Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PA Moria Tanggal 11- 17 Agustus 2019 Menunggu Aksi Moria Millenial



Bahan Penelaahan  : Galatia 5 : 13 - 15

Tema. :  Kebebasan Guna Kiniulin

Metoda :   Diskusi Ras Aksi

Galatia 5 :  13 – 15

5:13 Kerna kam o senina-seninangku, kam enggo ipilih Dibata gelah bebas. Tapi jagailah maka ola kebebasenndu e jadi alasen si erbahanca kam ikuasai perukurenndu secara manusia. Tapi berelah maka keleng ate njemba-njemba kam guna si sampat-sampaten.

5:14 Sabap kerina Undang-undang ipersada i bas sada pedah, e me, "Kelengilah temanndu manusia bagi kam ngkelengi dirindu."

5:15 Tapi adi bagi rubia-rubia perbahanenndu, si karaten dingen si atahen kam, metengetlah; adi la kam metenget nandangi kernep me persadanndu e

Moria Klasis Jakarta Banten 

Fakta

1.     Sebuah pernyataan sangat tegas dan maknanya sangat dalam disampaikan oleh Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia,  bahwa mereka sudah diilih Tuhan untuk bebas atau merdeka. 

2.     Namun segera diberi rambu rambu dalam mempraktekkan kebebasan,  supya tidak karena bebas maka kehidupan jemaat dikuasai oleh perukuren manusia.  Namun kekebasan tadi harus dipakai untuk menjadi daya dorong dalam mengasihi dan saling tolong menolong.

3.     Paulus kembali menekankan bahwa  semua Undang Undang dan aturan dan peraturan bermuara kepada satu hal “ Kelengilah temanndu manusia bagi kam ngkelengi dirindu jine”

4.     Palulus member makna bahwa sebagai Orang Bebas adalah kemudahan dan motivasi untuk mengasihi dan membuat kebaikan kebaikan.

5.     Paulus member penekanan dengan membandingkan makna merdeka degan hewan ( rubia rubia) bahwa, binatang atau hewan kebebasan adalah kegairahan dalam mempraktekkan hokum rimba “ saling menyerang, saling menerkam dan saling memakan satu dengan yang lain”

Arti Dan Makna.

1.     Menjadi Kristen dan murid Tuhan itu artinya Merdeka, bebas untuk melakukan kebaikan. Karena melakukan kebaikan lah maka manusia itu akan menemukan cita cita tertingginya sebagai manusia.

2.     Kemanusiaan yang paling tinggi tingkatnya adalah pada saat dirinya sadar sebagai umat Tuhan dan prlakunya pun menyerupai Tuhan.  Prilaku Tuhan adalah mengasihi.
3.     Moria yang bebas merdeka adalah Moria yang selalu bebas melakukan kebaikan bagi sesama.

4.     Perlu juga dicatat dan diantisipasi hal hal yang membelenggu manusia sehingga tidak bisa bebas, dan tidak punya niat, dorongan dan sukacita melakukan kebaikan  :  Hal hal yang membelenggu dijaman modern ini adalah antara lain : Egoisme dan egosentrisme , Gengsi, Rasa Takut kepada ketidak sempurnaan dan penilaian orang lain,  masalah ekonomi, masalah moral, masalah  social politik. 

5.     Orang yang sudah merdeka, adalah orang yang sudah selesai dengan dirinya.  Moria yang merdeka adalah Moria yang tidak lagi focus kepada diri sendiri tapi Moria yang yang selalau berfikir :  kai sibanci kuban gelah mehuli jadinya ?  

Pengkenaina.

Moria harus menyadari dirinya bahwa dia Sudah dimerdekakan Tuhan Yesus.  Moria perlu mencari dan mencapai prestasi hidup setiggi setingginya, namun tetap menyadari posisinya dalam keluarga. 

Margareth Thatcher, dua kali PM Inggris mempunyai kedudukan sangat tinggi dan perintahnya sangat ditakuti.  Namun  dia tetap membuat sarapan pagi suaminya, hampir setiap minggu igorengna Telur mata sapi ras banna susu man perbulangenna e.

Moria juga dalam alam kemerdekaan berusaha untuk menciptakan pelayanan pelayanan yang lebih kreatif dan inovatif sehingga semakin semarak dan menarik yang akhirnya menjadikan daya tarik melayani Tuhan dan mengasihi semua manusia yang lain.

Generasi millennial moria pasti mekpunyai ide dan semangat kerja bebrbasis teknolgi 4.0.  Optimalkan lah demi memuliakan Tuhan dan mengasihi gerejaNYA.

Terima kasih dan mejuah juah kita kerina .
TUhan simasu masu.  
Pt. Analgin Ginting.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023