Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan PA Mamre Tanggal 07 – 13 Juli 2019 . KULA ndu Lebih Penting Asangkan BPK


 Njaga kesehatan arah pangan


Bahan  Penelaahan  : Hakim Hakim 13 : 1-5

Thema     :   Jagalah Kulandu

Tujuan     :   Gelah isi Mamre
1.   Njaga Kesehatan (ngaturken pangan si sehat)
2.  Ngasup nehken peraten Tuhan arah kula si sehat

Hakim Hakim 13 : 1-5

13:1 Bangsa Israel erdosa ka man TUHAN , e maka ipelepasNa bangsa Pilisti ngkuasai bangsa Israel empat puluh tahun dekahna.

13:2 I bas paksa e lit sekalak dilaki i kuta Sora, Manoah gelarna. Ia i bas suku Dan nari. Ndeharana la banci mupus.

13:3 Sekali jadi malekat TUHAN encidahken bana man diberu e, janah nina, "La kam pernah mupus, tapi lanai ndekah nari mehuli kulandu, ipupusndu sekalak anak dilaki.

13:4 Tengeti maka ola kam minem anggur ntah bir, ola pan pangan pantangen.

13:5 Janah kenca tubuh anak e, la banci iguntingndu bukna, sabap tangtang tubuhna nari anak e enggo iendesken man Dibata jadi kalak Nasir. Ia pagi mulahi Israel i bas bangsa Pilisti nari."

Salah satu makanan paling lezat dan paling mahal di Amerika Serikat. Jumlahnya tidak dibuat mengenyangkan.   tapi cukup lah 

Fakta

1.                    Bangsa Pilisti menguasai Bangsa Israel atas seijin Tuhan.  Sebab Bangsa ini berdosa kepada Tuhan.  Meskipun demikian Tuhan membebaskannya setelah 40 tahun., dengan cara yang sangat unik.  Ada hubugannya dengan makanan. 

2.                    Seorang Laki laki keturunan Dan bernama Manoah mempunyai istri yang mandul.  Tapi Tuhan berbelas kasihan kepadanya, dan Tuhan juga punya rencana.

3.                    Malaekat TUhan menemui istri Manoah yang tidak tertulis namanya, berbicara kepadanya menyampaikan keadaannya yang mandul, namun akan diberi keturunan seorang laki laki .

4.                    Malaikan Tuhan member beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perempuan ini apa yang ahrus dia lakukan ketika mengandung dan membesarkan anak.
a.     Jangan minum anggur atau bir
b.     Jangan makan pantangan .
c.      Jangan pernah menggunting rambut si anak.
d.     Harus dibiarkan ketika sianak membebaskan Bangsa Israel

5.                    Lalu Maekat Tuhan menyampaikan Misi yang akan diemban anak yang laki laki ini untuk membebaskan Bangsa Israel.

Arti Dan Makna

1.                    Masalah bangsa Israel muncul saat mereka tidak taat dan berbuat dosa.  Masalah kita pun muncul saat kita tidak taat dan berdosa kepada Tuhan.

2.                    Namun Tuhan tidak akan pernah membiarkan manusia atau bangsa pilihanNYA dan umat pilihanNYA menderita selamanya.  Ada saat NYA Tuhan menunjukkan Kasih Sayang AbadiNYA dengan cara cara yang hanya BISA muncul dari Tuhan.

3.                    Ketika TUhan sudah merencanakan  sesuatu untuk kehidupan anak anakNYA, maka Tuhan segera mewujudkanNYA.  Tuhan sama perfeck nya dalam berwacana dan berimplementasi.  Sungguh sangat ideal sekali.

4.                    Tuhan mengingatkan bahwa TUBUH harus diperlakukan   sejalan dengan rencana Tuhan. Pikiran yang diberikan Tuhan kepada manusia harus lah mampu memilih keputusan terbaik untuk memualiakan tubuh.  Dengan demikian, perlakuan terhadap tubuh tidak lah boleh sembarangan, makan pun tidak boleh sembarangan dan serampangan.

5.                    Ada ketentuan yang sangat kongkrit dan detail tentang apa yang boleh kita makan dan minum dan apa yang tidak boleh.   Dibantu dengan ahli ahli gizi dan kesehatan pada masa kini, maka makanan yang boleh dan tidak dimakan mempunyai alasan logis hygienis. Firman Tuhan soal makanan ternyata berlaku sepanjang jaman.

6.                    Mamre harus mampu membuat pilihan dalam menentukan makanan.  Sebab jika mamre (termasuk Moria juga ) dengan aktif dan bijak menentukan makanan untuk keluarganya, maka satu sisi kesehatan dan kesegaran bias dirancang untuk seluruh anggota keluarga.

Makanan paling lezat bagi Kalak Karo. Rasanya oke, namun porsi nya ini lah yang harus kita susun ulang.  Makan sebanyak banyaknya, bukan lah cara pentar untuk makan.  Tubuh harus kita perhatikan dan muliakan. 

Pengkenaina.


Mamre harus menjadi dokter terbaik untuk dirinya sendiri.  Peka terhadap kondisi fisiknya, peka terhadap segala hal yang mempengaruhi kesehatan dan kesegarannya.  

Tubuh harus dijaga dan dipelihara dalam konsep suci, dimana Tuhan sudah menetapkan bahwa tubuh dan roh berada dalam satu system yang saling mempengaruhi.  Sebagai sebuah system, maka tubuh pun harus dijaga dengan kepentaran.  Jaga pikiran, jaga istirahat dan jaga makanan. 

Ahli makanan pernah mengatakan bahwa,   makanan paling enak adalah makanan yang tekstur dan kualitas nya paling bagus dan dikonsumsi dalam jumlah/takaran yang kurang.  (pangen kita kurang kurangen man sientabeh e asangaken berlebihan)

Kita semua diajak untuk memuliakan Tuhan dengan cara memuliakan tubuh kita. 
.
Bujur ras mejuah juah kita kerina.
Pt. Analgin Ginting. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023