Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Pekan Doa 2021, Berngi sipeenemken 21 Mei 2021

 Renungen : Jakup 5 : 13 – 18

Tema: “Ulih Pertoton”

5:13     Adi lit sekalak i bas kam ngenanami kiniseran, ertotolah ia man Dibata. Adi lit si ermeriah ukur, rendelah ia muji Dibata.

5:14     Adi lit si sakit, idilonalah pertua-pertua i bas perpulungen, gelah itotoken pertua-pertua e ia dingen iminakina i bas gelar Tuhan.

5:15     Pertoton si bage, si ibahan alu tek man Tuhan tentu pepalem kalak si sakit e. Malem me ia ibahan Tuhan i bas penakitna e nari, janah ialemi Tuhan me dosana si enggo ibahanna.

5:16     E maka akukenlah dosandu sekalak-sekalak i lebe-lebe temanndu, janah ertotolah kam pekepar kerna teman, gelah malem kam. Pertoton kalak si bujur ergegeh kal.

5:17     Nabi Elia pe manusia nge bali ras kita. Alu tutus ate ertoto ia gelah ola nusur udan, jenari lego telu setengah tahun dekahna.

5:18     Kenca ertoto ka ia mulihken, reh udan i langit nari, jenari taneh mereken asilna

Fakta

1.  Tulisan penggembalaan Rasul Jakobus pad perikop ini mengindikasikan bahwa ertoto adalah bagian dari kinata hidup sehari hari.  Hidup tanpa doa, bukan lah hidup yang sebenarnya

a.      Doa orang yang mengalami penderitaan

b.      Doa orang yang sedang sakit

c.       Doa pengampunan dosa.

2.  Rasul Jakobus mendorong keterbukaan yang sangat dalam, dimana pada ayat 16 dikatakan bahwa setiap orang mengakukan dosanya di depan teman temannya, dan saling mendoakan satu sama lain supaya semuanya makin sehat.

3.  Rasul Jakobus memberikan sebuah contoh tentang doa yang dikabulkan saat Nabi Elia meminta kepada Tuhan untuk tidak memberikan hujan, dan saat menodakan supaya hujan turun

 

Sumber Foto : https://slidetodoc.com/

Penekanan dan Perenungan lebih dalam

1.   Berdoa haruslah menjadi life style ataupun gaya hidup orag Kristen.  Berdoa bukan lagi sebuah kegiatan yang dilakukan pada saat saat tertentu saja.  Pada saat ada masalah, pada saat ada perbeben baru berdoa, namun bagi kam dan aku berdoa itu adalah sebuah kebutuhan hidup kita sehari sehari. Berdoa harus menyatu dengan karakter kita, menyatu dengan gaya bicara kita, menyatu dengan etos kerja kita.  Berdoa benar benar menjadi sebuah pembeda bagi kita dengan masyarakat dunia.  Kita berdoa bukan lagi untuk memohon sesuatu, tapi kita bedoa karena memang kita suka berdoa, dan hidup kita adalah untuk berdoa.  JIka berdoa sudah menjadi kebiasaan hidup kita, maka apapun situasi hidup kita akan kita sampaikan kepada Tuhan yag Maha Kuasa.  Dan tentu saja, TUHAN pasti akan memperhatikan sebagaimana Tuhan memperhatikan doa Salomo, doa Koernelius, doa Eliezer.  Woooww kerennn.

2.  Kebiasaan berdoa dan kebiasaan  saling mendoakan akan menciptakan keterbukaan diantara kita.  Sebab pada saat kita saling mendoakan maka kita sedang dalam proses untuk tidak merasa malu menyatakan sebenanrnya keadaan diri kita termasuk kelemahan kelemahan kita. Itulah sebabnya, Rasul Jakobus mengatakan bahwa doa yang saling terbuka akan kelemahan kelemahan akan membuat sekat sekat tidak ada lagi.  Dan hal ini yang akan menyembuhkan.  Saling mendoakan di dalam keluarga akan membuat seluruh keluarga sehat, saling mendoakan sesama serayan akan membuat seluruh serayan itu sehat dan saling menguatkan.

3.  Pada saat kebiasaan bedoa ini sudah menyatu dengan karater kita, menyatu dengan  iman kita maka hal hal yang besar dan miracle akan terjadi.  Sebab TUHAN selalu hadir dalam setiap doa yang kita panjatkan, bahkan ada nya niat untuk meminta sesuatu kepada TUHAN pun muncul karena TUHAN yang memunculkannya dalam benak kita.  Dengan berdoa kepada Tuhan, maka TUHAN sudah mengajari kita untuk meminta kepadaNYA sesuatu yang benar benar kita butuhkan.  Tentu apa yang didapat dengan berdoa berbeda dengan apa yang didapat tanpa doa.  Dialog TUhan dengan Salomo mengajar kita bahwa TUHAN mau bertanya kepada kita apa yang kita inginkan, butuhkan, untuk keberhasilan pelayanan kita.  Pasti lit Ulih Si Mehuli ibas pertotonta, sebab eme sura sura TUHAN nandangi kita anak anakNa. Amin. Puji Tuhan 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023