Featured Post

Pekan Doa 2024 Berngi 7.

Gambar
  Thema : Doni ingan mpermuliaken Dibata  Nas : 1 Petrus 1 : 17 - 22 Nas Renungen    Tupung kam ertoto man Dibata, ikatakenndu Ia Bapa. Ia me si ngadili kerina manusia alu la erndobahen rikutken perbahanen sekalak-sekalak. Erdandanken si e pakeken kesempaten si lit guna pemuliaken Dibata, kidekah kam nggeluh denga i doni enda. Ietehndu kap alu kai kam itebusi i bas kegeluhenndu si la erguna, si ialokenndu i bas nini-ninindu nai nari. Kam itebusi labo alu barang si banci masap, umpamana emas ntah pirak. Ia nggo ipilih Dibata ope denga doni enda ijadiken, janah nggo ipetangkas i bas wari-wari si arah pudi enda guna kiniulinndu. Arah Ia, tek kam man Dibata si pekeke Ia i bas si mate nari dingen si mereken kemulian man BaNa. Emaka kiniteken ras pengarapenndu itamakenndu i bas Dibata. Erdandanken patuh kam ngikutken pengajaren si tuhu-tuhu e, nggo ibersihkenndu dirindu seh maka lit i bas kam keleng ate si tuhu-tuhu nandangi temanndu si sada kiniteken. Emaka sikeleng-kelengenlah kam alu bula

Catatan Khotbah Minggu 26 Januari 2020



Minggu Kenca Tahun Baru/Ephipanias 3

Warna Stola Mbentar

Invocatio
Kam kap Ulu Kegeluhen , ibas sinalsalndu idah kami terang (masmur 36 : 10 )
Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang
Ogen
Matius 4 : 12 -22   (Tunggal)    
Khotbah
Masmur 27 1-6       (Responsoria )    
Thema
Tuhan Kap Terang Kegeluhen           

Khotbah : Masmur 27 : 1-6

27:1       Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?

27:2       Ketika penjahat-penjahat menyerang aku untuk memakan dagingku, yakni semua lawanku dan musuhku, mereka sendirilah yang tergelincir dan jatuh.

27:3       Sekalipun tentara berkemah mengepung aku, tidak takut hatiku; sekalipun timbul peperangan melawan aku, dalam hal itu pun aku tetap percaya.

27:4       Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.

27:5       Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya; Ia menyembunyikan aku dalam persembunyian di kemah-Nya, Ia mengangkat aku ke atas gunung batu.

27:6       Maka sekarang tegaklah kepalaku, mengatasi musuhku sekeliling aku; dalam kemah-Nya aku mau mempersembahkan korban dengan sorak-sorai; aku mau menyanyi dan bermazmur bagi TUHAN.

Bahasa Karo

27:1       I bas Daud nari. TUHAN kap terang kegeluhenku Ia kap si ngkelini aku la lit si kubiarken TUHAN kap bentengku, e maka la aku gentar.

27:2       Tupung kalak jahat nerang aku dingen ibunuhna atena aku, tertuktuk ia jenari guling.

27:3       Aminna pe aku ikepung tentera si nterem, la mbiar aku. Aminna pe musuh reh ngelawan aku, aku tetap erpengarapen man Dibata.

27:4       Sada ngenca pemindonku man TUHAN , sada ngenca sura-surangku e me ringan i bas Rumah TUHAN kidekah geluhku guna nggejapken kiniulin TUHAN dingen mindo gelah itegu-teguNa.

27:5       Tupung paksa kesusahen TUHAN si ngkawali aku, ibunikenNa aku i bas RumahNa, iangkatNa aku ku das deleng batu.

27:6       Genduari menang aku naluken imbang-imbang i sekelewetku; e maka alu surak-surak si meriah kupersembahken persembahen pengataken bujur i bas RumahNa. Jenari rende aku muji TUHAN .



Pembukaan/Lead

Syaloom ras mejuah juah kita kerina.

