Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 7.

Gambar
  Thema : Doni ingan mpermuliaken Dibata  Nas : 1 Petrus 1 : 17 - 22 Nas Renungen    Tupung kam ertoto man Dibata, ikatakenndu Ia Bapa. Ia me si ngadili kerina manusia alu la erndobahen rikutken perbahanen sekalak-sekalak. Erdandanken si e pakeken kesempaten si lit guna pemuliaken Dibata, kidekah kam nggeluh denga i doni enda. Ietehndu kap alu kai kam itebusi i bas kegeluhenndu si la erguna, si ialokenndu i bas nini-ninindu nai nari. Kam itebusi labo alu barang si banci masap, umpamana emas ntah pirak. Ia nggo ipilih Dibata ope denga doni enda ijadiken, janah nggo ipetangkas i bas wari-wari si arah pudi enda guna kiniulinndu. Arah Ia, tek kam man Dibata si pekeke Ia i bas si mate nari dingen si mereken kemulian man BaNa. Emaka kiniteken ras pengarapenndu itamakenndu i bas Dibata. Erdandanken patuh kam ngikutken pengajaren si tuhu-tuhu e, nggo ibersihkenndu dirindu seh maka lit i bas kam keleng ate si tuhu-tuhu nandangi temanndu si sada kiniteken. Emaka sikeleng-kelengenlah kam alu bula

Pekan Penatalayanan 2020 Berngi : 6



Kotbah : Roma 10:14-17

Tema : Meritaken Berita Si Meriah

Khotbah Roma 10 : 14 -17

10:14     Tapi kuga banci kalak erlebuh mindo penampat man Tuhan adi langa ia tek man baNa? Kuga banci ia tek man baNa adi langa pernah ibegina pe kerna Ia? Kuga banci ibegina adi la lit si meritakenca?

10:15     Kuga banci kalak meritaken berita e adi la ia isuruh? I bas Pustaka Si Badia lit tersurat, "Seh kal tuhu ulina kerehen kalak si maba Berita Si Meriah e."

10:16     Tapi labo kerina kalak mehuli pengalo-ngalona nandangi Berita Si Meriah e. Nina Nabi Jesaya, "O Tuhan, ise nge tek nandangi berita si ipeseh kami?"

10:17     Dage kiniteken rehna arah megi Berita e, janah isi Berita e, e me Kata kerna Kristus

LEAD /Pembukaan

Syaloom Mejuah juah kita kerina. Nande Bapa Turang senina, si puji Tuhan enggo kita seh  ku bergi pe enemken ibas peka penatalayanta tahun 2020 enda. Mameriah kal ukurta kerina ari ?

Nungkun ateku sitik man banta, ise mbarenda simpeseh berita si meriah e tangtangna kal man bandu ?

Ingetndu denga nge? Uga akapndu maka banci ia mpeseh berita si meriah e man bandu ?
Adi aku…. (turiken kesaksianndu)…

Ibas wari si 6 enda themata emekap Meritaken Berita Si Meriah… mari si siksiki terdauhen.



FAKTA

1.     Sebagai surat pertama yang ditulis oleh Paulus, maka kitab Roma sangat kuat dan medasar nilai  teologisnya.  Beberapa kali Paulus memakai logika berfikir yag sangat tajam namun sederhana.  Sulit ditentang dan dicari kelemahannya.   Pada Roma 10 ayat 14, Paulus memulainya dengan logika yang sangat sederhana dan benar.

·        Bagaimana seseorang berseru memanggil kepada Tuhan kalau dia belum PERCAYA.
·        Bagaimana seseorag bisa PERCAYA kalau dia sama sekali belum MENDENGAR  Tentang TUHAN .
·        Dari mana dan bagaimana seseorang bisa MENDENGAR kalau TIDAK ada Yang MEMBERITAKANNYA

2.     Siapa yang mau MEMBERITAKAN nya kalau tidak ada yang menyuruhnya? Itulah fakta yang paling mendasar.

3.     Ada tertulis bahwa alangkah baiknya dan mulianya pekerjaan orang yang membawa berita kesukaan , Berita Gembira, Berita Injil

4.     Paulus mengutip referensi dari kitab Jesaya, bahwa Tidak semua orang bersukacita dan mau menerima Kabar Baik itu

·        "O Tuhan, ise nge tek nandangi berita si ipeseh kami?".
       
