Featured Post

Catatan Tambahan PJJ 28 April – 4 Mei 2024

Gambar
  Thema :  Ersada Ukur Ras Ersada Sura Sura 1 Korinti 1 : 10 – 17   Bahasa Karo  O senina-senina, kupindo man bandu i bas gelar Tuhanta Jesus Kristus: ersadalah katandu kerina, gelah ula sempat jadi perpecahen i tengah-tengahndu. Ersadalah ukurndu janah ersadalah sura-surandu. Maksudku eme: maka sekalak-sekalak kam nggo erpihak-pihak. Lit si ngatakenca, "Aku arah Paulus, " lit ka si ngatakenca, "Aku arah Apolos, " deba nina, "Aku arah Petrus, " janah lit pe si ngatakenca, "Aku arah Kristus." Sabap piga-piga kalak i bas jabu Klue nari ngatakenca man bangku maka i tengah-tengahndu lit turah perjengilen. Ibagi-bagiken kin Kristus man bandu? Paulus kin si mate i kayu persilang man gunandu? I bas gelar Paulus kin kam iperidiken? Kukataken bujur man Dibata sabap sekalak pe kam la aku mperidikenca, seakatan Krispus ras Gayus. Dage sekalak pe kam la banci ngatakenca maka kam nai iperidiken gelah jadi ajar-ajarku. Lupa aku! Istepanus ras isi jabuna pe nai

Perkataan Mourinho Adalah Pukulan Sangat Telak Kepada Rahmad Darmawan

Pelajaran sebenarnya untuk Tim Sepakbola Indonesia sudah didapat. Adalah perkataan Mourinho yang menyimpulkan pembelajaran itu. Setelah pertandingan melawan Chelsea yang berakhir 1-8 itu usai dilakukan, maka Mou menyampaikan pendapatnya dalam wawancara pers. Kompas Online menuliskannya seperti saya dikutip dibawah ini.


“Saya pikir tim Anda (Indonesia) harus bermain dengan semangat tinggi. Itu adalah cara yg terbaik untuk membuat tim Anda lebih baik,” jelas Mourinho dalam jumpa pers usai pertandingan.


“Bermain dengan kebanggaan membela tim nasional dan mewakili negara Anda. Jika Anda sudah memiliki itu, maka Anda akan lebih kuat dari kemampuan sebenarnya. Bahkan, jika tak punya potensi yang bagus karena lawan Anda kuat. Jika Anda bisa bermain dengan kebanggaan, maka Anda bisa lebih baik,” Mourinho melanjutkan.

Nampaknya sederhana apa yang dikatakan oleh Mourinho. Dan kita pun seolah sudah sudah tahu. Namun saya lihat perkataan Mourinho mempunyai kedalaman makna. Sebab sarannya “Bermain dengan kebanggaan membela Tim Nasional dan mewakili negara” mempunyai beberapa implikasi yang sangat mendasar. Mourinho saya kira sudah melihat dan dengan gamblang menyampaikan salah satu permasalahan sepakbola Indonesia yang paling mendasar.



Perkataan Mourionho juga adalah sebuah pukulan telak bagi Rahmad Darmawan kalau sang Coach ini ingat akan pengalamannya sekitar 2 tahun yang lalu. Saat RD mundur dari pelatih Tim Nasional, berarti dia tidak mempunyai kebanggaan sebagai bagian Tim Nasional karena mundur. Wajarlah tim nya tadi malam kalah telak sekali.
 
Selanjutnya RD harus menjelaskan dengan elegan kepada pemain usia 23 tahun yang saat ini sedang dilatihnya arti semangat bermain membela Tim Nasional. Rahmad harus mampu berempati kepada semua pemain. Berempati dalam arti mampu menangkap perasaan para pemain yang dapat mempengaruhi semangat bertandingnya. Harus mampu memahami dan merasakan perasaan serta komitmen yang sebenarnya yang dalam dada seluruh pemain, untuk membela Tim nasional dalam setiap pertandingan. Nampaknya seorang RD harus bisa dibantu oleh seorang motivator ulung.



Kembali kepada pemain. Benar apa yang dikatakan oleh Mourinho. Beberapa waktu yang lalu kita melihat dan mendengar banyak pemain yang tidak mau masuk Tim Nasional karena dilarang club nya. Juga banyaknya club yang tidak membayar gaji pemainnya seperti PSMS Medan dan Persija Jakarta yang membuat, seorang Bambang Pamungkas pun mundur dari Tim Nasional. Inilah masalah kita yang sebenarnya. Terima kasih Mou, the Special One. Benar benar mampu melihat masalah sepakbola Indonesia yang sebenarnya dalam waktu seketika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023