Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Pekan Doa 2021, Berngi sipeempatken 19 Mei 2021

 Renungen Perbahanen 2 : 43 - 47

Tema : “Tetap Ersembah ras Sikelengen ”

 

2:43     Melala tanda-tanda sengget ras kejadin-kejadin si mejin ibahan rasul-rasul. Perbahan si e kerina kalak e erkemalangen man Dibata.

2:44     Kerina kalak si enggo tek man Jesus e tetap pulung ras-ras janah kai si lit i bas ia ipakena ras-ras.

2:45     Idayakenna taneh ras erta-ertana janah duitna ibagi-bagikenna sue ras keperlun sekalak-sekalak.

2:46     Alu ersada ukur tep-tep wari ia pulung i bas Rumah Pertoton. Ras-ras ia kerina man i bas rumahna alu meriah dingen ukur meteruk.

2:47     Ipujina Dibata, janah kerina kalak erngena ate man perpulungen e. Tep-tep wari itambahi Tuhan ku perpulungen e kalak si iselamatkenNa.

Fakta

1.     Banyak mujijat menyertai Para Rasul, oleh karena itu semua orang menyembah dan taat kepada Tuhan.  Dan semua orang yang sudah percaya kepada Yesus Kristus tetap berkumpul bersama dan bersekutu.  Apa yang ada pada mereka dipakai bersama. 

2.     Mereka menjual harta hartanya dan semua yang mereka punyai. Uangnya mereka pakai bersama sesuai dengan kebutuhan orang perorang.

3.    Setiap hari mereka berkumpul di Rumah Doa, mereka makan bersama dengan perasaan sukcita dan rendah hati. Merema memuji Tuhan.  Orang banyak merasa senang dan suka kepada persekutuan ini, dan setiap hari TUHAN menambahkan orang yang Sudah siselamatkan kepada kelompok ini.




Penekanan

1.     Tuhan adalah sumber mujijat.  TUhan mengijinkan terjadinya mujijat supaya semakin banyak orang percaya kepada diriNYA, dan mujijat selalu bernilai sangat tinggi.  Kapan, dimana dan untuk siapa terjadi mujijat, itu adalah hak TUhan sendiri.  Dan TUHAN memang mengijinkan terjadi mujijat jika ada penyembahan dan persekutuan orang yang percaya kepada Tuhan.  Mujijat tidak bisa dipaksakan dan direkayasa. 

2.     Penyembahan kepada TUHAN tidak boleh berhenti.  Situasi yang bagaimanapun TIDAK dapat menghentikan persekutuan orang percaya untuk menyembah dan memuji TUHAN.  Harta tidak ada artinya kalau tidak dipakai untuk lebih menyembah TUHAN.  Oleh sebab itu seluruh kekayaan, uang, hak hak milik yang lain, harus dipakai untuk memperindah penyembahan kepada TUHAN.  Harta dan uang serta kekayaan yang lain, jika tidak dipakai untuk menyembah TUHAN, pasti hanya dipakai untuk memuaskan kebutuhan daging dan kebutuhan duniawi saja.  Semua akan lenyap, tapi penyembahan kepada TUHAN tidak boleh lenyap dan tidak boleh berhenti. 

3.     Persekutuan yang selalu menyembah TUHAN disukai banyak orang, dan membuat orang lain lebih percaya dan ingin bergabung.  Gereja yang bersekutu dan dispilin  menyembah TUHAN pasti akan menarik banyak orang untuk bergabung dengannya.  Perskutuan mempunyai tujuan untuk membuat TUHAN nyata dan hadir dalam kehdupan manusia, dan TUHAN sendiri yang akan selalu dan terus menerus memilih dan menambahkan orang orang baru yang sudah diselamatkan kepada persekutuan itu.  Persekutuan harus hampu menarik orang datang kepada TUHAN. Amin.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023