Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Eka Tjipta Widjaja Adalah Bapak Kelapa Sawit dan Minyak Goreng Indonesia

Pada bulan Januari 2019, Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia dalam usia 98 tahun.  Meninggalkan warisan ratusan triliun rupiah  dalam bentuk perusahaan yang memperkerjakan ratusan ribu karyawan.   Dan semua grup usaha yang dia dirikan terus berkembang  dalam keadaan damai dan dikelola oleh semua anak anaknya.  Padahal Pak Eka dalam usia 7 tahun baru tiba di Indonesia sebagai imigran yang berasal dari Tiongkok. 

 Dalam benak banyak orang pasti muncul pertanyaan, apa yang dilakukan oleh Pak Eka Tjipta sehingga dari modal nol bisa mewarsikan ratusan triliun dan termasuk 1 dari  5 orang terkaya di Indonesia?   Pasti banyak ide ide terobosan  yang dilakukannya selama hidup sehingga bisa membangun ratusan grup usaha dan mewariskannya dalam keadaan baik, bahkan beberapa perusahaan yang sangat baik.

Saat ini semua grup usaha yang didirikan Pak Eka tergabung dalam beberapa pilar usaha dan beberapa diantaranya  menjadi salah satu yeng terbaik di Indonesia.  Misalnya Perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) yang tergabung pada Sinarmas Land (pilar property) menjadi salah satu perusahaan real estate yang terbaik.  Demikian juga SMART Tbk  yang tergabung dalam pilar Sinar Mas Agribusiness and Food, juga salah satu perkebunan terbesar dan terbaik dalam pembinaan  Sumber Daya Manusianya. Ini baru 2 contoh, namun pilar pilar yang lain pun mempunyai kenggulan keunggulan jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis di Indonesia.

 

Sumber photo : https://www.cnbcindonesia.com/

Inilah pilar pilar bisnis yang didirikan Pak Eka Tjipta Widjaja :

Sinar Mas Agribusiness and Food

Asia Pulp & Paper Sinar Mas

Sinar Mas Land

Sinar Mas Energy and Infrastructure

Sinar Mas Financial Services

Sinar Mas Communications & Technology

Sinar Mas Healthcare

Sebelum kita melihat lebih lanjut apa yang dilakukan di Perusahaan Perkebunan  SMART Tbk sehingga menjadi salah satu Usaha Perkebunan terbaik di Indonesia, menarik  dan penting  untuk melihat kualitas  atau karakter dari Pak Eka Tjipta.  Menurut saya kualitas Pak Eka Tjipta Wijaya yang paling penting ada 3.  

 Yang pertama adalah kreativitas. Pada saat Pak Eka Tjipta Widjaja berusia sekitar 9 tahun, dia diminta oleh ayahnya menjaga toko kecil di kampungnya, Makassar. Sepanjang hari dia menunggu pembeli yang datang hanya 3 sampai 5 orang.  Lalu dia berfikir, kalau begini terus kapan bisa sukses toko ini.

Lalu suatu malam setelah toko tutup, dia melapor kepada ayahandanya dan meyampaikan sebuah ide kreatif. Dia mengatakan kalau hanya diam menunggu di toko, kita   tidak akan pernah besar. Lalu dia mengusulkan kepada ayahnya agar dia mendatangi pelanggan membawa dan menawarkan barang dagangan. Bayarnya boleh langsung, atau minggu depan saat dia datang lagi. Dengan cepat toko nya mendapat keutungan berlipat lipat. Jadi terlihat sudah sejak usia kanak kanak, kreativitasnya muncul dari semangat dan motivasi hidup. Pepatah tua mengatakan dimana ada semangat disitu ada jalan.

Yang kedua adalah penghargaannya kepada sahabat/teman.   Dalam salah satu perjalanan kehidupannya Pak Eka Tjipta pernah jatuh bangkrut.  Pada saat itu dia membeli kopra ke Pulau Selayar pada  sekitar tahun 60 an.  Belum sampai di Makassar, harga Kopra dikendalikan oleh pemerintah dan harus dijual dibawah harga beli nya di Pulau Selayar. Jelas rugi lah dia.   Benar  saat dia menjual kopra kopra itu di Makassar rugi besarlah Pak Eka Tjipta Widjaja.  Terpaksalah  dia menjual asset nya, antara lain mobil Cadillac dan rumah untuk membayar utang utang nya kepada orang yang meminjamkan uang kepadanya.  Nah setelah dia menjual asset nya / rumah nya, habis lah assetnya.  Di tangan nya ada sejumlah uang.  Pada saat itu pikirannya berkecamuk, apakah membawa lari uang ini dan dijadikan modal di kota lain  misalnya Surabaya, atau mengembalikan uang sahabatnya  dengan risiko dia tidak punya uang lagi.  DIa harus memilih apakah membawa lari atau bayar utang uang hasil penjualan asset terakhirnya.  Saat itu Eka Tjipta memilih untuk membayar utang, bukan dibawa lari.  Kemudian setelah utangnya dibayar assetnya benar benar habis.  Rumah sudah tidak ada, asset lain tidak ada, namun utang  sudah lunas.  Tapi ada asset yang lain, yaitu teman/sahabat  yang  sangat percaya kepada dia.     Nah benar Ketika dia sautu saat mau berbisnis kembali teman teman nya inilah yang membantu, karena kagum dan percaya kepada Eka Tjipta Widjaja.  