I Kota Kabanjahe lit Makam Pahlawan tempat bersemayam nya semua pahlawan kita Suku Karo, maupun pahlawan yang bertempur di sekitar  Karo.  Adanya makan pahlwan ini adalah symbol bahwa Orang Karo adalah patriot yang berani berperang, bertempur, berjuang.

Kam uga, bas kai nge perjuanganndu kal gundari.   Janah kai senjata si pakendu ibas perjuangan e?

Khotbah ta sekalenda berkaitas ras uga Daud Bertempur tah berjuang, ras kai tah ise si nampati ia

Mari sinen terdauhen.

Fakta

1.           Daud sudah menang dalam banyak pertempuran yang dia alami.   Dan suatu saat, ketika dia sudah di rumahnya, maka dia mengingat dan menyadari semua kemenangannya adalah karena Tuhan yang menjaga dirinya.

2.           Satu persatu pegalaman kemenangan itu dia ingat, dan dia ungkapan kan dengan perasaan terdalam yang dia miliki, sambil bermasmur dan sambil bercucuran air mata.  

3.           Daud prnah mengalami ketakutan yang luar biasa saat dikepung musuh, namun tiba tiba dia menemui batu karang dan dia memanjat batu karang tersebut lalu berdiri di atasnya.  Saat musuh nya berusaha mengejarnya ke atas  untuk membunuhnya, mereka semua tergelincir dan jatuh.  Daud merspon Tuhan lah yang membuat mereka tergelincir dan menyelamatkan diriNYA.

4.           Di Puncak kemenangannya,di tengah elu elu an sorak sorai kemenangan dari bangsa Yahudi, Daud mengalami kekosongan. Dia merasa tidak layak dapat puja puji itu, sebab dia sadar bukan karena dirinya, tapi karena Tuhan lah yang memenangkannya. Itulah sebabya dia berkata “Satu keinginnannya, yaitu diam di Rumah TUhan” … Daud megalami rumah tangga yag tidak enak, anak anaknya saling membunuh, dan anak laki laki nya memperkosa anak perempuannya.  Ini tentu saja melatari keinginan nya untuk dia di RUMAH yang sebenarnya, yaitu Rumah TUHAN.

5.           Dalam situasi situasi yang lain pun DAUD merasakan bahwa semua kemenangan nya, semua keselamatanya juga karea Tuhan yang menyembunyikan dan menyelamatkan dirinya (anak kandungnya Absalom pernah juga ingin membunuh dirinya)

6.           Daud pun akhirnya menyadari bahwa seluruh kisah hidupnya, saat dia dipanggil Samuel atas suruhan Tuhan untuk menjadi raja, saat dia mengalahkan Goliat, dan saat dia dikejar kejar Raja Saul, dia selamat karena Tuhan.  Sehingga dia benar benar menyadari bahwa hidupnya berlanjut karena Tuhan Saja.  Tuhan lah yang menenarngi jalan hidupnya.  Tuhanlah sumber hidup bagiya,dan memang Tuhan adalah Sumber hidup bagi semua manusia.



Makna

1.        Selalu ada pertempuran dalam kehidupan ini. Istilah yang lebih pas adalah perjuangan.  Wilayah pertempuran atau perjuangan itu kadang kadang jauh, namun sering juga di temapt paling dekat dengan kediaman kita, atau di dekat tepat tidur kita.  Daud mengalami semua itu.   Saya mengalami juga mungkin kam pe bage ka.

2.        Pertempuran bias bias saja merenggut nyawa kita, mengakibatkan kematian.   Risiko nya sangat besar, dampaknya sangat mengancam jiwa kita.  Ada kalanya juga dalam menghadapi perjuangan, dalam menghadapi masalah dan persoalan kita nyris putus asa dan pasrah, seolah tidak mungkin dimenangkan lagi.  Namun pada saat itu lah tanpa diduga duga ada pertolongan dari Tuhan. Ada campur tangan Yesus Kristus.

3.        Daud sangat merasakan itu, ada kalaya dia putus asa, ada kalanya dia takut sekali, akan tetapi pada saat saat itu lah TUHAN DATANG MENYELAMATKAN dirinya.

