.

1.     TUhan Yesus tidak pernah merasa lelah untuk menyampaikan berita kepada murid muridNYA tentang kebaikan Bapa DI SUrga .  SElalu berusaha menceritakan dengan mudah dan memakai analogy supaya penjelasannya tajam dan mudah dipahami.

2.     Seseoang harus berani dan mau meminta, tidak gengsi tidak JAIM namun proaktif dan rendah hati.  Bahwa ada penolakan itu pada awalnya benar, namun dibalik itu semua orang ternyata senang  jika memberikan sesuatu.  Persoalan dalam hidup ini seberat apapun pasti ada jalan keluarnya, oleh sebab itu menjadi murid Tuhan atau menjadi orang Kristen harus lah Rajin dan aktif meminta kepada Tuhan.

3.     Tuhan sangat menghargai orang yang aktif, rajin, mau meminta.  Tidak akan ada upaya yang sia sia untuk meminta , memohon dan berdoa kepada Tuhan Yesus.

4.     Permintaan kepada Tuhan disampaikan dalam Doa, lalu aktif lah bukan pasif menanti Tuhan mengabulkan permintaan doa kita.

5.     Prinsip yang paling penting dari Nas ini .... apapun yang diminta, dicari  pasti akan ada dampaknya positifnya.  APapun yang diinginkan dan disampaikan kepada Tuhan Yesus, akan diwujudkan dengan berbagai cara. 

6.     Dibutuhkan juga kecerdasan, kedewasaan serta kepekaan untuk memahami jawaban Tuhan Yesus.

7.     Hidup Harus selalu optimis, jangan putus asa, dan aktiflah meminta kepada manusia dan kepada Tuhan .  Kualitas Iman seseorang dan level kedewasaan karakternya ditentukan oleh seberapa sering dia meminta kepada TUHAN, dalam doa doa nya





4.  Target.  (Pemahaman baru yang harus dimengerti jemaat Setelah mendegar Khotbah )

·       Hendakknya Jemaat mempunyai pemahaman dan kesadaran bahwa TUhan Yesus   itu sangat baik, Super baik dan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada manusia.  Jangan pernah ragukan kebaikan Tuhan Yesus kita.

·       Banyak persoalan dalam hidup kita, mulai dari persoalan yang sangat sederhana sampai  kepada prsoalan yang sangat rumit.  Namun semua persoalan itu ada solusinya, pasti ada jalan keluarnya.  Jawaban kepada persoalan hanya bias didapat dengan mencari, dengan meminta, dan dengan mengetuk pintu . 

·       Doa akan membuat setiap orang optimis dan berfikir positif.  Oleh sebab itu selalu berdoa dan memohon kepadda Tuhan.

 5.   Respon

·        Percaya lah jangan pernah ragu bahwa TUhan Yesus dan Bapa di Surga adalah sangat sangat baik dan mau mengabulkan semua permintaan  anak anakNYA.

·        Jangan khawatir jika ada masalah, datanglahkepada Tuhan Yesus, doakanlan dan nantikan lah jawab TUhan yang selalui indah pada waltunya.

      Hiduplah dengan optimis dan penuh keyakinan bahwa Tuhan Pasti mau menolong anak anakNYa yang memohon kepadaNYA. Tidak ada yang tdiak mungkin bersama kehendak Tuhan 

6.  Power Statement (penutup)

Kuatkan dan teguhkanlah hati. Janganlah kecut dan tawar hati disaat situasi sulit dan sukar sekalipun. Sebab Dia, Tuhan, yang akan terus menyertai kehidupan kita senantiasa, kapanpun dan dimanapun kita ada.

Amin.  Bujur melala, mari Ras kita ertoto...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023