5.     Iman tumbuh dari pendengaran, Pendengaran terhadap Berita Baik. Dan Berita Baik adalah Perkataan Tentang  Yesus Kristus.




MAKNA

1.     Firman Tuhan perlu sekali secara aktif diberitakan dan dilakukan berkesinambungan.  Sebab berawal dari Pemberitaan lah Iman seseorang bertumbuh sampai akhirnya bergantung sepenuhnya kepada Allah Bapa.

2.     Iman harus dibangun diatas pendengaran dan pengetahuan akan Kabar Baik di dalam Nama Yesus Kristus.

3.     Yesus Kristus mendorong semua orang percaya untuk memberitakan Kabar Baik kepada semua orang yang belum pernah mendengarnya. Ada Amanat Agung dari Yesus Kristus untuk pergi ke seluruh dunia, memberitakan megajar dan membabtis semua  orang sebagai tanda bahwa dia sudah sah sebagai Pengikut Kristus.  sah jadi orang Kristen  

4.     Orang yang mau memberitakan Kabar Baik (Berita Injil) adalah orang yang sudah dipersiapkan oleh TUHAN sendiri.   Itulah sebabnya ada Nas yang berbunyi alangkah baiknya kedatangan orang yang datang membawa berita.

5.     Ketika seseorang datang membawa berita baik, maka sebenarnya dia datang membawa/bersama dengan Yesus Kristus. Ketika HC Kruyt datang ke Buluh Awar, maka Kristus menemani atau ada bersama dengan HC Kruyt. Kita lihat sekarang GBKP sudah 130 tahun.  Itu berarti pekerjaan HC Kruyt sukses, berhasil menanamkan benih benih awal Iman orang Karo kepada Yesus Kristus.

PENGKENAINA

·        Ingatlah orang Kristen lahir karena dia mendengar Firman Tuhan / Kabar Baik karena ada orang lain yang bersedia membawa berita itu sejauh apapun perjalanannya. Oleh karena itu setiap orang Kristen khususnya warga GBKP tergiah atau tergugah lah untuk memberitakan Kabar Baik juga kepada orang lain.  Siapkah kam membawa kabar baik itu kepada satu komunitas yang kam belum kenal?

·        Orang Kristen yang sudah mendengar, harus bisa memahami, menjiwai dan menerapkan Kabar Baik dalam kehidupannya sehari hari, sampai tumbuh Iman yang sangat kuat, kokoh dan tidak mungkin goyah kepada Yesus Kristus adalah TUHAN.

·        Hidup di dunia ini terbatas, akan ada akhir bagi hidup setiap orang.  Bagaimana harus kita bawa diri kita ini supaya, seluruh perjalanan hidup kita, akumulasi dari semua perbuatan, perkataan dan pemikiran kita dapat membawa Kabar baik, membawa Kabar Keselamatan  bahkan menjadi saksi kabar baik itu kepada semua orang dan anak cucu kita selama-selamanyaya.  (walaupun kelak kita sudah meninggal, tapi cerita tentang diri kita tetap ada dan membawa sukacita) Abraham, Musa, Daud, Johanes Pembaptis, Petrus, HC Kryuit sudah mejadi pembawa Kabar baik itu selama lamanya. 

·       Tidak kah kam ingin sekali lah gia dalam hidupndu “kam ikut dalam memberitakan tentang Yesus Kristus”, membawa kabar baik ?

POWER  STATEMENT /Penutup Yang Punya Daya Diingat

Banyak orang hebat orang super kaya yang pernah hidup di dunia ini, namun beberapa tahun kemudian hilang dari ingatan kita.  Dulu ketika dia hidup, powernya sangat hebat, prestasiya sangat dahsyat, pengikutnya sangat banyak…. Namun ketika dia meninggal, hilang semua ingatan kepada dia.  Tidak ada seorang pun yang berkata “ haleluya” Atau Puji Tuhan saat mendengar kisah tentang hidupnya.

Tidak ingin kah kam, supaya semua orang berkata Haleluya, Puji Tuhan , dan Percaya kepada Tuhan Yesus, saat mereka mengingat dan mengenang hidupndu? 

Marilah kita mulai menyusun kehidupan kita sebagai Pembawa Berita Si Meriah.

Amin. Bujur melala, mejuah juah kita kerina.

Komentar

Analgin Ginting mengatakan…
Bujur melala Senina, pendeta kami. Gbu

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023