4.        KESELAMATAN DARI TUHAN tdiak dating karena manusia, tapi karena TUHAN MAU.  Tuhan memang mau menyelamatkan semua anak anakNYA. Bahkan TUHAN memang mau menyelamatkan dunia, sehigga dia memang menerangi semua jalan manusia.

5.        TUHAN ADALAH Penuntun, Tuhan adalah terang yang menerangi kekelaman hidup manusia,  TUHAN yang bersedia memberikan terangnya bag dunia, dan bagi siapa saja.

Target.(Pemahaman minimal yang harus didapat jemaat setelah mendengar Firman diKhotbahkan)

1.       Hidup memang penuh perjuangan, tidak ada yang mudah, tidak ada yang gampang.  Kesulitan dan perjuangan itu harus lah kita terima dan jalanin. UJian S1 dan S2, lebih sulitlah S2.  Lebih sulit lagi S3, sebagai contoh. Namun jika kita hadapi dan ikuti prosesnya dengan benar, maka semua akan dimenangkan.

2.       Dalam perjuangan dalam hidup ini kita tidak sendirian. Sekalipun  kade kade sudah melupakan kita tapi tetap ada TUHAN kita yang mau menuntun.  Pada saat saaat yang paling genting dan krusial, saat seoalh tidak ada lagi jalan keluar, disitulah TUHAN kita menampakan diriNYA dan menuntun serta menolong kita.

3.       Tuhan adalah solusi dan jalan keluar untuk semua masalah yang menjadi wilayah perjuangan kita.  TUHAN pencipta segala sesuatu, tentu  DIA tahu apapun yang terjadi.  TIdak ada satu tempat pun yang tidak diketahui Tuhan,   Dan dimana pun kita berada Tuhan itu tahu dan berkuasa disitu.

4.       Hidup yag dirundug masalah segela apapun sanggup diterangi TUHAN. Tidak ada kegelapan yang tahan menerima terang dari TUHAN..  Kehebatan manusia, kehebatan mesin, kehebatan uang ada batasya, namun kehebatan terang TUHAN kita tidak ada batas nya. Luar biasa, karena TUHAN ada sumber segala sesuatu, TUHAN adalah sumber yang menerangi jalan hidup semua anak anakNYA yang berseru kepadaNYA.



 Respon (Perenungan lebih dalam )

1.     Nggejap nge kam maka lita baban gelundu?  Ngaku nge kam maka lit nge wialayah perjuanganndu ibas geluh enda?

2.     IBas menghadapisa perjuangan tah masalah e, uga bandu ngatasisa?  Alu gegehndu, alu penampat kalak si beluh, alu penampat kalak si pintar tah erpengendes man Tuhan?

3.     Lit kin sura surandu si terbelinen asangkan sura sura Daud, ersada bas Rumah Tuhan?

4.     Ibas paksa si gundari enda , ku ja nge waktundu, tenaga, uangndu, hartandu, pemetehndu, jaringanndu simelalana pakendu?  Bage bage saja, tah ikut kam jadi bagian terang Tuhan ibas nerangi kegelapan doni enda?

5.     Ibas kerina dampar geluhta, Nggejap nge kam bahwa TUHAN YESUS sinerangi pusuhta ras simbereken kegeluhen ras kesangapen e man banta kerina?

Power Statement

Melala kalak bas doni enda tetap denga berjuang she ia mate.  Berjuang lako ndatken sen ras kebayaken,  lako ndatken rumah, lako ndatken nakan pangan, lako ndatken kedamen, lako ndatken kesembuhan ibas pinakit nari.  Kita si enggo lanai berjuang ibas kerina contoh enda, kai nari nge perjuangan ta bas doni enda? Bill gates , berjuang ia ibas ingin menyumbangkan sen na si jumlahna lebih 1000 Triliun rupiah e.  Ternyata sen labo maba dame, emaka labo man baban ku kuburen pe. Hahahaha.



Bujur Ras mejuah juah kita kerina


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023