Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 7.

Gambar
  Thema : Doni ingan mpermuliaken Dibata  Nas : 1 Petrus 1 : 17 - 22 Nas Renungen    Tupung kam ertoto man Dibata, ikatakenndu Ia Bapa. Ia me si ngadili kerina manusia alu la erndobahen rikutken perbahanen sekalak-sekalak. Erdandanken si e pakeken kesempaten si lit guna pemuliaken Dibata, kidekah kam nggeluh denga i doni enda. Ietehndu kap alu kai kam itebusi i bas kegeluhenndu si la erguna, si ialokenndu i bas nini-ninindu nai nari. Kam itebusi labo alu barang si banci masap, umpamana emas ntah pirak. Ia nggo ipilih Dibata ope denga doni enda ijadiken, janah nggo ipetangkas i bas wari-wari si arah pudi enda guna kiniulinndu. Arah Ia, tek kam man Dibata si pekeke Ia i bas si mate nari dingen si mereken kemulian man BaNa. Emaka kiniteken ras pengarapenndu itamakenndu i bas Dibata. Erdandanken patuh kam ngikutken pengajaren si tuhu-tuhu e, nggo ibersihkenndu dirindu seh maka lit i bas kam keleng ate si tuhu-tuhu nandangi temanndu si sada kiniteken. Emaka sikeleng-kelengenlah kam alu bula

Pekan Penatalayanan 2020 Berngi : 2 (peduaken)



Kotbah     :  1 Timotius 5:1-8

Thema      :  Mediate E Me Biak Jabu Si Erkiniteken
(Spiritualitas Jabu : Dalam Rangka Jubilium GBKP)

Khotbah 1 Timotius 5 : 1-8

5:1        Ola rawai kalak si umurna tuan asangken kam, tapi beluhlah min kam muat ukurna, bahan ia tempa-tempa bagi bapandu. Kalak si nguda bahanlah bagi agindu.

5:2        Diberu si enggo metua bahanlah bagi nandendu, janah man diberu si nguda denga arus bersih lagu langkahndu, janah bahanlah bagi turangndu.

5:3       Mehamatlah kam nandangi diberu-diberu si enggo mbalu si lanai ersima-sima.

5:4       Tapi adi sekalak si enggo mbalu lit anakna ntah kempuna, anak ntah kempuna e lah lebe nehken tanggung jababna man keluargana e. I bas si e ersimulih ia man orang-tuana bage pe man ninina, sabap si enda me si ngena ate Dibata.

5:5       Diberu si tuhu-tuhu enggo mbalu, si lanai lit sima-simana, ia erpengarapen man Dibata. Ertoto ia man Dibata suari ras berngi mindo penampat.

5:6       Tapi diberu si enggo mbalu si nggeluh guna pesenangken dirina saja, ia enggo mate aminna pe ia nggeluh denga.

5:7       Pesehlah bana ajar enda gelah ia nggeluh alu la erpandangen.

5:8       Adi lit si la mperdiateken kade-kadena, terlebih-lebih keluargana, enggo ipersokenna kinitekenna. Jahaten me ia asangken kalak si la tek man Jesus Kristus..

FAKTA

1.     Secara sangat jelas, kongkrit ras sederhana Paulus member pegajaran /penggembalaan man Timotius uga erkade kade ras kalak si deban. Rinci kal pengajaren Paulus.

2.     Mama kalak si tuan jadikan bapa ras nande, man kalak si ngudan asangken kam jadiken ia agindu ras turangndu , nina Paulus

3.     Paulus pe mindo man Timotius gelah mehamat man diberu si lanai ersima sima (tidak mempunyai keluarga)

4.     Kepada para janda yang masih mempunyai keluarga, Paulus mengingatkan  supaya Timotius untuk mengingatkan pada anak cucunya supaya memperhatikan orang tua atau atau neneknya.

5.     Paulus juga menjelaskan kepada Timotius bahwa, para janda yang hidup untuk mencari kesenangan pribadi/duniawi sebenarnya sudah mati walaupun masih hidup. Kepada mereka ini Timotius harus mengingatkan agar kembali ke jalan yang benar

6.     Setiap orang yang tidak mau memperhatikan keluarganya yang sudah tua Paulus menegaskan bahwa mereka lebih jahat daripada orang yang tidak mengenal Jesus Kristus. Sebab mereka ini sudah menegasikan imannya (mersoken kinitekenna)


MAKNA

1.     Keluarga da kekerabatan adalah wadah yang sangat baik untuk mempraktekkan Iman dan kasih sayang kepada sesama.   Hidup tidak baik kalau hanya memperhatikan diri sendiri, tidak ada makna, tidak ada motivasi dan sedikit  harapan ke depan. 

