Featured Post

Catatan Khotbah Minggu 12 Mei 2024

Gambar
 Minggu Eksaudi : Begiken Min O Jahwe Warna Mbentar Invocatio          :  “(Pilipi 3 : 16)” Ogen                     :  Perbahanen Rasul Rasul 1 : 1 - 5  (Tunggal )     Khotbah            :  Masmur 31 : 1 – 5      (Responsoria )     Thema                 :  Pemindon Lako Iampang-ampangi Tuhan              Khotbah : Masmur 31 : 1 – 5     Masmur Daud. Ku Kam aku cicio o TUHAN ula pelepas aku kemalun. Kam kap Dibata si bujur, mindo aku, maka IkeliniNdu aku. Begiken min pertotonku pedas min Kam reh mulahi aku. Jadi min Kam deleng batu inganku cicio, kubungku si nteguh inganku terkawal. Kam kap ingan cebuni dingen bentengku, tegu-tegu dingen babai aku erkiteken GelarNdu. Tegu-tegu aku maka ula aku kena siding itogeng kalak man bangku. Ampang-ampangi aku maka ula aku kena cilaka. Pembukaan   Syalomm mejuah juah senina ras turang, Kidekah nggeluh manusia ibas doni enda, lit lalap perbeben.  Lit nge lalap kiniseran, kiniseraan si mengancam keselamatan ta.  Tapi lit ka nge jalan keluar,

Catatan Tambahan Khotbah Minggu 14 Juli 2019. Orang Tua Harus Menjadi Teladan Pendidikan


IV Kenca Trinitatis/Pendidiken
Warna Stola Meratah
Invocatio
O Bangsaku, begikenlah ajarku, begiken min cakapku (Msm 78 : 1b)
Ogen
2 Timotius 3: 12 – 17 (tunggal)
Khotbah
2 Kronika 17 : 1-9 (tunggal)
Thema
Tetap rlajar Dingen Ngajar  

Khotbah :  2 Kronika 17 : 1 - 9

17:1 Josapat jadi raja nggantiken bapana Asa, e maka ipegegehina bana guna ngelawan Israel.

17:2 Itamakenna tenterana i bas kuta-kuta Juda si lit bentengna, i bas kuta-kuta Juda ras i bas kuta-kuta daerah Eperaim si italuken bapana Asa.

17:3 Ipasu-pasu TUHAN ia, erkiteken iikutkenna si mehuli si ibahan bapana, janah la ia nembah man Baal.

17:4 Isembahna Dibata bapana, ipatuhina perentah Dibata, janah la ilakokenna bagi perbahanen raja-raja Israel.

17:5 Nteguh ibahan Dibata kuasa Josapat i Juda, janah kerina kalak mereken persembahen man bana, e maka bayak dingen ihamati kal ia.

17:6 Megah kal akapna i bas ia nembah man TUHAN , janah irontaskenna ingan nembah berhala ras gana-gana Dewi Asera si lit i Juda.

17:7 I bas tahun peteluken ia jadi raja isuruhna piga-piga pegawaina ngajar i kuta-kuta Juda, e me: Benhail, Obaja, Sakaria, Natanael ras Mikaya.

17:8 Ikut ras kalak enda siwah kalak Lewi dingen dua kalak imam. Kalak Lewi si siwah kalak e, e me: Semaya, Netania, Sebadia, Asahel, Semiramot, Jonatan, Adonia, Tobia ras Tobadonia. Imam si dua kalak e, e me: Elisama ras Jehoram.

17:9 Ibaba kalak enda kitap Undang-undang TUHAN jenari lawes ia ku kerina kuta-kuta i Juda, ngajarken Undang-undang e man jelma si nterem.

 Pembukaan/Lead

Syaloom ras mejuah juah kita kerina, nande bapa turang ras senina. 

Lit nge akapndu hubungan na pendidikan ras kesejahteraan nggeluh?   Lit kange hubunganna pendidikan ras kemajuan suatu bangsa?

Sipaling penting, lit nge akapndu hubungenna pendidikan ras ketaatan man Tuhan DIbata?

Janah, ise kin situhuna tokoh pendidiken e?

Ilustrasi  Kisah Hidup Prof Dr Budiana Beru Keliat.

( Prof DR Budiana Beru Keliat, adalah Guru Besar Bidang Kesehatan Jiwa Universitas Indonesia, yang mempunyai suami Kembaren mergana seorang pertua emeritus di Bogor dan seorang Guru Sekolah.  Mereka dikaruniai tiga orang anak yang benar benar meneladani orang tua mereka.  Anak pertama seorang dr spesialis di Bogor, anak kedua menjadi lulusan Doktor tercepat di Universitas Binus dan anak ketiga satu satunya perempuan pun seorang sarjana.  Professor Doktor Budiana Br Keliat diakui keahliannya dari dunia international, namun tetap rendah hati dan memerankan perannya sebagai seorang ibu yang sangat bersahaja )


Pt Em K Sembiring Kembaren dengan Prof Dr Budiana Br Keliat. 



Fakta

1.     Josafat jadi Raja menggantikan bapana  Asa.  Josafat segera menyusun  strategi pertahanan dengan menempatkan tentara di desa desa.  Josafat sangat mengharagi ayahnya Asa, dan mengikuti beberapa strateginya.  Josafat tidak menyembah Baal dan dewa dewa, sehigga dia disayangi Tuhan.

2.     Josafat menyembah Dibata bapana, patuh ka ia man Dibata, janah ia la ngikuti perbahanen raja raja Israel

3.     Tuhan memberkati Josafat, Enteguh iban Dibata kuasa Josafat.  Melala kalak simbere persembahan janah gelarna semakin masyur.

