Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PA Permata

 Tanggl  30 Mei  sd 05  Juni 2021

Bahan Penelaahan  : 1 Tesalonika 5 : 16 - 22

Thema     :  Tetaplah bersyukur

1 Tesalonika 5 : 16 – 22

5:16     Bersukacitalah senantiasa.

5:17     Tetaplah berdoa.

5:18     Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki   Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

5:19     Janganlah padamkan Roh,

5:20     dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat.

5:21     Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

5:22     Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan.

Fakta

Paulus memberikan sebuah pengajaran bagaimana menghadapi situasi yang tidak baik atau jika ada bencana yang sedang melanda. .

1.     Paulus mengatakan untuk tetap bersukacita, berdoa serta selalu mengucap syukur.  Sukacita, berdoa dan bersyukur adalah tiga kegiatan atau keadaan yang bisa dilakukan pada saat bersamaan.

2.     Pada bagian kedua Paulus mengatakan untuk selalu menyalakan Roh, jangan supaya tidak padam.  Bahasa Roh akan memunculkan nubuat nubuatan, yang harus dipahami dan dihargai. Namun ditegaskan oleh Pauus bahwa segala sesuatu harus diuji, benar benar diuji untuk menemukan yang murni dan benar.

3.     Pada situasi yang tidak baik, Paulus juga mengatakan bahwa jangan sampai berbuat kejahatan, dengan cara menjauhinya. 

Sumber photo : https://www.kcisradio.com/

Arti Dan Makna.

1.     Hidup penuh dengan dinamika dan perubahan. Banyak sekali situasi yang muncul dan terjadi dalam hidup, oleh karena memang DUNIA diciptakan Tuhan untuk selalu dinamis.  Untuk itu Paulus mengatakan bahwa menghadapi dunia yang dinamis dan bergerak serta berubah cepat ini harus dihadapi dengan bersuka cita.  Bersuka cita akan mendorong seseorang berdoa kepada TUHAN sambil bersyukur.   Cara yang bijaksana dan bernilai tinggi  dalam hidup sehari sehari  adalah bersyukur.  Prilaku bersyukur adalah sebuah kedewasaan iman yang mengatakan TUHAN selalu ada dalam setiap keadaan jaman.  Tidak ada momen kehidupan dimana TUHAN tidak hadir.  Menyadari dan percaya bahwa TUHAN SELALU ADA akan membuat setiap permata bersukacita, berdoa dan bersyukur.

2.     Manusia mempunyai Roh yang bersumber dari TUHAN.  ROH lah yang membuat manusia terhubung dengan TUHAN. Roh yang menyala nyala (on Fire) adalah keadaan dimana seseorag terhubung dengan TUHAN.  Ucapan syukur kepada Tuhan akan membuat seseoang terhubung dengan TUHAN, dan dirinya akan peka mendengar suara TUHAN atau nubuatan nubuatan.  Keadaan masa depan dunia yang digambarkan saat ini hanya bisa dilakukan TUHAN yang Maha Kuasa.

3.     Supaya selalu terhubung dengan TUHAN yang MAHA SUCI dan MAHA KUDUS, maka setiap orang itu harus menghindari segala bentuk kejahatan.  Kejahatan membuat manusia mengikuti si iblis, yang TUHAN tidak sukai.

Pengkenaina.

Miliki lah atau kembangkanlah prilaku hidup yang bersukacita, berdoa dan bersyukur kepada TUHAN.  Kebiasaan ini akan membuat seseorang anak muda Permata untuk selalu terhubung dengan TUHAN.  Bahasa manusia yang paling penting saat terhubung dengan TUHAN adalah mengucap syukur kepadaNYA.

Bersyukurlah kepada TUHAN, maka TUHAN akan membuat Roh selalu menyala nyala, tidak padam. Dan pada saat itulah TUHAN akan memberikan rahasai rahasia besar dalam kehidupan.  Amin.

 

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023