2.    Yang pertama harus diperhatikan adalah keluarga dan orang orang yang tinggal di sekitar kita.  Jangan pernah memarahi orang yang sudah tua, sebab mereka harus dijadikan ayah atau ibu kita sendiri.  Jangan mengkritik habis habisan apalagi membentak orang yang muda, sebab mereka adalah adik sendiri.  Jangan berpikir dan merencanakan sesuatu yang tidak baik kepada perempuan muda sebab mereka adalah “turang “ sendiri.

3.     Ada kelompok manusia yang sering dinilai rendah dalam masyarakat dan tersisihkan yaitu para janda, kepada mereka ini harus diberikan perhatian yang istimewa, terutama kepada janda yang tidak lagi mempunyai sima sima (kerabat/keluarga).  Mereka hanya berdoa dan berharap kepada Allah Bapa.  Kita harus mau dan termotivasi sebagai saluran Tangan Tuhan untuk menolong mereka.

4.     Ada juga kelompok masyarakat yang harus dingatkan yaitu para wanita, dan juga para laki laki yang hidup hanya bersenang senang saja.  Ingatkan dengan elegan dan penuh kasih saying serta berempati dengan mereka.

5.     Paulus juga memberikan penekanan bahwa setiap orang, anak anak dan cucu cucu harus lah terlebih dahulu memperhatikan keluarga sendiri.  Bukti  iman kepada Yesus kristus adalah dengan ketulusan memperhatikan keluarga sendiri.  Harus ada rasa bangga, ada rasa bermakna jika setiap orang dapat menyenangkan orang tuanya.  Jika pun orang tua harus diantar ke YAPOS itu tidak masalah asal kita punya waktu yag rutin untuk mengunjunginya.  Setiap bulan atau setiap 2 minggu dikunjungi lah orang tua kita.  Menurut saya jauh lebih bagus orang tua kita diantar ke YAPOS namun dikunjungi secara rutin untuk menunjukkan kasih saying kita, daripaa kita tinggal se rumah, namun jarang bias berbicara dari hati ke hati. Di YAPOS dia kan punya teman, yang menjadi sumber sukacitanya.

6.     Setelah orang tua sendiri baru kita memperhatikan dan memperlakukan dengan baik setiap orang yang butuh perhatian kita.  Saya sering menyadari dan merasakan bahwa sukacita paling sejati itu muncul saat kita memperhatikan orang lain.  Suatu saat di minggu pertama bulan januari, saya naik angkot dari rumah mau ambil sepeda motor yang service karena banjir (hahahaha), saat saya duduk saya lihat seorang laki laki tua duduk dan dia masih memakai jas hujan plastic. Kulihat wajahnya, dan dia memasukkan tangannya ke kantongnya, seketika saya berkata “Pak, saya yag bayar ongkos Bapak. Heran dia, dan berkata ada koq uang saya”.  Lalu saya bilang, gak apa apa Pak, biar saya saja.  Dia lalu berkata dengan suara yang nyaris tak terdengar, “terima kasih ya”.  Saya bilang, terima kasih pak. Dan dia duluan turun dai saya.  Saat saya memberikan ongkos saya dan ongkos nya kepada supir angkot warna merah itu, bang supir pun mengucapkan terima kasih kepada saya dengan wajah sangat ramah.  Rupanya dia melihat percakapan saya dengan Bapak tua itu.  Oh alangkah senangnya perasaan saya kala itu, teman teman.

YAPOS ( Yayasan Pelayanan Orang Tua Sejahtera) GBKP

PENGKENAINA

·        Iman kita kepada Tuhan Yesus harus bisa  dirasakan oleh keluarga paling dekat kita.

·      Jangan pernah merasa kurang namun bersyukurlah kepada Tuhan, sebab perasaan kekurangan bukan faktanya kurang, namun bukti bahwa kita terlalu focus hanya memperhatkan diri sendiri. 

·       Hidup yang peduli kepada keluarga dan orang lain adalah hidup yang bermakna.  Hidup yang bermakna adalah hidup yang penuh dengan sukacita.

·      Jangan ragu mengantarkan orang tua kita ke YAPOS, kalau dia bersuka cita .  Yang penting atur waktu untuk mengunjungi secara rutin untuk menunjukkan kasih saying kita. Amin.

Bujur ras mejuah juah kita kerina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023