4.     Josafat menemukan dan merasakan kepuasaan batin saat dia menyembah TUHAN.  Dan semua gana gana, utuk nyembah Dewi Asera  diruntuhkan dan dihancurkanya.

5.     Pada tahun ketiga pemerintahannya, dia membentuk tim pengajar untuk mengajar ke seluruh desa desa di daerah kerajaannya.  Nama nama pengajar, orang lewi dan dua orang Imam tercatat semua.  Dan tim pengajar ini membawa UU TUhan untuk diajarkan ke seluruh Judea.

6.     Target yang diajarkan adalah semua orang, jelma sienterem...

Seorang Pande besi sedang menempa besi menjadi pisau/parang

Makna.

1.     Asa menunjukkan suatu keteladan dan kepemimpinan kepada anaknya Josafat, sehingga Josafat mengikuti apa yang dia lihat dalam masa kepemimpinan bapanya.  Josafat menyembah DIbata  yang disembah bapanya Asa, bahkan Josafat mengiikuti beberapa strategi yang dijalankan Asa.

2.     Josafat bahkan berani menghancurkan patung patung dan temapt temapt penyembahan Dewi Asera, yang belum sempat dihancurkan bapanya ASA.
3.     Tuhan sangat menyayangi  Josafat, dan membuat kerajaannya semakin kokoh dan kuat serta  nama Josafat menjadi sangat termasyur.

4.     TUhan kemudian memunculkan satu gagasan yang sangat  visioner yang dampaknya sampai sekarang, yaitu Ide untuk mengajar dan mendidik seluruh Bangsa.  Kita tahu pendidikan adalah salah satu kunci terpenting dalam kebahagiaan dan kesejahteraan hidup. 

5.     Yang sangat menarik dari ide Josafat adalah  dibentuknya tim pengajar, yang berkolaborasi... ada pengajar + ada orang lewi dan + ada Imam.   Kalau kita analogikan  Guru, Petugas Gereja dan Imam .

6.     Pengajaran harus bisa   sampe  kepada semua orang, kepada siapa saja.  Tidak pandang bulu.  Siapapun harus menjadi target pendidikan.   Ide ini dating dari RAJA , memang satu kerajaan atau Negara harus memfasilitasi pendidikan bagi semua.
Mesin pesawat terbang jenis turbo fan (baling baling)


Mesin Rocket di AS

Target.

1.     Selaku orang tua, khususnya bapa tengah jabu, bagepe nande harus mampu memberikan pendidikan terbaik untuk anak anak nya.  Namun yang paling penting adalah, kita bapa harus mempunyai sesuatu yang sangat bernilai yang menjadi sumber keteladan yang akan ditiru oleh anak anak kita.  Melakukan sesuatu yang berharga dalam hidup ternyata adalah hal yang paling penting untuk dimiliki orang tua, khususnya bapa tengah jabu. Mulai lah melakukan hal hal yang baik, unik dan kreatif sesuai konteks dimana kita hidup.

2.     Ciptakan lah materi pendidikan misalnya KIat KIat kesuksesan menjadi seorang entrepreneur secara kolektif.  SEcara bekerja sama kolaboratif.  Sebagai suku Karo, kita punya sejarah yang sangat panjang tentang bekerja secara kolaboratif misalnya dalam membangun rumah adat.  Mari kita ciptakan secara kolaboratif program program pengajaran...   Misalnya Sunday school untuk para orang tua.  Atau kursus kursus Alkitab, atau kursus Entrepreneurship secara berkesinambungan. 

3.     GBKP punya sekolah yang sangat besar kontribusinya terhadap perkembangan pendidikan jemaat GBKP maupun masyarakat luas.  Saat ini sebagian sekolah itu sudah tutup, sebagian masih bertahan dan sebagian lagi bisa menorehkan prestasi yang sangat membanggakan misalnya Perguran Masehi di Berastagi.    Sekolah ini menjadi sekolah paling favourite di Berastagi.  Perlu sekali di Era digital ini terjadi perubahan mindset, atau revolusi pedidikan dilakukan oleh Yayasan Pendidikan GBKP.

  Jam Tangan Ricahrd Mille seharga $US 1.85 Juta = Rp 25 Milyard.  Ikg Besi bisa diolah menjadi 1000 jam seharga Rp 25. M/buah.  

Respon

·        Mari coba kita renungkan perlahan lahan, sudah adakan keteladanan yang bernilai kita lakukan untuk diteruskan oleh anak anak kita?  Kalau belum ada, segeralah ciptakan mumpung kita masih sehat, kuat dan punya sumber daya.

·        Perlukah kita secara bahu membahu dan kerja sama melakukan pendidikan tambahan i runggunnta ?   Sebab pendidikan sangat sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan ketaatan kita kepada TUhan Allah kita.

·        Coba renungkan juga, kontribusi apa yang bisa kita berikan secara pribadi maupun secara kelompok untuk menunjang pendidikan yang lebih baik di GBKP.

 Power Statement

Besi sada kilo bas Pande Besi ergama Rp 100.000

Besi Sada kilo bas Mesin Mobil ergana Rp 100.000.000,

Besi Sada Kilo bas mesin pesawat terbang ergana Rp 100.000.000.000

Besi sada kilo bas satelit tah bas bas Smart Phone ergana enggo berkali kali lipat. 

 Pendidikan ras keterampilan lah sierbahanca berbeda kualitas ras harga bagepe peruntukannya.  Mari dage sicintai pendidikan e.

Amin, bujur ras mejuah juah kita kerina.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indah Pada Waktunya / Pengkhotbah 3:11-15 ( Pekan Penatalayanan Hari Keempat)

Catatan Tambahan PJJ 1 – 7 Oktober 2023

Catatan Tambahan PJJ 27 Agustus – 2 September 2023