 Yang ketiga adalah integritas atau kejujurannya. Pak Eka Tjipta Widjaja terkenal sebagai orang yang berintegritas sampai akhir hayatnya.  Apa yang sudah dijanjikannya  selalu dipenuhi, dan Pak Eka tidak pernah mau mengucapkan hal hal yang tidak bisa dia wujudkan.  Jika berbicara tentang Personal Guarantee (garansi dari pribadi seseorang) maka Pak Eka Tjipta termasuk salah satu yang paling tinggi personal guarantee nya.  Suatu saat pada tahun 1982,  Grup Eka Tjipta harus berpisah dengan grup Salim.  Pada saat itu ditepakan lah dua paket pilihan.  Apakah Paket A atau Paket B.  Akhirnya Salim memilih Paket A, padahal di paket A itu terdapat merk/brand Bimoli dan pabrik pabrik minyak goreng/refinery yang lain yang menghasilkan Bimoli.  Padahal nama Bimoli dikreasi oleh Pak Eka Tjipta,  Tapi karena sudah dia katakan jika pilih paket A, maka bagiannya paket B maka dia tidak pernah meminta kembali merk Bimoli (Bitung Manado Oil Company) yang sukses sampai sekarang.  Pak Eka Tjipta saat itu membesarkan merek yang lain yaitu Filma.

SMART Tbk

SMART  Tbk saat ini berubah menjadi perkebunan  swasta nasional terluas (masuk 3 besar) sebagai perusahaan perkebunan sawit dengan asset terbesar.  Apa yang membuat SMART Tbk menjadi salah satu perkebunan sawit terbesar, antara lain  karena menerapkan nilai nilai yang ditanamkan oleh Eka Tjipta Widjaja.

Tidak memberi pension kepada sahabat nya sekalipun usianya sudah 70 tahun atau bahkan 80 tahun. Ketika ada seorang meminta kepada Pak Franky Osman Wijaya untuk pension dan yang meminta pension ini adalah orang yang sangat berjasa dan menjadi sahabat pak Eka Tjipta Widjaja, maka Pak Franky menjawab, " Pak saya tidak memberi memberi anda pension, karena amanah papa saya (Pak Eka Tjipta Widjaja) "

SMART Tbk menjadikan nilai kejujuran atau integritas menjadi company value yang disosialisaikan kepada semua karyawan di seluruh Indonesia dan International.  Bahkan secara sengaja diciptakan sebuah lagu yang berjudul Our Shared Value Theme Song.  Dan lagu ini diputar tiada henti di lift kantor pusat, ataupun di kantor kantor perkebunan di seluruh Indonesia dimana perkebunan Sinarmas ada.

Gaji karyawan tidak pernah dibayar terlambat.  DI seluruh perkebunan SMART Tbk  gaji tidak pernah telat dibayar,  Karena prinsipnya jangan berutang kepada karyawan.  Jika sudah tanggal gajian, dan gaji karyawan tidak dibayar berarti perusahaan sudah berutang kepada karyawan.

Pengembangan Karyawan.  Sejak tahun 1999, SMART sangat serius memberikan pelatihan kepada karyawannya, mulai dari level Mandor, asisten sampai kepada Senior Manager.  Bahkan sebelum Pandemic Covid, diberikan dorongan dan fasilitasi kepada setiap orang staf untuk mengikuti hard skills dan soft skills sebanyak 3 kali dalam setahun.

Berikut 10 perusahaan kelapa sawit dengan pendapatan terbesar di Indonesia pada 2020 berdasarkan data The Science Agriculture.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk -- Rp 40,3 triliun

PT Astra Agro Lestari Tbk -- Rp 18,8 triliun

PT Salim Ivomas Pratama Tbk -- Rp 14,4 triliun

PT Dharma Satya Nusantara Tbk -- Rp 6,6 triliun

PT Mahkota Group Tbk -- Rp 4,1 triliun

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk -- Rp 4 triliun

PT PP London Sumatra Indonesia Tbk -- Rp 3,5 triliun

PT Sampoerna Agro Tbk -- Rp 3,5 triliun

PT Bakrie Sumatera Plantations -- Rp 2,5 triliun

PT Austindo Nusantara Jaya Tbk -- Rp 2,5 triliun

Sumber : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/14/10-perusahaan-sawit-terbesar-di-indonesia-tahun-2020-smart-di-posisi-puncak

Nah sukses SMART Tbk sebagai perkebunan swasta nasional terbesar di Indonesia karena menerapkan nilai nilai luhur Pak Eka Tjipta Widjaja.  Saat Pak Eka Tjipta Widjaja sukses merubah cara membeli minyak goreng dalam kepada bentuk kemasan (punch) maka beliau pernah disebut sebagai Bapak Minyak Goreng Indonesia.  Saat ini lebih tepat lagi kalau Pak  Eka Tjipta Widjaja adalah Bapak Kelapa Sawit dan Minyak Goreng Indonesia.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023